Sudahkah Kita Menyikat Gigi dengan Benar?

Bagikan artikel ini

Menyikat gigiBerdarah Saat Gosok Gigi? Teruslah Menyikat, Jangan Berhenti... baca selengkapnya... adalah salah satu kegiatan yang rutin kita lakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan serta kesehatan gigiKawat Gigi, Antara aksesoris dan kesehatan... baca selengkapnya... dan mulut. Namun tanpa kita sadari, mungkin kita telah melakukan kesalahan dalam kebiasaan menyikat gigiCara Membersihkan Sikat Gigi... baca selengkapnya... kita. Perlu diketahui juga bahwa cara menyikat gigi yang salah dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulutIngin Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut? Rajin Sikat Gigi Saja Tidak Cukup... baca selengkapnya... kita sendiri.

Berikut kesalahan-kesalahan yang mungkin kita lakukan dalam menyikat gigi:

1. Menyikat gigi terlalu keras
Kebiasaan menyikat gigi terlalu keras atau dengan tekanan yang terlalu kencang dan dilakukan terus-menerus dapat merusak jaringan lunak di sekitar gigi, seperti gusi yang menjadi turun atau resesi. Kegiatan menyikat gigi cukup dengan tekanan yang ringan saja.

2. Menyikat gigi dengan arah menyamping
Menyikat gigi dengan arah yang salah juga merupakan hal yang tidak benar karena tidak efektif membersihkan permukaan gigi dari plakMENANGANI KALKULUS atau KARANG GIGI... baca selengkapnya... perusak gigi tersebut. Menyikat gigi yang benar adalah dengan arah vertikal dari gusi ke gigi dengan sudut 45 derajat terhadap gigi. Perlu diketahui bahwa plak banyak terkumpul pada daerah leher gigi dan sela-sela gigi. Menyikat gigi dengan arah menyamping juga dapat menyebabkan posisi gusi menjadi lebih turun.

3. Menggunakan bulu sikat yang keras atau kasar
Pandai-pandailah memilih sikat gigiAtasi Gusi Berdarah Sejak Dini... baca selengkapnya..., gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut agar tidak jaringan lunak di sekitar gigi. Selain itu bulu sikat yang keras dan kasar juga tidak nyaman untuk kita gunakan.

sikat-kasar

4. Sikat gigi tidak menjangkau seluruh permukaan gigi
Perhatikanlah saat kita menyikat gigi, sudahkah kita yakin bahwa seluruh permukaan gigi kita terjangkau oleh sikat gigi? Daerah-daerah yang sering terabaikan atau terlupakan saat menyikat gigi adalah permukaan gigi bagian dalam yang menghadap ke lidah dan juga gigi gerahamGigi Bungsu, Masalah Dan Pengobatanya... baca selengkapnya... atau gigi belakang karena sulit terjangkau. Jadi pastikan semua permukaan gigi bersih setelah kita menyikat gigi. Untuk daerah sela-sela gigi dapat dibantu dibersihkan dengan benang gigiAtasi Gusi Berdarah Sejak Dini... baca selengkapnya... atau dental flossMENANGANI KALKULUS atau KARANG GIGI... baca selengkapnya....

5. Waktu yang salah saat menyikat gigi
Masihkah kita menyikat gigi saat pagi dan sore hari atau disamakan dengan rutinitas mandi kita? Kebiasaan menyikat gigi paling baik dilakukan pada pagi hari, kurang lebih 30 menit setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

6. Mengaplikasikan pasta gigiTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... terlalu banyak
“Semakin banyak pasta gigi yang digunakan semakin manjur membuat gigi menjadi putih, bersih dan sehat” mungkin banyak dari kita yang masih berpikiran seperti ini. Aplikasi pasta gigi berfluoride sepanjang bulu sikat gigi untuk dewasa, atau sebesar biji jagung untuk anak dibawah usia 6 tahun, karena beberapa pasta gigi memiliki sifat abrasif, apalagi pada pasta gigi yang mencegah terbentuknya stain atau noda pada permukaan gigi. Jangan lupa pilihlah pasta gigi berfluoride.

Disadur dari: http://www.tanyapepsodent.com/sudahkah-kita-melakukan-rutinitas-menyikat-gigi-dengan-benar?


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close