Mengenal Periode Pertumbuhan Gigi

Bagikan artikel ini

Taukah anda, ada baiknya lho tau periode pertumbuhan gigi dari awal pembentukan gigi agar gigi bisa rapi dan indah.

Gigi manusia tumbuh di 3 periode gigi:

  • periode gigi susu
  • periode gigi bercampur
  • periode gigi tetap

 

PERIODE GIGI SUSU

Gigi susu mulai tumbuh saat bayi berumur 5-6 bulan. Periode ini dimulai dengan tumbuhnya gigi-gigi seri bawah, diikuti gigi-gigi seri atas, lalu diikuti pertumbuhan gigi taring dan geraham. Kemudian akan semakin lengkap hingga berjumlah 20 gigi (10 gigi di rahang atas dan 10 gigi di rahang bawah). Lengkapnya gigi susu pada umumnya mulai mencapai usia 3 tahun.

PERIODE GIGI BERCAMPUR

Ditandai dengan keadaan dimana gigi susu mulai tanggal dan gigi tetap mulai tumbuh. Dalam kondisi gigi baik (tidak berlubang) gigi susu akan tanggal dengan sendirinya mulai usia 5-6 tahun, diikuti pertumbuhan gigi tetapnya mulai usia 6-7 tahun. Pada periode ini sering terjadi gingsul atau kesundulan dalam bahasa Jawa, diakibatkan gigi susu sudah saatnya tanggal, namun gigi tersebut masih kuat, dan gigi tetapnya sudah tumbuh, dalam bahasa kedokteran gigi disebut prolong retention decidui. Selain itu, kondisi yang sering muncul adalah gigi susu sudah tanggal sebelum waktunya, namun gigi tetap tidak kunjung tumbuh atau disebut premature loss decidui , hal ini disebabkan gigi tetap yang tumbuh kehilangan arahnya untuk erupsi. Kesehatan gigi susu haruslah sangat diperhatikan, karena tidak sehatnya gigi susu dapat menyebabkan pertumbuhan gigi tetap menjadi tidak beraturan. Gigi tetap tumbuh dengan gigi susu sebagai arah pertumbuhannya.

 

PERIODE GIGI TETAP

Gigi tetap mulai tumbuh pada usia 6-7 tahun menggantikan gigi-gigi susu dan akan lengkap hingga berjumlah 28 gigi pada usia 12-13 tahun. Namun terkadang pada usia 17-25 tahun masih akan tumbuh gigi geraham ketiga atau biasa disebut gigi bungsu atau wisdom teeth. Perawatan pada gigi tetap seharusnya tidak luput juga dari perhatian. Mengapa demikian? Karena apabila gigi tetap mengalami kerusakan akibat gigi berlubang, abrasi sikat gigi, benturan, trauma, dan harus dilakukan pencabutan, gigi tetap ini tidak akan ada gigi penggantinya yang akan tumbuh. Untuk mengatasi masalah ini hanya dapat dilakukan perawatan ortodontik untuk dapat merapikan gigi-gigi yang tidak rapi dan prostetik yaitu mengganti dengan gigi tiruan.

Kenapa sih penting sekali mengerti gigi kita tumbuh dalam berapa periode?

Banyak sekali orang awam yang kurang mengerti bahwa ternyata gigi susu yang tanggal akan digantikan oleh gigi tetap, ternyata gigi tetap setelah dicabut tidak akan ada lagi gigi yang tumbuh menggantikan, ternyata mempertahankan gigi susu tetap ada akan dapat mempengaruhi susunan gigi tetapnya. Oleh karena itu, mengerti kondisi gigi dari awal, mengerti periode pertumbuhannya, akan memudahkan kita mengerti pentingnya mempertahankan gigi kini hingga nanti. :)

Sumber : drg. Dian Permata Sari (https://dpermatasari.wordpress.com/2013/05/06/yuk-mengenal-periode-pertumbuhan-gigi/)


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *