Gigi Bungsu, Berbahayakah?

Apa itu gigi bungsu? Gigi bungsu atau gigi geraham ketiga adalah gigi terakhir yang tumbuh di rongga mulut kita. Gigi ini keluar atau bererupsi di mulut kita di usia sekitar 17 – 25 tahun, atau di usia yang lebih lanjut. Ketika gigi bungsu tumbuh, biasanya gigi-gigi lain yang berjumlah 28 sudah tumbuh semua sehingga sering sekali tidak ada ruang lagi yang cukup untuk tempat gigi bungsu. Hal ini sering menyebabkan keluarnya gigi bungsu menimbulkan rasa nyeri pada mulut bagian belakang, yaitu area di belakang gigi geraham kedua . Nyeri ini meningkat secara bertahap seiring keluarnya gigi bungsu tersebut terutama bila posisi tumbuh tidak sempurna atau mengalami kemiringan. Tanda lainnya adalah kemerahan, lunak dan/atau sedikit bengkak di area sekitar gigi bungsu yang akan tumbuh.

Gigi bungsu dapat mengalami impaksi (gigi tidak dapat keluar sama sekali ke rongga mulut atau gigi tidak dapat keluar secara utuh di rongga mulut). Penyebab dari gigi impaksi adalah: posisi dan adanya tekanan dari gigi tetangga yang tidak menguntungkan bagi proses keluarnya gigi bungsu, kepadatan tulang yang mengelilinginya, inflamasi yang kronis, tidak adanya jalan atau ruang bagi gigi bungsu untuk keluar, dan posisi gigi yang tidak memungkinkan untuk si gigi bungsu keluar. Semakin lama terjebak, maka gigi bungsu semakin memiliki potensi untuk menyebabkan masalah dalam rongga mulut kita. Gigi bungsu yang impaksi dapat terinfeksi karena area gigi bungsu tersebut adalah area yang sulit dibersihkan. Makanan dan bakteri dapat menumpuk di daerah antara gigi bungsu dan gigi di depannya yang dapat menyebabkan timbulnya gigi berlubang, penyakit gusi, kista, selulitis dan masalah lainnya, yang jika dibiarkan infeksi tersebut dapat menjadi sumber infeksi bagi tubuh kita karena bakteri dapat menyebar melalui peredaran darah mengakibatkan penyakit di bagian tubuh lainnya.

Apakah gigi bungsu harus dicabut dan apa pertimbangannya?

Gigi bungsu yang keluar secara utuh di rongga mulut (tidak impaksi), tidak nyeri, tidak berlubang, gusi sehat, dan kebersihan mulut baik, kemungkinan besar tidak perlu dicabut. Namun Disarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter gigi untuk memastikan kondisinya. Gigi bungsu yang impaksi disarankan untuk dicabut bila:

  1. Terjadi infeksi dan penyakit yang menyerang gusi, tulang atau area di sekitar gigi bungsu
  2. Mempunyai lubang yang tidak dapat dirawat lagi – Kondisi seperti munculnya kista atau pun tumor
  3. Gigi bungsu merusak gigi sebelahnya
  4. Perlu dicabut untuk keperluan perawatan ortho (kawat gigi)
  5. Untuk menghilangkan sumber infeksi terutama pada pasien yang akan radio/kemoterapi, trasplantasi organ, dsb.

a Infeksi yang terjadi di area gigi bungsu

b Gigi bungsu merusak gigi sebelahnya

c Kista

Setelah pencabutan gigi bungsu biasanya akan terjadi pembengkakan dan sedikit ketidaknyamanan yang merupakan proses dari penyembuhan yang normal. Hal ini dapat diminimalisasi dengan kompres es. Setelah kita datang ke dokter gigi untuk pencabutan gigi bungsu, biasanya kita akan diberi resep seperti antibiotik untuk mencegah infeksi dan juga obat penghilang rasa sakit dan obat-obatan tersebut harus diminum. Dan jangan lupa kontrol ke dokter gigi paska pencabutan gigi bungsu sesuai instruksi yang diberikan oleh dokter gigi yang merawat, biasanya seminggu setelahnya.

Jika anda ingin berkonsultasi mengenai gigi bungsu, silahkan berkonsultasi ke Joy Dental melalui
Telp/sms/WA : 0877 3669 7888 / 0877 3938 5888
Pin BB : 2B4A3E37 / 29E9334E
Line ID : joydentalyogya
Instagram : @joydentalyogya
Path : Joy Dental
Email : joydental.yogya@yahoo.com
FB : www.facebook.com/dental.joy
Twitter   : @joydentalyogya
Website  : http://klinikjoydental.com
Atau datang langsung ke Joy Dental

  1. JOY DENTAL KALIURANG, Jl Kaliurang Km. 5 No. 34 (sebelah BNI Syariah) Telp/sms 0851 06556688
  2. JOY DENTAL SETURAN, Ruko Seturan Square Kav 9, Jl Seturan Raya No 1 (timur RM Bungong Jeumpa – Ruko Orange) Telp/sms 0851 07556699
  3. JOY DENTAL BANTUL, RingRoad Barat, Selatan UMY (setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu) Telp. 087739385888 (Pin: 29E9334E)

 

Disadur dari: http://www.tanyapepsodent.com/gigi-bungsu-berbahayakah?

4 thoughts on “Gigi Bungsu, Berbahayakah?

  1. Pagi dok, kalo misalnya memang tidak menimbulkan kerusakan maupun infeksi, apakah masih perlu dicabut?
    Mohon jawabannya.

    • admin

      Selamat Pagi Peyek
      Terima Kasih telah mengirimkan konsultasi kepada kami.

      Jika semuanya dalam kondisi baik, posisi tumbuhnya nornal, dan tidak mengganggu pengunyahan, maka tidak perlu dilakukan pencabutan.

      Untuk peta lokasi dapat diliat di http://klinikjoydental.com/peta-lokasi/

      Untuk lebih jelas dan detilnya silahkan datang saja ke klinik Joy Dental untuk berkonsultasi, untuk konsultasi free kok…
      Terima kasih, kami tunggu kedatangannya…

  2. lia

    Dok, gigi bungsu saya mulai tumbuh. Tiga rasanya nggak ada masalah selain terasa gatal. Tapi yang terakhir terasa sakit dan gusi jadi bengkak. Haruskah periksa kedokter atau ini memang biasa terjadi?

    • admin

      Selamat Siang Lia, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *