pasang behel jogja, pasang kawat gigi jogja, harga behel yogya, harga kawat gigi jogjakarta, biaya pasang behel gigi yogyakarta, klinik gigi jogyakarta, behel gigi sehat permanen yogja, kawat gigi permanen yogjakarta, Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta | Praktek Dokter Gigi Yogyakarta | Pasang Kawat Gigi Yogyakarta | Pasang Behel Yogyakarta | Perawatan Orthodontik | Dental Care Yogyakarta

Perawatan Saluran Akar

(Gambar Perawatan saluran Akar)

Jenis perawatan terhadap gigi berlubang adalah Perawatan saluran akar, dan hal ini dilakukan bila kerusakan telah mencapai pulpa (struktur terdalam gigi yang penuh dengan sel saraf yang sensitif terhadap rangsang). Perawatan saluran akar adalah perawatan yang dilakukan dengan mengangkat jaringan pulpa yang telah terinfeksi dari kamar pulpa dan saluran akar, kemudian diisi padat oleh bahan pengisi saluran akar agar tidak terjadi kelainan lebih lanjut atau infeksi ulang. Tujuannya adalah untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rahang, sehingga fungsi dan bentuk lengkung gigi tetap baik. Perawatan saluran akar membutuhkan ketelatenan sehingga membutuhkan lebih dari 1 kunjungan, bervariasi tergantung kasusnya.

Tahapan Perawatan Saluran Akar

  • Tahap 1
    Mahkota gigi di-bur untuk mendapatkan jalan masuk ke kamar pulpa. Semua tambalan dan jaringan rusak pada gigi (karies) dibuang.
  • Tahap 2
    Pulpa dikeluarkan dari kamar pulpa dan saluran akar. Suatu instrumen kecil yang disebut “file” digunakan untuk membersihkan saluran akar. Gigi ditutup dengan tambalan sementara untuk melindungi kamar pulpa dan saluran akar agar tetap bersih. Tambalan sementara akan dibongkar pada kunjungan selanjutnya.
  • Tahap 3
    Saluran akar diisi dan dibuat kedap dengan suatu bahan yang mencegah bakteri masuk. Kamar pulpa sampai dengan permukaan mahkota gigi ditutup dengan tambalan sementara.
  • Tahap 4
    Tambalan sementara dibongkar dan diganti dengan tambalan tetap atau dibuatkan “crown” (sarung gigi).
  • Tahap 5
    Saluran akar, tambalan tetap, atau “crown” dievaluasi untuk melihat ada/tidaknya masalah. Setelah PSA selesai, gigi akan disuplai nutrisinya oleh tulang dan gusi di sekitarnya.

Perawatan Saluran Akar dari tahap 1 sampai dengan tahap 5 membutuhkan 3 – 4 kali kunjungan, tetapi untuk kasus-kasus tertentu tahapan Perawatan Saluran Akar bisa dilakukan dalam 1x kunjungan, dinamakan One Visit Endodontics / Single Visit Endodontics, dan perawatan ini dilakukan oleh Dokter Spesialis Konservasi Gigi (Sp. KG).

Pencarian: preparasi saluran akar

200 thoughts on “Perawatan Saluran Akar

  1. Merryna

    Mau tanya biaya total untuk melakukan PSA termasuk manambal atau penggunaan crown?

    • admin

      Hallo Merryna, terima kasih telah mengirimkan konsultasinya. untuk price list sudah dikirim via email yaa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca juga artikel ini . . . .close