Talkshow Seputar Kesehatan Gigi Balita di TK Pelangi

Bagikan artikel ini

Talkshow Seputar Kesehatan Gigi Balita di TK Pelangi

Pendidikan kesehatan gigi dan mulut adalah pendidikan yang paling ideal untuk diterapkan sedari dini Hal ini disebabkan, penanaman pengertian dan kebiasaan sedari dini akan membentuk kebiasaan yang akan langgeng hingga masa tua, bahkan untuk anak cucu. Pada tanggal 15 Desember 2018, klinik gigi Joy Dental mengadakan talkshow sebagai bentuk edukasi kesehatan gigi dan mulut di TK Pelangi Yogyakarta.

Acara ini dihadiri oleh orang tua, anak-anak, dan guru di TK Pelangi, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara sederhana yang terdiri dari pemaparan materi dan sesi tanya jawab ini ternyata dapat berlangsung dua jam penuh. Hal ini dikarenakan, orang tua murid sangat tertarik dan peduli terkait permasalahan kesehatan gigi dan mulut terutama pada anak-anak balita yang merupakan usia emas dalam tumbuh-kembang.

Topik yang disajikan seputar kesehatan gigi anak

Topik yang disajikan seputar kesehatan gigi anak, seperti: urutan gigi tumbuh pada anak; pergantian gigi tumbuh; ngedot sebelum tidur; anak kecil sulit diajak sikat gigi bersama; anak jatuh ketika bermain dan giginya terantuk; perawatan behel pada anak-anak; dan lain-lain. Orang tua murid tampak sangat antusias. Tidak ada satupun orang tua murid yang tidak bertanya.

Acara ini dipandu oleh pihak TK Pelangi, drg. Aulida Arum selaku narasumber, dan Intan Permata Sari selaku perawat. “Saya cukup terkejut. Saya tidak menyangka orang tua murid akan se-antusias ini. Saya sangat senang karena banyak orang tua di TK Pelangi peduli masalah kesehatan gigi dan mulut. Menurut saya, kesehatan gigi dan mulut memang idealnya diperhatikan sejak dini, agar dapat ditanamkan kebiasaan yang baik.” tutur dokter gigi Arum dengan tersenyum cepat.

Dokter Arum dengan jelas dan tegas menyatakan bahwa dokter gigi, orang tua dan anak wajib menciptakan suasana kesehatan gigi dan mulut yang positif dan menyenangkan untuk anak-anak. “Hal ini adalah tantangan bersama.” tutur dokter gigi Arum yang sedang menjalani pendidikan dokter gigi spesialistik bidang periodonsia (kesehatan gusi dan jaringan pendukung gigi).

Sesi tanya jawab berlangsung dengan baik

Setelah materi dan sesi tanya jawab yang berlangsung dengan sangat baik, diadakan pemeriksaan gigi mulut. Tidak hanya orang tua murid, anak-anak pun tampak sangat senang dan antusias. Meskipun anak-anak senang bermain berlarian ke sana kemari, namun saat pemeriksaan bisa kooperatif. “Saya senang, sebagian besar anak-anak memiliki gigi yang baik. Hampir tidak ada yang bolong sama sekali. Saya yakin, ini hasil kerja keras orang tua yang sangat peduli untuk mengusahakn kesehatan gigi anaknya. Saya berharap, kondisi ini juga terjadi di banyak tempat lain di Jogja.” ujar dokter gigi Arum.

Orangtua murid pun tampak sangat puas. “Saya sangat senang. Saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat. Dokter gigi Arum dari Joy Dental memaparkan materi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kami dengan sangat baik. Bahasannya cepat, tegas, logis, dan tidak bertele-tele, serta menggunakan bahasa yang sangat mudah dipahami. Terima kasih Joy Dental.” ungkap salah orang tua murid.

Orang tua tertarik dan peduli pada kesehatan gigi mulut anak

 


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close