Logo Klinik Gigi Joy Dental
Beranda » Konsultasi » Prosedur Kawat Gigi Transparan: Solusi Estetis untuk Perbaikan Gigi

Prosedur Kawat Gigi Transparan: Solusi Estetis untuk Perbaikan Gigi

Juni 7, 2023

Klinik Gigi Joy Dental, Yogyakarta – Apa itu kawat gigi transparan? Apakah Sobat Joy pernah mendengar mengenai prosedur pemasangan behel jenis tersebut? Jika belum, maka Sobat Joy bisa mengetahuinya lebih dalam melalui artikel kali ini. Jadi, simak sampai selesai ya!

Perawatan behel atau kawat gigi semakin diminati saat ini. Selain kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi meningkat, aspek penampilan diri juga semakin menjadi perhatian. Setelah perawatan kawat gigi selesai, Sobat Joy akan mendapatkan susunan gigi yang rapi dan senyuman yang ideal. 

Namun, “bagaimana ya dok, saya tidak PD di kala masa pemakaian behel atau kawat gigi?”, keluhan ini cukup sering menjadi pertimbangan sehingga beberapa Sobat Joy mengurungkan niat memakai kawat gigi. Padahal, ada lho jenis kawat gigi yang lebih estetik.

Ilustrasi penggunaan kawat gigi transparan, Sumber: westchasesmilesinstitute.com

Ilustrasi penggunaan kawat gigi transparan, Sumber: westchasesmilesinstitute.com

Kawat Gigi Transparan

Kawat gigi transparan adalah jenis kawat gigi yang dirancang untuk lebih tidak terlihat dibandingkan dengan kawat gigi konvensional yang terbuat dari logam. Perbedaan utama antara kawat gigi logam dengan kawat gigi transparan terletak di bahan dasar yang digunakan dan tampilannya. 

Kawat gigi transparan terbuat dari bahan yang transparan atau berwarna mirip dengan warna gigi, seperti keramik atau plastik khusus. Bahan-bahan ini dirancang menyerupai warna gigi agar kawat gigi lebih tidak terlihat.

Keuntungan dari penggunaan kawat gigi transparan adalah kawat gigi transparan lebih estetik atau tidak terlihat ketika dipasang di gigi. Hal ini membuat kawat gigi transparan populer di kalangan masyarakat dewasa atau remaja yang malu dan tidak ingin memperlihatkan penampilan kawat gigi yang mencolok. 

Kawat gigi transparan juga dapat memberikan kenyamanan yang lebih baik daripada kawat gigi logam, karena mereka tidak mengiritasi gusi atau bibir sebanyak kawat gigi konvensional.

Mengapa Kawat Gigi Transparan Lebih Diminati?

Alasan kawat gigi transparan lebih diminati dibandingkan kawat gigi konvensional logam, antara lain:

1. Penampilan Menjadi Lebih Baik

Banyak orang dewasa dan remaja merasa tidak nyaman dengan penampilan kawat gigi yang mencolok dan terlihat jelas. Dalam situasi ini, kawat gigi transparan menjadi pilihan yang menarik karena lebih tidak terlihat dan dapat memberikan penampilan yang lebih estetik. Hal ini membantu pasien merasa lebih percaya diri saat berinteraksi sosial dan berbicara dengan orang lain.

2. Rasa Percaya Diri Meningkat

Dengan menggunakan kawat gigi transparan, pasien tidak perlu merasa malu atau khawatir tentang penampilan gigi mereka selama perawatan ortodontik. 

Mereka dapat merasa lebih percaya diri dan lebih nyaman dengan penampilan gigi mereka di berbagai situasi, seperti saat berbicara di depan umum, berfoto, atau menghadiri acara sosial. Kepercayaan diri yang meningkat dapat berdampak positif pada kehidupan pribadi dan profesional seseorang.

3. Terasa Lebih Nyaman

Kawat gigi transparan umumnya lebih halus dan lebih nyaman daripada kawat gigi logam. Kawat gigi transparan cenderung mengurangi risiko iritasi atau luka pada bibir dan gusi. Beberapa pasien merasakan bahwa kawat gigi transparan memberikan pengalaman yang lebih nyaman selama perawatan ortodontik.

4. Motivasi Perawatan Meningkat

Perawatan ortodontik seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama, dan pada beberapa kasus, bisa berlangsung selama beberapa tahun. 

Dalam memilih kawat gigi transparan, pasien dapat merasa lebih termotivasi untuk menjalani perawatan dengan tekun karena mereka tahu bahwa perangkat ortodontik yang mereka kenakan tidak akan secara signifikan mengganggu penampilan mereka.

Prosedur pemasangan behel gigi transparan, Sumber: alodokter.com

Prosedur pemasangan behel gigi transparan, Sumber: alodokter.com

Prosedur Pemasangan Kawat Gigi Transparan

Prosedur pemasangan kawat gigi transparan tidak memiliki perbedaan dengan jenis kawat gigi logam. Prosedur pemasangan meliputi proses sebelum, selama proses, dan setelah pemasangan. Berikut ini prosedur pemasangan kawat gigi transparan:

  • Pertama, Sobat Joy akan menjalani konsultasi awal dengan dokter gigi. Pada tahap ini, dokter akan mengevaluasi keadaan gigi Sobat Joy, memeriksa oklusi (gigitan), dan mendiskusikan tujuan perawatan ortodontik Sobat Joy. Jika kawat gigi transparan adalah pilihan yang cocok, Sobat Joy dapat melanjutkan ke langkah berikutnya
  • Selanjutnya, dokter gigi akan mencetak gigi Sobat Joy. Sebelum pencetakan, pembersihan karang gigi juga dilakukan agar gigi yang tercetak dalam keadaan bersih dan siap untuk pemasangan behel di kunjungan berikutnya. Cetakan gigi akan digunakan sebagai panduan dalam pembuatan rencana perawatan kasus gigi Sobat Joy. Pada tahapan ini, Sobat Joy juga akan diminta melakukan pengambilan foto rontgen panoramic dan sefalometri.
  • Setelah data-data berupa cetak gigi dan foto rontgen didapatkan, dokter gigi spesialis ortodonsia akan melakukan analisis dan membuat rencana perawatan ortodonsia khusus untuk kasus gigi Sobat Joy.
  • Setelah perencanaan perawatan selesai, dokter gigi akan memasang kawat gigi transparan pada gigi Sobat Joy. Proses ini melibatkan menempatkan kawat gigi transparan pada bagian depan gigi, menggunakan perekat khusus untuk melekatkannya.
  • Setelah kawat gigi transparan dipasang, Sobat Joy perlu menjalani kontrol rutin ke dokter gigi. Selama kontrol ini, dokter akan menyesuaikan kawat gigi, mengganti karet, atau melakukan tindakan lain untuk menggerakkan gigi secara bertahap ke posisi yang diinginkan.

Perawatan dan Pemeliharaan Kawat Gigi Transparan

Untuk penggunaan kawat gigi transparan pun juga memerlukan perawatan dan pemeliharaannya tersendiri. Jadi tidak bisa melakukan pemasangan secara sembarangan tanpa perawatan khusus. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawat dan memelihara kawat gigi transparan.

1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Membersihkan gigi secara teratur adalah bagian penting dari perawatan kawat gigi transparan. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari menggunakan sikat gigi khusus kawat gigi yang berbulu halus dan pasta gigi fluoride. 

Bersihkan gigi dengan hati-hati, termasuk area di sekitar kawat gigi dan di bawah kawat. Gunakan gerakan sikat gigi yang lembut dan hindari menyikat terlalu keras yang dapat merusak kawat gigi transparan. Gunakan juga benang gigi dan interdental brush untuk membersihkan area gigi dan kawat gigi yang sulit dijangkau sikat gigi.

2. Menghindari Makanan Keras atau Lengket

Batasi konsumsi makanan atau minuman yang dapat merusak atau menempel pada kawat gigi transparan, seperti permen karet, karamel, kacang-kacangan, dan makanan lengket. Hindari juga menggigit atau mengunyah benda keras, seperti pensil atau pulpen, yang dapat merusak kawat gigi.

3. Menghindari Minuman Berwarna

Minuman seperti teh, kopi, soda, atau minuman berwarna lainnya dapat mempengaruhi warna kawat gigi transparan. Jika meminum minuman berwarna, sebaiknya gunakan sedotan atau cuci mulut setelahnya untuk mengurangi risiko perubahan warna pada kawat gigi.

4. Kontrol Rutin

Penting untuk kontrol rutin ke dokter gigi, karena dokter gigi akan memeriksa perkembangan perawatan dan melakukan penyesuaian yang diperlukan pada kawat gigi transparan. 

Dokter gigi juga dapat memberikan saran atau instruksi tambahan tentang perawatan kawat gigi dan menjawab pertanyaan yang mungkin Sobat Joy pertanyakan. Jangan lupa ikuti instruksi-instruksi yang diberikan oleh dokter gigi Sobat Joy ya.

Rutin kontrol ke dokter gigi untuk merawat behel, sumber: halodoc.com

Rutin kontrol ke dokter gigi untuk merawat behel, sumber: halodoc.com

Banyak manfaat dan keuntungan dari penggunaan kawat gigi jenis transparan. Namun, kawat gigi transparan juga memiliki beberapa hal yang perlu Sobat Joy perhatikan. 

Kawat gigi transparan juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang lebih hati-hati, karena cenderung lebih rentan terhadap kerusakan dibandingkan dengan kawat gigi konvensional berbahan dasar logam. 

Periksakan dan konsultasikan kondisi gigi Sobat Joy dengan dokter gigi dan klinik gigi yang terpercaya. Klinik Gigi Joy Dental memiliki tim dokter lengkap termasuk dokter gigi spesialis ortodonsia yang kompeten di bidang pemasangan kawat gigi transparan.

Penulis: drg. Fauzia Jauhara

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram