Tindakan “Scaling” Dapat Mengikis Email Gigi ?

Bagikan artikel ini

TANYA :

Dokter, berapa kali maksimal seseorang harus datang ke dokter gigi untuk  membersihkan karang gigi (sisa makanan yang mengeras ). Soalnya saya belum pernah membersihkannya, Banyak plak di gigi sebelah kanan saya. Kebetulan gigi kanan saya jarang digunakan, dan lebih sering menggunakan gigi sebelah kiri. Apakah dengan melakukan pembersihan gigi dari plak tersebut tidak mempengaruhi atau mengikis email gigi Dok..? Terima Kasih Sebelumnya Dok.

(Alexander Glenn Bara, 21 tahun, Padang)

JAWAB  :

Alexander yang baik,

Proses penghilangan plak dan kalkulus pada gusi bagian atas dan atau bawah dari permukaan gigi disebut dengan “scaling”. Peralatan yang digunakan dalam proses scaling baik yang manual ataupun ultrasonik tidak akan merusak email gigi.

Selain bentuk alatnya yang memang telah didisain khusus sesuai dengan anatomi gigi dan tidak menimbulkan panas, juga didukung dengan kemampuan operator yang baik.

Tingkat ketajaman ujung alat di dalam proses “scaling” juga mempengaruhi kemudahan akses, sehingga tidak akan membahayakan jaringan lunak dan keras di dalam rongga mulut anda.

Frekuensi yang diperlukan untuk membersihkan karang gigi berbeda-beda pada setiap orang, rata-rata 6 bulan sekali. Namun, ada juga yang melakukannya dalam waktu 3 bulan sekali. Proses pembersihan karang gigi untuk rahang atas dan bawah, dapat selesai dalam 1 kali kunjungan perawatan.

Plak atau karang gigi yang didiamkan saja, dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti peradangan gusi yang ditandai dengan gusi berdarah, bengkak, bahkan kegoyangan gigi. Sebaiknya saat ini anda segera mendatangi Dokter Gigi untuk dilakukan scaling.

Demikian Alexander, semoga informasinya bermanfaat.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close