Beranda » Artikel » Jenis Kawat Gigi Joy Dental

Jenis Kawat Gigi Joy Dental

Desember 5, 2013

Untuk memenuhi kebutuhan dan mendukung perawatan pasien, Joy Dental memberikan banyak pilihan untuk pemasangan kawat gigi atau behel. Semua nya tergantung kebutuhan pasien. Dengan banyaknya pilihan ini pasien juga dapat menemukan metode pengobatan yang tepat sesuai dengan biaya dan waktu yang diperlukan selama proses pemasangan behel.

Jenis-jenis behel diantaranya:

Traditional / Conventional Metal Braces

Salah satu jenis kawat gigiTraditional / Conventional Metal Braces

Traditional / Conventional Metal Braces menggunakan bracket logam. Jenis inilah yang umum dipakai pasien. Perawatan kawat gigi jenis ini mengharuskan pasien melakukan kontrol rutin 3 minggu sekali guna melakukan perawatan sesuai dengan treatment planning yang telah dijelaskan saat awal pemasangan. Lama pemakaian kawat gigi ini tergantung kasusnya, rata-rata memerlukan waktu sekitar 2 tahun.

Transparent Braces

Sapphire Braces

Transparent Braces sesuai dengan namanya merupakan jenis bracket transparan yang sesuai untuk pasien yang mengutamakan Estetika. Jenis ini sewarna dengan warna gigi sehingga tidak tampak terlihat kecuali lengkungan kawat yang melingkari gigi. Jenis ini juga tidak menimbulkan noda meskipun pasien menyantap makanan-makanan yang meninggalkan warna di gigi seperti saus tomat, anggur merah bahkan kari. Transparent Braces terdiri dari 3 jenis yaitu: Composite Braces, Ceramic Braces, dan Sapphire Braces. Sapphire braces memiliki tingkat kebeningan paling tinggi diantara ketiga transparent braces sehingga biayanya lebih mahal diantara ketiganya. Biaya pemasangan behel transparan ini lebih mahal daripada metal braces biasa, jangka waktu pemakaian sama dengan Traditional / Conventional Metal Braces.

Kawat Gigi "Self-Ligating Braces"

Prodigy Braces

Damon Quantum

Damon Clear

Sellf-Ligating Braces merupakan pengembangan mutakhir dari Traditional Braces yang memadukan antara high-tech dengan kebutuhan pasien untuk perawatan yang cepat.  Self-Ligating braces menggunakan bracket dengan penutup dan pembuka engsel. sehingga bracket ini tidak membutuhkan karet. Dengan tidak adanya karet mengakibatkan berkurangnya tekanan pada gigi sehingga tidak menimbulkan rasa sakit pada saat pemakaian. Kelebihan lainnya, bracket ini bekerja lebih cepat daripada metal bracket biasa dan durasi waktu kontrol yang lebih lama yaitu sekitar 8 minggu. Self-Ligating Braces terdiri dari: Prodigy, Damon Quantum, dan Damon Clear. Damon Clear merupakan jenis Damon yang diperuntukan bagi pasien yang mengutamakan estetika karena warnanya yang bening / transparan.

Kawat Gigi "Lingual Braces"

Lingual Braces

Kawat gigi lingual merupakan salah satu perawatan orthodonti terbaru bagi pasien yang sangat peduli dengan Estetika. Hal ini karena Bracket di tempatkan pada sisi lidah (lingual) pada gigi. Kawat gigi tidak akan terlihat oleh siapa pun kecuali pemakai nya yang merasakan sendiri. Lingual Braces tampak seperti Metal Bracket Tradisional. Biaya pemasangan Lingual Braces cukup mahal karena pengerjaannya yang sulit.

Invisalign

Kawat gigi jenis Invisalign

Invisalign menggunakan teknologi baru untuk meratakan gigi tanpa menggunakan bracket tradisional. Ini adalah serangkaian aligners yang berubah setiap dua minggu secara bertahap menggeser gigi pasien.  Aligner adalah cetakan seperti retainer yang dapat di lepas pasang. Manfaat menggunakan kawat gigi jenis ini dapat di pergunakan sesuka hati pasien sedangkan kekurangan nya yaitu proses perataan gigi menjadi lebih lama ketimbang kawat gigi cekat yang tidak bisa dilepas pasang selain dengan dokter gigi. Perawatan ini biasa nya untuk kasus yang masih dalam tahap ringan.

Perawatan dengan kawat gigi merupakan proses yang panjang dan memerlukan waktu yang lama, sehingga proses pemilihan kawat gigi sesuai dengan kebutuhan menjadi sangat penting. Pilihan jenis kawat gigi diserahkan kepada pasien dengan menyesuaikan kepada kebutuhan perawatan dan budget.

Hal penting lainnya adalah pemilihan dokter. Tidak disarankan untuk melakukan pemasangan behel di sembarang tempat karena dapat mengakibatkan perawatan menjadi tidak optimal. Pemasangan behel sebaiknya dilakukan oleh dokter spesialis Orthodontist karena dokter spesialis Orthodontist yang memiliki kompetensi untuk memasang behel.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai jenis kawat gigi yang sesuai untuk perawatan gigi anda, silahkan konsultasi ke Joy Dental via

Telp/sms/WA : 0877 3669 7888 / 0877 3938 5888
Pin BB : 2B4A3E37 / 29E9334E
Line ID : joydentalyogya
Instagram : @joydentalyogya
Path : Joy Dental
Email : joydental.yogya@yahoo.com
FB : www.facebook.com/dental.joy
Twitter   : @joydentalyogya
Website  : http://klinikjoydental.com
Atau datang langsung ke Joy Dental

  1. JOY DENTAL KALIURANG, Jl Kaliurang Km. 5 No. 34 (sebelah BNI Syariah) Telp/sms 0851 06556688
  2. JOY DENTAL SETURAN, Ruko Seturan Square Kav 9, Jl Seturan Raya No 1 (timur RM Bungong Jeumpa – Ruko Orange) Telp/sms 0851 07556699
  3. JOY DENTAL BANTUL, RingRoad Barat, Selatan UMY (setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu) Telp. 087739385888 (Pin: 29E9334E)

drg. Yenny Maria, Sp. Ort.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram