Beranda » Artikel » Tonggos, Gigi Maju karena Rahang Kekecilan atau Gigi Kebesaran

Tonggos, Gigi Maju karena Rahang Kekecilan atau Gigi Kebesaran

Mei 4, 2015

Tak semua orang terlahir dalam keadaan gigi yang lurus dan rata membujur di atas gusi. Ada yang giginya tak beraturan, misal karena panjang dan pendek sebelah, ada juga gigi yang posisinya 'offside' atau tampak maju melebihi garis gusi. Kondisi semacam ini biasa dikenal dengan gigi tonggos.
Pakar kesehatan gigi anak, Prof drg Heriandi Sutadi, SpKGA(K), PhD menjelaskan bahwa gigi tonggos merupakan gigi yang tidak teratur dalam lengkungan gigi."Giginya lebih maju daripada gigi normal," katanya kepada detikHealth dan ditulis Rabu (10/12/2014).

Dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah Jakarta Selatan tersebut menambahkan, penyebabnya sangat beragam. Namun yang paling menonjol adalah karena faktor keturunan.

"Bisa karena lengkungan gigi orang tuanya memang lebih maju daripada gigi normal. Atau misalnya si ibu memiliki rahang yang kecil, sementara bapaknya memiliki gigi yang besar-besar. Hal itu bisa menyebabkan tonggos, karena perbedaan anatomi yang diturunkan dari masing-masing orang tua," paparnya.

Hal senada juga diungkapkan Prof drg Armasastra Bahar, PhD. Staf pengajar Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan (IKGM-P) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia tersebut mengungkapkan bila sang ayah menurunkan bentuk gigi yang besar, padahal rahang anaknya kecil, maka yang terjadi adalah gigi si anak akan menjadi tonggos.

"Sebaliknya, bila mungkin rahangnya kecil, padahal giginya besar jadi tidak muat di rahang, ini juga bisa menyebabkan gigi tonggos. Jumlah gigi manusia kan tetap sama tapi kalau tumbuhnya di rahang yang sempit ya mengakibatkan tonggos," jelasnya ketika dihubungi secara terpisah.

Kendati begitu, bukan berarti gigi tonggos tak dapat diperbaiki. Sebab penyebab gigi tonggos sangat beragam, bisa karena bawaan, kebiasaan di masa kecil maupun trauma. Hanya saja kita perlu tahu kebiasaan apa saja yang mendorong gigi anak menjadi 'offside' dan bagaimana mencegahnya.

Penasaran juga tentang seluk beluk gigi tonggos berikut cara memperbaikinya? Simak terus ulasan khas detikHealth minggu ini ya.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram