Kebiasaan Pakai Tusuk Gigi, Berbahayakah?

Bagikan artikel ini

Kebiasaan Pakai Tusuk Gigi, Berbahayakah?“Dok, bolehkah membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi menggunakan tusuk gigi?”

Nah, perlu Sobat Joy ketahui bahwa hampir semua orang memiliki kebiasaan membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan menggunakan tusuk gigi. Lalu, apakah aman menggunakan tusuk gigi?

Tusuk gigi adalah sebatang kayu atau plastik yang digunakan untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan dari gigi, biasanya setelah makan. Tusuk gigi biasanya mempunyai satu atau dua ujung yang tajam untuk disisipkan di antara gigi. (Wikipedia, 2021)

Kebanyakan masyarakat menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sela-sela gigi karena minimnya pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut serta dampak negatif dari penggunaan tusuk gigi. Tusuk gigi sering ditemukan hampir disemua restoran atau warung makan dalam berbagai bentuk, mulai dari yang terbungkus rapi hingga sekedar potongan kayu kecil menyerupai lidi yang tersedia diatas meja makan.

Menurut Academy of General Dentistry, penggunaan tusuk gigi diperbolehkan apabila tidak ada opsi lain yang tersedia dan harus digunakan dengan hati – hati. Meskipun demikian, dokter gigi sangat tidak menganjurkan tusuk gigi digunakan untuk membersihkan sisa – sisa makanan disela-sela gigi Sobat Joy. Masih ada alternatif lain yang lebih aman untuk membersihkan sela-sela gigi yaitu menggunakan dental floss. Dental floss merupakan benang gigi yang fleksibel, tidak mudah putus, dan dapat masuk ke sela – sela gigi yang sempit serta dapat mengikuti kontur gigi tanpa merusak
jaringan gusi di sekitarnya.

Sedangkan tusuk gigi dalam penggunaannya lebih banyak dampak negatifnya terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Lalu, apa saja bahaya menggunakan tusuk gigi?

  1. Penggunaan tusuk gigi dapat merusak jaringan penyangga gigi karena bentuk tusuk gigi yang tidak sesuai dengan struktur anatomi gusi dan gigi, keras, dan tidak fleksibel sehingga dapat menyebabkan pendarahan pada gusi dan menyebabkan infeksi.
  2. Tusuk gigi dapat merusak jaringan lunak disekitar gigi sehingga dapat menyebabkan peradangan pada jaringan lunak mukosa rongga mulut.
  3. Dapat membuat celah atau melebarkan celah antara gigi sehingga gigi menjadi lebih mudah renggang.
  4. Dapat merusak akar gigi. Jika Sobat Joy mengalami penurunan gusi dan akar gigi menjadi terbuka, maka akar gigi tersebut menjadi sangat rentan terhadap kerusakan akibat penggunaan tusuk gigi yang tidak tepat.
  5. Tusuk gigi juga dapat merusak enamel gigi atau lapisan luar pada gigi.

Wah, ternyata kebiasaan menggunakan tusuk gigi itu banyak sekali bahayanya ya. Daripada Sobat Joy menggunakan tusuk gigi lebih baik menggunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi. Penggunaannya lebih aman dan tidak merusak gigi.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Ditinjau drg. Bonifasius Primario W., M. Biotech


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *