Efek Tidur Miring Satu Sisi Terhadap Gigi

Bagikan artikel ini

Siapa yang sering tidur miring 1 sisi?

Normalnya, kita jarang tidur hanya pada 1 sisi, karena biasanya secara tidak sadar, ketika kita tidur, kita otomatis bergerak dan berganti posisi.Namun apabila ada halangan pada sisi satunya, seperti misalnya tertahan kayu atau tidur dengan posisi sempit, kita bisa jadi terus-terusan tidur pada 1 sisi yang sama.

Tidur miring 1 sisi ada efeknya gak sih?

Tidur miring 1 sisi bisa membuat pertumbuhan rahang miring 1 sisi juga, akibatnya rahang menjadi besar sebelah dan tidak simetris. Namun, hal ini bisa terjadi apabila kebiasaan buruk tidur satu sisi dilakukan terus menerus selama bertahun-tahun. Biasanya kebiasaan ini secara tidak sadar terbentuk sudah sejak balita ketika sering tidur di tempat yang terlalu sempit maupun ada objek yang menghalangi pergerakan tidur si kecil. Kebiasaan ini sering secara tidak sadar akan diteruskan hingga dewasa.

Selain itu, kebiasaan lain yang juga mempengaruhi pertumbuhan rahang menjadi miring 1 sisi adalah makan 1 sisi. Ketika kita makan 1 sisi, sisi rahang yang lebih dominan digunakan akan tumbuh lebih besar sehingga rahang jadi besar sebelah, tidak simetris, dan terlihat miring. Biasanya ini terjadi apabila ada gigi berlubang pada satu sisi, sehingga refleks makan lebih dominan menggunakan pada sisi yang tidak ada gigi berlubangnya.

Jadi penting ya untuk memperhatikan space si kecil tidur agar terhindar dari kebiasaan tidur satu sisi.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *