Beranda » Konsultasi » Gigi Depan Patah

Gigi Depan Patah

Maret 14, 2013

Tanya: Dok, Saya punya Gigi depan patah karena jatuh 3 hari yang lalu. Bagaimana perawatan yang tepat untuk gigi saya yang patah ini? Dan untuk perawatannya kira-kira butuh waktu berapa lama?

Teddy

Jawaban: Dear Teddy

Terima kasih telah mengirimkan konsultasi kepada kami.
Jika gigi yang patah masih menyisakan setidaknya 2/3 mahkota gigi dan rongga pulpa (yang berisi saraf gigi) belum ter-expose, maka gigi masih memungkinkan untuk di-restorasi dengan menggunakan bahan tambalan sinar yang sewarna dengan gigi.

Sebaliknya jika gigi yang patah menyisakan kurang dari 1/2 mahkota gigi dan rongga pulpa telah ter-expose maka gigi tidak dapat ditambal karena jika ditambal, tambalan akan cepat lepas dan lama kelamaan saraf gigi akan mati.

Penanganan yang perlu dilakukan untuk gigi depan patah adalah:

  1. Dilakukan Perawatan Saluran Akar karena rongga gigi telah ter-expose
  2. Kemudian dipasang pasak di gigi yang masih tersisa, pasak ini berguna sebagai penyangga mahkota jacket (crown) yang akan dipasang diatasnya
  3. Pencetakan gigi, dan hasil cetakan ini yang akan digunakan sebagai dasar pembuatan mahkota jacket (crown)
  4. Pemasangan mahkota jacket (crown)

Waktu perawatan yang dibutuhkan bervariasi tergantung dari lama Perawatan Saluran Akar, untuk Perawatan Saluran Akar sendiri membutuhkan waktu 2 – 3 minggu sedangkan dari pemasangan pasak sampai dengan pemasangan mahkota jacket (crown) hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 minggu.
Biaya pembuatan mahkota jacket (crown) bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan, bahan yang biasa digunakan antara lain : Porselen fused to metal (Porselen yang bagian dalamnya dilapisi metal) atau Full Porselen.

Baca juga: Pembuatan Gigi Tiruan

Tambal gigi depan yang patah

Perawatan gigi berlubang/patah/rusak

Untuk lebih jelasnya silahkan berkonsultasi langsung supaya mendapatkan penjelasan detai dan rincian biaya yang diperlukan. Untuk konsultasi di klinik kami free.
Terima Kasih

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram