Beranda » Artikel » Bagaimana Karang Gigi Bisa Terbentuk?

Bagaimana Karang Gigi Bisa Terbentuk?

Maret 6, 2022

Penulis : drg. Dara Sari Arini

Penyebab karang gigi dan cara menghilangkannya

 Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA – Salam Sehat, Sobat Joy! Tahukah Sobat Joy? Karang gigi adalah permasalahan gigi dan mulut yang cukup sering ditemui pada sebagian besar pasien. Namun, kebanyakan masih menganggap remeh karang gigi tersebut. Sebenarnya apa sih karang gigi itu? Yuk, simak info di bawah!

Apa itu karang gigi?

Karang gigi adalah tumpukan plak pada gigi yang tidak dibersihkan sehingga mengeras dan menempel pada permukaan gigi atau tambalan gigi yang dapat meluas dari mahkota gigi hingga gusi.

Apa Saja Sih Penyebab Karang Gigi?

Ada beberapa faktor bagaimana karang di gigi bisa terbentuk?

  1. Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut, seperti jarang menyikat gigi
  2. Kebiasaan merokok
  3. Mulut yang kering, bisa diakibatkan dari efek samping obat tertentu atau kondisi sistemik yang lain

Akibat dari Karang Gigi yang Tidak Pernah Dibersihkan

Karang gigi dalam tingkat awal biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi kondisi yang tidak dirawat dapat menyebabkan beberapa penyakit, yang paling umum adalah gingivitis. Jika tidak dibersihkan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan gigi goyang bahkan hingga tanggal (periodontitis). Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menempel pada permukaan karang gigi yang kasar dan membuat perlekatan gigi dengan jaringan pendukungnya merenggang serta peluruhan tulang pendukung gigi. Sobat Joy pasti tidak mau kan gigi nya seperti itu?

 

Cara Mengurangi Resiko Terbentuknya Karang Gigi

Sobat Joy bisa mengurangi resiko terbentuknya karang pada gigi dengan cara sebagai berikut :

  1. Sikat Gigi dengan Cara yang Benar & Waktu yang Tepat
    Sobat Joy bisa sikat gigi minimal 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride ya Sobat Joy! Pastikan sikat giginya punya bulu yang lembut dan pastikan seluruh permukaan gigi dapat disikat dengan baik ya!
  2. Gunakan Benang Gigi
    Sobat Joy bisa memulai untuk biasakan memakai benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sela - sela gigi yang susah terjangkau oleh sikat gigi.
  3. Minum Air Putih yang Cukup
    Cukupkan kebutuhan air dalam tubuh ya Sobat Joy. Di samping baik untuk mencegah dehidrasi tubuh, air putih dapat mampu membantu membersihkan gigi dan mengurangi resiko mulut kering loh!
  4. Hindari Merokok
    Merokok dapat mempercepat terbentuknya karang gigi juga loh karena juga dapat membuat mulut terasa kering. Selain itu, merokok dapat membuat penodaan pada gigi yang bisa kita sebut sebagai stain.

Cara Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi tidak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi loh, Sobat Joy! Sobat Joy bisa meminta bantuan dokter gigi Joy Dental untuk membersihkannya dengan cara scaling gigi. Prosedur scaling gigi di Klinik Gigi Joy Dental menggunakan alat dengan mesin ultrasonic yang dapat menghilangkan karang gigi Sobat Joy. Karang gigi harus segera dibersihkan agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius seperti yang sudah dibahas di atas ya.

Yuk, segera kunjungi Klinik Gigi Joy Dental terdekat untuk scaling gigi. Kami tunggu ya

 Dokter Gigi ? Ya Klinik Gigi Joy Dental

 

Referensi :

Aghanashini S, Puvvalla B, Mundinamane DB, Apoorva SM, Bhat D, Lalwani M. A Comprehensive Review on Dental Calculus. J Health Sci Res 2016; 7 (2) : 42 - 50.

Lim G, Janu U, Chiou LL, Gandhi KK, Palomo L, John V. Periodontal Health dan Systemic Condition. Dent. J. 2020, 8, 130

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram