Rajin Gosok Gigi, Paru-paru Lebih Sehat

Rajin gosok gigi ternyata tidak hanya menjamin kesehatan mulut10 Kondisi Mulut Ini Bisa Tunjukkan Masalah Kesehatan yang Anda Alami... baca selengkapnya.... Penelitian menunjukkan, gigi dan gusi yang sehat dapat menurunkan risiko pneumonia atau radang paru. Sebuah riset menunjukkan, kesehatan gusi dapat memengaruhi kesehatan sistem pernapasan.

Dalam riset yang dipublikasi Journal of Periodontology, kesehatan periodontalProses Gigi Berlubang (Karies)... baca selengkapnya..., yang berhubungan dengan gusi dan struktur penyokong gigi lainnya, berperan dalam sistem pernapasan yang sehat.

Penyakit periodontal dapat meningkatkan risiko infeksi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... pernapasan, seperti penyakit paru-paru kronis (Chronic Obstructive Pulmonary Disease/COPD) dan radang paru-paru (pneumonia).

Studi ini melibatkan 200 relawan yang berusia antara 20 hingga 60 tahun. Setengah dari relawan adalah pasien yang dirawat karena penyakit pernapasan, seperti pneumonia, COPD, atau bronkitis akut. Setengah relawan lainnya adalah orang-orang sehat tanpa sejarah penyakit pernapasan.

Hasil penelitian menunjukkan pasien dengan penyakit pernapasan memiliki kesehatan periodontal yang lebih buruk daripada relawan yang sehat. Hal ini merupakan petunjuk awal hubungan antara penyakit pernapasan dengan penyakit periodontal.

Hal itu membuat para peneliti menduga keberadaan patogen di mulut yang berhubungan dengan penyakit periodontal kemungkinan meningkatkan risiko perkembangan penyakit pernapasan. Namun, para peneliti menegaskan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami kaitan ini.

“Penyakit paru-paru dapat sangat melumpuhkan dan melemahkan. Melalui kerjasamaJoy Dental Membiasakan Anak Balita Ke Dokter Gigi dengan Kegiatan Minitrip... baca selengkapnya... dengan dokter gigi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... atau periodontis, Anda bisa mencegah atau menghentikan perkembangan penyakit seperti pneumonia atau COPD,” kata Donald S. Clem, presiden American Academy of Periodontology. Clem juga menjelaskan kalau studi ini memberikan contoh lain tentang peranan kesehatan periodontal dalam menjaga sistem lain di dalam tubuh.

Clem menekankan pentingnya perawatan mulut dengan rutin untuk membantu pencegahan penyakit periodontal. Penyakit periodontal meliputi penyakit radang kronis yang memengaruhi jaringan gusi dan struktur lain yang menyokong gigi.

“Untuk merawat kesehatan periodontal Anda dengan baik, perlu sikat gigiTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... tiap hari. Anda seharusnya juga melakukan pemeriksaan menyeluruh setiap tahun,” ujar Clem. (ScienceDaily)