Logo Klinik Gigi Joy Dental
Beranda » Konsultasi » Berapa Biaya Kontrol Kawat Gigi? Ini Informasinya!

Berapa Biaya Kontrol Kawat Gigi? Ini Informasinya!

Januari 5, 2024

Klinik Gigi Joy Dental - Halo Sobat Joy! Adakah disini Sobat Joy yang ingin melakukan perawatan behel atau malah sedang dalam perawatan ortodontik atau kawat gigi tersebut? Jika iya, kira-kira berapa sih biaya kontrol kawat gigi yang rutin dikeluarkan? Simak informasinya berikut ini ya!

Bagi Sobat Joy yang sedang melakukan perawatan behel, tentunya sudah terbiasa dengan perawatan kontrol yang harus rutin dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan ya. 

Waktu untuk kontrol kawat gigi disesuaikan dengan jenis kawat gigi yang dipakai, sehingga tidaklah sama waktu kontrol untuk pemakai kawat gigi konvensional dengan kawat gigi jenis self-ligating. Kontrol kawat gigi pada perawatan ortodontik ini memang penting dilakukan secara rutin untuk memantau progres perawatan, sehingga dapat mencapai hasil akhir yang optimal.

Informasi terkait biaya kontrol kawat gigi, Sumber: sap-express.id
Informasi terkait biaya kontrol kawat gigi, Sumber: sap-express.id

Perawatan Kawat Gigi atau Ortodonti

Perawatan kawat gigi atau ortodonti adalah perawatan yang berfungsi untuk memperbaiki maloklusi yaitu kondisi susunan gigi yang tidak beraturan dan hubungan gigi rahang atas dan rahang bawah yang tidak ideal. Selain dapat memperbaiki posisi gigi, pemakaian alat ortodontik juga dapat memperbaiki pengunyahan dan estetika wajah. 

Alat ortodontik secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu alat ortodontik cekat dan alat ortodontik lepasan. Pada kasus maloklusi sedang hingga berat, penggunaan alat ortodontik cekat lebih direkomendasikan. Alat ortodontik cekat terdiri dari beberapa komponen yaitu bracket, kawat, karet, dan beberapa aksesoris lainnya.

Alat ortodontik cekat terdiri dari dua jenis yaitu jenis konvensional dan self ligating. Bracket konvensional membutuhkan karet yang harus selalu diganti setiap kontrol sekitar tiga sampai empat minggu sekali. Sementara bracket Self Ligating memiliki teknologi yang berbeda yang tanpa membutuhkan karet dan kontrol dapat dilakukan setiap enam sampai 8 minggu sekali. 

Alat ortodontik cekat tidak dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien, sehingga pemasangan dan pelepasan dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodontik. Pemakaian alat ortodontik cekat juga membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan perawatan kontrol secara berkala dengan dokter gigi spesialis ortodontik yang merawat.

Biaya Kontrol Kawat Gigi

Biaya yang dikeluarkan untuk setiap kontrol kawat gigi akan berbeda yaitu dipengaruhi oleh faktor-faktor berupa jenis bracket yang dipakai, tahapan pergerakan gigi dan kompleksitas kasus setiap pasien.

Proses perawatan kawat gigi memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Rata-rata pemakaian kawat gigi konvensional berkisar dua sampai tiga tahun namun hal tersebut juga dipengaruhi oleh berat ringannya kasus gigi, disiplin tidaknya kontrol dan patuh tidaknya pasien terhadap instruksi dari dokter gigi spesialis ortodontik yang memasang. 

Kontrol behel wajib dilakukan secara rutin, Sumber: hdmall.id
Kontrol behel wajib dilakukan secara rutin, Sumber: hdmall.id

Oleh karena itu, kontrol rutin secara berkala memang sangat penting untuk mendapatkan hasil optimal sesuai dengan waktunya.

Biaya kontrol kawat gigi bervariasi pada setiap klinik. Biaya rata-rata yang mungkin dikeluarkan untuk setiap kontrol adalah sekitar dua ratus ribu rupiah sampai lima ratus ribu rupiah di Klinik Joy Dental Yogyakarta. 

Varian biaya ini dipengaruhi oleh jenis perawatan kawat gigi yang sedang dilakukan. Biaya kontrol perawatan kawat gigi konvensional berbeda dengan kontrol perawatan kawat gigi jenis self ligating. Biasanya kontrol kawat jenis self ligating akan sedikit lebih mahal dibandingkan kontrol kawat gigi jenis konvensional.

Selain jenis kawat gigi, biaya kontrol kawat gigi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut yaitu:

1. Kompleksitas Perawatan

Setiap kasus perawatan kawat gigi memiliki kompleksitas perawatan yang berbeda satu dengan yang lain. Semakin tinggi tingkat kompleksitas kasus perawatan, maka biaya kontrol akan semakin tinggi. 

Hal tersebut karena pada kasus-kasus perawatan kawat gigi yang berat, maka akan membutuhkan beberapa tambahan alat yang dapat membantu pergerakan gigi selain bracket dan kawat itu sendiri. Pada setiap kontrol, selain akan diganti karet giginya, kawat gigi yang dimasukkan dalam bracket juga akan diganti dan dinaikkan ke tingkat kawat gigi yang lebih besar. 

Pada kasus-kasus tertentu, pergerakan gigi membutuhkan tambahan alat seperti opencoil, kawat ligasi, miniscrew, dan lain-lain yang biayanya akan ditambahkan ketika kontrol perawatan. Semakin banyak tambahan komponen alatnya, maka akan semakin besar biaya kontrolnya.

2. Lokasi Klinik

Besarnya biaya kontrol kawat gigi juga dipengaruhi oleh lokasi dari klinik. Biasanya, biaya kontrol pada klinik-klinik di kota besar atau di daerah terpencil akan lebih mahal. Hal tersebut juga didasarkan pada pihak ketiga penyedia alat-alat medis dan ketersediaan alat.

3. Jenis Klinik

Jenis klinik seperti klinik perorangan, klinik bersama dan klinik milik pemerintah tentunya memiliki regulasi tersendiri terkait biaya kontrol kawat gigi. Adanya perbedaan penentuan tarif alat dan bahan dalam perawatan kawat gigi inilah yang menyebabkan biaya kontrol kawat gigi berbeda-beda setiap klinik.

Tips Menghemat Biaya Kontrol Kawat Gigi

Saran dan strategi bagi Sobat Joy untuk dapat meminimalkan biaya kontrol kawat gigi tanpa mengorbankan kualitas perawatan yang paling utama adalah pasanglah kawat gigi atau alat ortodontik dengan dokter gigi spesialis ortodontik. 

Dengan melakukan perawatan kawat gigi dan kontrol dengan dokter gigi spesialis ortodontik, maka gigi akan dirawat lebih terarah sesuai dengan analisisnya dan biaya kontrol akan sesuai dengan proses perawatannya. Tips selanjutnya adalah patuhi setiap instruksi yang diberikan oleh dokter gigi spesialis ortodontik selama gigi dilakukan perawatan kawat gigi. 

Sebagai contoh sederhana, jika dokter memberikan instruksi untuk menghindari makanan yang terlalu keras dan lengket selama pemakaian kawat gigi, hal tersebut dapat meminimalkan lepas, hilang, atau rusaknya bracket atau kawat sehingga hal tersebut dapat menekan biaya kontrol nantinya.

Besaran biaya kontrol kawat gigi tergantung jenis behel yang digunakan, Sumber: dream.co.id
Besaran biaya kontrol kawat gigi tergantung jenis behel yang digunakan, Sumber: dream.co.id

Nah Sobat Joy, jika Sobat Joy memiliki keluhan gigi tidak beraturan, profil wajah yang tidak simetris karena posisi gigi yang tidak baik dan ingin dirapikan, Sobat Joy bisa coba lakukan perawatan ortodontik lho, pastikan Sobat Joy melakukan perawatan kawat gigi ini dengan dokter gigi spesialis ortodontik terpercaya ya. 

Klinik Joy Dental memiliki banyak spesialis ortodontik yang dapat menjadi rekomendasi bagi Sobat Joy semua. Untuk informasi lebih lanjut, Sobat Joy dapat konsultasikan atau kunjungi langsung Klinik Joy Dental ya.

Penulis: drg. Ariza Indriyanti

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram