Beranda » Artikel » Sikat Gigi Sebelum Tidur, Wajib!

Sikat Gigi Sebelum Tidur, Wajib!

Juni 28, 2015

Sikat Gigi sebelum tidur

Bila dibandingkan dengan pagi hari, belum banyak orang yang terbiasa menggosok gigi sebelum tidur. Padahal, justru malam hari adalah waktu yang paling penting untuk melindungi gigi dari jahatnya bakteri.

Menurut drg Aditya Pribadi, SpOrtho, saat tidur suasana dalam mulut jadi asam, bila tidak dibersihkan, kerusakan gigi akan lebih mudah timbul. "Sebenarnya tidak hanya sebelum tidur saja yang wajib menyikat gigi, sehabis makan pun harus karena suasana mulut lebih asam dan bakteri menyukainya," ujar dokter yang berpraktik di klinik gigi Dharmawangsa 8 Dental Care, Jakarta, ini.

Jika kita tidak menyikat gigi sebelum tidur, bakteri di dalam mulut dapat leluasa merusak gigi. Ini karena saat tidur di malam hari, produksi air liur akan berkurang. Akibatnya, mulut jadi kering dan proses penetralan plak tidak berlangsung optimal. Seperti diketahui, salah satu fungsi air liur adalah membersihkan gigi secara alami dan fungsi pertahanan tubuh dari bakteri.

Selain menyebabkan plak, bakteri yang berkembang biak di mulut tadi juga merupakan salah satu penyebab bau mulut. Tak heran kalau pagi-pagi aroma tak sedap menguar dari mulut. Untuk mengurangi perkembangbiakan bakteri itulah, kita perlu menyikat gigi. Jadi, jangan hanya menggosok gigi saat mandi, tapi juga malam setelah makan malam sebelum tidur.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram