Solusi jika sakit gigi seperti kena setrum saat mengunyah

Jika anda pernah mengalami sakit gigi karena gigi berlubang. Mungkin ketika anda makan dan mengunyah makanan, makanan tersebut masuk ke dalam lubang gigi sehingga menyebabkan rasa seperti terkena setrum atau sakit yang teramat sangat…. Segera periksa ke dokter gigi untuk diberikan penanganan secepatnya!

Sakit gigi seperti tersetrum

Masalah berikut dialami oleh – sebut saja Yance.

Gigi geraham kanan bawah Yance berlubang dan setiap mengunyah lalu kena makanan rasanya seperti terkena setrum, kemudian sakit sekali.

Pertanyaan:
Apakah ditambal itu solusi yang baik?
Ataukah langsung dicabut saja?

Jawaban:
Bahwa gigi telah berlubang merupakan pertanda bahwa proses perusakan telah berlangsung pada material gigi.

Solusi paling tepat tentu saja adalah segera merawatkannya ke dokter gigi berkompeten yang kita pilih, sebelum proses kerusakan terlanjur berkembang makin parah.

Terlebih pada kondisi di mana lapisan terluar gigi (email) telah rusak/hancur/hilang, sehingga lapisan kedua gigi (dentin) membuka. Lapisan kedua gigi yang tersusun khas dengan material tertentu berformasi jejeran tubuli dentinalis (saluran berdiameter sangat kecil), yang bila email gigi telah rusak/hancur/hilang dapat membuka akses hubungan terbuka antara bagian terdalam gigi (pulpa gigi yang berisi jaringan syaraf, pembuluh darah, dan lymphe) kita dengan dunia luar, dalam rongga mulut kita.

Terbukanya akses ini memicu ragam symptom/gejala yang bisa kita alami semisal gigi linu saat ada perbedaan suhu, terkena tekanan pengunyahan, termasuk invasi bakteri dari luar ke dalam pulpa gigi kita yang akan menginfeksinya sehingga menimbulkan kasus infeksi/radang. Yang bila dibiarkan saja tanpa perawatan tuntas dari dokter gigi berkompeten dapat berimbas lanjut membusuknya gigi kita, yang pada gilirannya, sang penyebab infeksi (bakteri) tersebut dapat menyebar ke seluruh tubuh kita dan menginfeksi organ-organ dalam kita semisal jantung, otak, rahim dan sebagainya.

Dugaan sementara, rasa seolah terkena setrum seperti yang dikeluhkan di atas bisa saja terjadi akibat reaksi persyarafan pada pulpa gigi akibat tekanan pengunyahan yang mengenai area dentin gigi berlubang yang telah terbuka. Saluran terbuka pada tubuli dentinalis dentin yang terbuka tersebut meneruskan tekanan yang diterima langsung oleh sang gigi menuju syaraf gigi yang masih vital/sehat sehingga menimbulkan symptom rasa tersetrum tersebut.

Sebaiknya segera memeriksakan dan merawatkan kondisi gigi tersebut ke dokter gigi berkompeten sedini mungkin agar dapat segera mendapatkan perawatan pencegahan terdini secara tuntas.

Pilihan pencabutan tidak disarankan karena dugaan sementara gigi masih bisa dipulihkan kesehatannya serta dikembalikan fungsinya dalam keadaan sehat. Gigi berlubang hanya dicabut bila sudah sama sekali tidak dapat dipulihkan kesehatannya dan materialnya telah hancur/melunak hingga ke area akar giginya. Bagaimanapun juga, gigi asli yang sehat ataupun telah disehatkan jauh lebih nyaman dan ideal dibanding gigi palsu jenis apapun.

Demikian, semoga dapat dipahami dengan jelas dan bermanfaat.
Terimakasih :-)

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Bungong Jeumpa)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Bantul
RingRoad Barat, Selatan UMY
(setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti gigi berlubang sakit saat mengunyah, gigi berlubang sakit saat makan, gigi sakit saat mengunyah, gigi geraham sakit saat mengunyah, gigi ngilu saat mengunyah, mengatasi gigi sakit saat mengunyah, cara mengatasi sakit gigi saat mengunyah, gigi berlubang sakit bila disentuh, obat gigi berlubang sampai gigi tidak bisa ngunyah, tidak bisa mengunyah karena gigi berlubang dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi

10 thoughts on “Solusi jika sakit gigi seperti kena setrum saat mengunyah

1. morhan

saya morhan,bandung.71 tahun 71 kg tinggi 157 gigi tidak berlubang tidak ada bengkak atau sakit.
    bila bicara,atau mengunyah,menelan air ludah sekalipun,ada nyeri luar biasa rasa kena listrik.
    tadi pagi 13/9/16 ke rs gigi dan mulut semua gigi diketuk tapi tidak sakit,katanya mau dibuang dulu plaknya sesudah tensi turun karena tensi saat itu130/90.tidak diberi obat apa apa.
    Mohon dibantu mengatasinya sementara menunggu tensi saya turun.Terimakasih.

Selamat Pagi Mas Morhan
      Untuk dapat membantu mengatasinya, mas Morhan harus diperiksa oleh dokter kami terlebih dahulu.
      Mas Morhan dimana ya? Sudah tau lokasi Joy Dental? Terima kasih

2. cara menghilangkan plak gigi di bagian dalam gmn ya?

• admin

Selamat Pagi, untuk pembersihan bisa langsung ke klinik kak. Kapan rencana mau ke kkinik? Terima kasih

3. yuli

Kondisi gigi saya seperti artikel di atas. Berlubang besar dan nyeri luar biasa sampai sakit kepala ketika bertemu suhu dingin dan ketika mengunyah. Kalau untuk obat apa yang harus dikonsumsi ya ?

• admin

Selamat Siang Yuli, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

4. tony

saya tony sudah 2 hari ini gigi saya terasa sakit sekali sesaat setelah mengunyah makanan, kenapa ya, padahal klau saat tidak mengunyah makan tidak terasa sakit sama sekali walaupun semua gigi di ketuk, untuk obatnya apa ya,, terimakasih