Bahaya Menggemertak Gigi Saat Tidur

Bagikan artikel ini

Bahaya Menggemertak Gigi Saat Tidur

Kebanyakan orang mungkin pernah mengalami menggemertak gigi tanpa mereka sadari saat tidur. Menggemertak gigi dalam dunia medis biasa disebut dengan bruxism. Sekitar setengah dari populasi manusia melakukannya dari waktu ke waktu. Sekitar lima persen dari populasi adalah penggiling atau penggemertak gigi biasa dan kuat. Seringkali itu terjadi saat tidur, tetapi beberapa orang menggertakkan gigi ketika mereka bangun tidur. Karena menggemertak gigi sering terjadi selama tidur, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka menggemertak gigi mereka. Namun sakit kepala yang timbul atau rahang yang sakit saat bangun tidur merupakan salah satu dari gejala bruxism.

Menggemertak gigi pada umumnya tidak menimbulkan kerusakan pada gigi, akan tetapi jika terjadi secara terus-menerus maka dapat menyebabkan kerusakan gigi dan menimbulkan komplikasi pada kesehatan mulut anda. Menggemertak gigi juga biasa terjadi pada anak-anak. Namun, karena gigi dan rahang mereka berubah dan tumbuh begitu cepat, biasanya bukan kebiasaan merusak gigi yang membutuhkan perawatan dan sebagian besar tumbuh pada usia remaja.

Penyebab bruxism dapat melibatkan faktor biologis (misal genetika), psikologis (misal kepribadian) atau faktor eksternal seperti merokok, kafein, alkohol, dan beberapa obat. Selain itu menggemertak gigi dapat disebabkan oleh stres dan kecemasan, itu sering terjadi selama tidur dan lebih mungkin disebabkan oleh gigitan yang tidak normal atau gigi yang hilang atau bengkok.

Dalam beberapa kasus, penggemertak gigi kronis dapat menyebabkan patah, melonggarkan, atau kehilangan gigi. Penggemertak gigi kronis dapat membuat gigi menjadi tanggal. Ketika peristiwa ini terjadi gigi jembatan, mahkota gigi, perawatan saluran akar, implan gigi, gigi palsu sebagian, dan bahkan gigi palsu lengkap mungkin diperlukan.

Apabila anda mengalami kejadian tersebut sebaiknya segera periksakan gigi anda ke klinik gigi Joy Dental. Dokter gigi anda dapat memberikan anda pelindung mulut untuk melindungi gigi agar tidak menggemertak gigi saat tidur. Jika stres menyebabkan anda menggemertak gigi, tanyakan kepada dokter atau dokter gigi tentang pilihan untuk mengurangi stres anda. Menghadiri konseling, memulai program olahraga, atau menemui ahli terapi fisik adalah beberapa opsi yang mungkin ditawarkan.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close