Beranda » Artikel » Anak Sakit Gigi, Apa Yang Harus Dilakukan? Ini Tipsnya

Anak Sakit Gigi, Apa Yang Harus Dilakukan? Ini Tipsnya

Maret 8, 2022

Penulis : drg. Berilla Silsila Surbakti

anak sakit gigi

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental                    

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA - Berbeda dengan orang dewasa, anak - anak biasanya susah mengekspresikan sakit atau ketidaknyamanan yang dirasakan nya karena belum bisa menahan rasa sakit (coping). Anak sakit gigi cenderung sangat rewel.

Ada berbagai macam penyebab Anak sakit gigi yang dirasakan pasien anak, biasanya diperlukan perawatan dan pendekatan khusus. Oleh karena itu, jika anak sakit gigi hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan kunjungan ke dokter gigi.

Sambil menunggu waktu kunjungan ke dokter gigi, ada beberapa tips dan cara yang Sobat Joy bisa lakukan untuk memberikan pertolongan pertama sekaligus meringankan rasa sakit ketika anak mengalami sakit gigi.

Tips Memberikan Pertolongan Pertama Ketika Anak Sakit Gigi

  1. Menyikat Gigi
    Seringkali penyebab anak sakit gigi awalnya karena adanya selilit sisa makanan. Rutin sikat gigi 2 kali sehari dengan cara yang baik dan benar dapat menjadi kunci oral hygene untuk membersihkan kolonisasi bakteri penyebab sakit gigi. Apabila diperlukan, gunakan dental floss (benang gigi) untuk mengeluarkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Satu hal yang harus diperhatikan Sobat Joy adalah pastikan gigi anak bersih sebelum tidur sehingga bakteri tidak berkembang biak 2 kali lipat saat tidur.
  1. Kumur Air Garam
    Garam telah terbukti secara ilmiah membantu meredakan proses peradangan yang terjadi dalam rongga mulut. Air garam juga dapat menjadi desinfektan alami terhadap kolonisasi bakteri di rongga mulut lho, Sobat Joy! Caranya sangat mudah, cukup campurkan setengah (1/2) sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan sebagai obat kumur.
  1. Kompres Es Batu/Air Dingin
    Mengompres area sakit gigi dengan es juga bisa meringankan rasa sakit. Caranya ambil es yang dibungkus tisu atau kain bersih kemudian kompres dingin pada pipi anak di area gigi yang sakit. Sobat Joy juga bisa menyimpan kapas dalam freezer, kemudian kapas diusap secara halus atau didiamkan pada area yang sakit pada rongga mulut. Perlu diingat, tangan harus dalam keadaan steril dan gunakan sarung tangan sebelum melakukan perawatan ini.
  1. Gunakan Pereda Nyeri
    Konsumsi sirup pereda nyeri pada anak yang sakit gigi boleh dilakukan, biasanya kandungan yang aman dikonsumsi anak adalah Paracetamol. Pada kasus tertentu yang darurat, pengolesan minyak cengkeh/clove oil/eugenol juga dapat meredakan sakit gigi yang akut. Kandungan minyak cengkeh secara ilmiah juga dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Sobat Joy harus memastikan, obat yang digunakan sesuai dengan anjuran pemakaian.
  1. Menekan Pendarahan (Anak Jatuh)
    Pada kasus anak yang jatuh, lalu terjadi gigi patah hingga pendarahaan, Sobat Joy bisa memberikan pertolongan pertama dengan menggunakan kapas atau handuk dingin untuk menekan pipi anak pada area pendarahan di dalam rongga mulut. Apabila gigi anak patah atau lepas dari soketnya, simpan gigi yang patah itu ke dalam air susu/air kelapa/larutan salin sambil menunggu kunjungan ke dokter gigi.
  1. Kurangi Makan Dan Minuman Manis Dan Lengket
    Makanan dan minuman manis yang mengandung gula merupakan bahan bakar utama bagi bakteri untuk bertumbuh lebih cepat. Sifat makanan manis yang lengket akan membuat gigi susah dibersihkan. Apabila sisa makanan tersebut bertahan lama di rongga mulut, maka akan menjadi plak. Akumulasi plak ini akan meningkatkan proses patologik sehingga peradangan gigi sakit pada anak tidak kunjung mereda.

Baca Juga : Jangan Takut, Mom! Berikut Tips Mengajak Anak ke Dokter Gigi Anak

  1. Berkumur Dan Konsumsi Air Putih
    Tujuan pasien dianjurkan berkumur dan mengonsumsi air putih adalah untuk meningkatkan self cleansing rongga mulut dan meminimalisir sisa - sisa makanan fisik maupun akumulasi plak yang menempel di rongga mulut. Jadi, selalu rutin minum air putih ya, Sobat Joy!
  1. Menggigit Empeng
    Dalam keadaan khusus, anak atau bayi bisa menggigit empeng atau dot bayi. Rasa sakit yang dialami bayi pada bagian rongga mulut merupakan ketidaknyamanan yang normal dirasakan saat periode pertumbuhan gigi. Bahan empeng yang kenyal dapat menanggulangi rasa ketidaknyamanan tersebut, Sobat Joy.
  1. Lakukan Observasi
    Terakhir, Sobat Joy bisa melakukan observasi ringan. Apabila anak sakit gigi pada saat periode pertumbuhan gigi, tanyakan pada anak atau cek di dalam rongga mulut anak apakah ada gigi yang goyah. Pada kasus yang lain, apabila anak mengalami sakit gigi dan bengkak, cek area gusi yang memiliki tanda infeksi berupa jerawat gusi. Selain itu, dapat juga dilakukan pengecekan apakah ada perubahan warna pada gigi maupun daging tumbuh yang biasanya muncul di sekitar gigi berlubang besar.

Nah, sudah banyak nih tips yang didapatkan Sobat Joy untuk pertolongan untuk anak sakit gigi. Namun, perlu diperhatikan bahwa hal – hal tersebut sifatnya sementara, karena hanya menanggulangi gejala - gejala yang dirasakan pasien dan belum mengatasi penyebab sakit gigi nya. Ingat, yang terpenting adalah menyembuhkan penyakit nya, terutama bila sudah terjadi infeksi karena anak mempunyai risiko lebih besar terhadap infeksi.

Jika sakit gigi anak tidak kunjung reda selama 24 jam segera periksakan ke dokter gigi pada hari itu juga. Sekalipun sakit gigi anak sudah reda, anak tetap harus diperiksa dokter gigi untuk dilakukan perawatan gigi dan menuntaskan penyebab sakit gigi sehingga tidak berisiko terulang kembali dikemudian hari.

Joy Dental berdedikasi untuk memberikan edukasi dan perawatan yang sesuai dengan usia, tahap tumbuh kembang anak, dan kondisi spesifik dari setiap individu enak. Klinik gigi Joy Dental merupakan klinik gigi ramah anak memiliki dokter gigi lengkap dengan berbagai spesialisasi, termasuk Dokter Gigi Anak (Sp. KGA). Setiap tindakan di Joy Dental dilengkapi SOP serta desinfeksi dan sterilisasi yang terjamin demi menciptakan kunjungan ke dokter gigi yang aman untuk anak. Jadi, tunggu apalagi? Periksakan kesehatan gigi anak secara rutin 6 bulan sekali, ya Sobat Joy Dental!

Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 

Referensi :

Pediatric First Aid For Caregivers And Teachers (PedFACTs), 2nd Edition (Copyright © 2013 Jones & Bartlett Learning, LLC, an Ascend Learning Company, and the American Academy of Pediatrics)

Cronkleton, E. Healthline (2021). 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain.
Wong, C. Verywell Health (2021). Home Remedies for Toothache Relief.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram