Sudahkah Kita Menyikat Gigi dengan Benar?

Bagikan artikel ini

Menyikat gigi adalah salah satu kegiatan yang rutin kita lakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut. Namun tanpa kita sadari, mungkin kita telah melakukan kesalahan dalam kebiasaan menyikat gigi kita. Perlu diketahui juga bahwa cara menyikat gigi yang salah dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut kita sendiri.

Berikut kesalahan-kesalahan yang mungkin kita lakukan dalam menyikat gigi:

1. Menyikat gigi terlalu keras
Kebiasaan menyikat gigi terlalu keras atau dengan tekanan yang terlalu kencang dan dilakukan terus-menerus dapat merusak jaringan lunak di sekitar gigi, seperti gusi yang menjadi turun atau resesi. Kegiatan menyikat gigi cukup dengan tekanan yang ringan saja.

2. Menyikat gigi dengan arah menyamping
Menyikat gigi dengan arah yang salah juga merupakan hal yang tidak benar karena tidak efektif membersihkan permukaan gigi dari plak perusak gigi tersebut. Menyikat gigi yang benar adalah dengan arah vertikal dari gusi ke gigi dengan sudut 45 derajat terhadap gigi. Perlu diketahui bahwa plak banyak terkumpul pada daerah leher gigi dan sela-sela gigi. Menyikat gigi dengan arah menyamping juga dapat menyebabkan posisi gusi menjadi lebih turun.

3. Menggunakan bulu sikat yang keras atau kasar
Pandai-pandailah memilih sikat gigi, gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut agar tidak jaringan lunak di sekitar gigi. Selain itu bulu sikat yang keras dan kasar juga tidak nyaman untuk kita gunakan.

sikat-kasar

4. Sikat gigi tidak menjangkau seluruh permukaan gigi
Perhatikanlah saat kita menyikat gigi, sudahkah kita yakin bahwa seluruh permukaan gigi kita terjangkau oleh sikat gigi? Daerah-daerah yang sering terabaikan atau terlupakan saat menyikat gigi adalah permukaan gigi bagian dalam yang menghadap ke lidah dan juga gigi geraham atau gigi belakang karena sulit terjangkau. Jadi pastikan semua permukaan gigi bersih setelah kita menyikat gigi. Untuk daerah sela-sela gigi dapat dibantu dibersihkan dengan benang gigi atau dental floss.

5. Waktu yang salah saat menyikat gigi
Masihkah kita menyikat gigi saat pagi dan sore hari atau disamakan dengan rutinitas mandi kita? Kebiasaan menyikat gigi paling baik dilakukan pada pagi hari, kurang lebih 30 menit setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

6. Mengaplikasikan pasta gigi terlalu banyak
“Semakin banyak pasta gigi yang digunakan semakin manjur membuat gigi menjadi putih, bersih dan sehat” mungkin banyak dari kita yang masih berpikiran seperti ini. Aplikasi pasta gigi berfluoride sepanjang bulu sikat gigi untuk dewasa, atau sebesar biji jagung untuk anak dibawah usia 6 tahun, karena beberapa pasta gigi memiliki sifat abrasif, apalagi pada pasta gigi yang mencegah terbentuknya stain atau noda pada permukaan gigi. Jangan lupa pilihlah pasta gigi berfluoride.

Disadur dari: http://www.tanyapepsodent.com/sudahkah-kita-melakukan-rutinitas-menyikat-gigi-dengan-benar?

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No.21
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No.1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti sikat gigi png dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close