Beranda » Edukasi » Waspadai Penggunaan Behel Fashion yang Murah! Inilah Solusi untuk Gigi yang Tidak Rapi

Waspadai Penggunaan Behel Fashion yang Murah! Inilah Solusi untuk Gigi yang Tidak Rapi

Agustus 30, 2022

Halo Sobay Joy! Pernahkah Anda merasakan kurang percaya diri karena gigi tidak rapi? Hal tersebut memang sering kali dialami oleh beberapa orang. Namun Sobat Joy tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan informasi mengenai solusi gigi tidak rapi untuk Anda.

Mengapa Gigi Seseorang Tidak Rapi?

Keluhan gigi tidak rapi merupakan keluhan tersering dari pasien yang ingin melakukan pemasangan behel. Keluhan gigi tidak rapi ini dapat meliputi beberapa kondisi diantaranya gigi berjejal, gigi renggang, gigi maju, gigitan terbuka, gigitan terbalik atau biasa disebut cakil, dan sebagainya. 

Sobat Joy Dental tahu atau tidak, sebenarnya hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan gigi tidak rapi? Menurut Grabber gigi tidak rapi dapat disebabkan oleh faktor general dan faktor lokal. Beberapa penyebab yang termasuk dalam faktor general diantaranya yaitu genetik (keturunan), kebiasaan buruk, trauma, serta faktor lingkungan. 

Perlu Sobat Joy Dental ketahui jika faktor genetik ini memiliki peranan penting terjadinya gigi tidak rapi. Faktor genetik mempengaruhi ukuran dan bentuk gigi serta rahang, selain itu juga hubungan antara rahang atas dan bawah. 

Mengenal solusi mengatasi gigi tidak rapi, Sumber: cnnindonesia.com

Mengenal solusi mengatasi gigi tidak rapi, Sumber: cnnindonesia.com

Sobat Joy Dental bisa saja memiliki keturunan ukuran gigi yang besar namun dengan ukuran rahang sempit sehingga gigi tidak cukup ruang untuk tumbuh dan berakibat gigi berjejal. Begitu juga sebaliknya, apabila Sobat Joy Dental memiliki keturunan ukuran gigi yang kecil namun ukuran rahang besar, maka mengakibatkan gigi renggang.

Kebiasaan buruk yang terus menerus dilakukan selama beberapa waktu, terutama saat masa tumbuh kembang maka dapat mempengaruhi susunan gigi Sobat Joy Dental. Kebiasaan buruk apa saja yang sebaiknya perlu kita hindari? 

Diantaranya kebiasaan bernapas melalui mulut, menghisap ibu jari, menjulurkan lidah (tongue thrust), menggigit bibir, serta cara menelan yang salah.

Faktor trauma pada gigi maupun rahang terutama apabila terjadi saat masa tumbuh kembang dapat menyebabkan gigi tidak rapi. Selain itu, faktor lokal seperti adanya gigi yang telah dicabut, kelainan bentuk gigi, kelebihan jumlah gigi, maupun tidak adanya benih gigi juga dapat menyebabkan gigi tidak rapi.

Bagaimana Solusi Mengatasi Gigi yang Tidak Rapi?

Sobat Joy Dental pasti sudah banyak yang tahu, untuk merapikan gigi bisa dilakukan dengan perawatan ortodonti. Macam alat ortodonti yang dapat digunakan meliputi alat ortodonti lepasan, alat ortodonti cekat, serta aligner. 

Pemilihan alat perawatan ortodonti ini disesuaikan dengan beberapa faktor, diantaranya faktor usia dan tingkat kesulitan kasus. Pemasangan alat ortodonti sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi yang berkompetensi di bidang ortodonti yaitu Ortodontis. 

Ortodontis merupakan dokter gigi spesialis yang memiliki kompetensi dalam mendiagnosis dan merencanakan perawatan ortodonti. Tujuan perawatan ortodonti yaitu untuk memperbaiki posisi gigi dan rahang yang tidak normal, memperbaiki fungsi gigi-geligi, serta estetik yang baik. 

Sobat Joy Dental tidak boleh asal-asalan dalam melakukan perawatan ortodonti karena perawatan ortodonti tidak hanya sekedar untuk memperbaiki secara estetik namun juga harus dapat memperbaiki fungsi.

Penggunaan behel di dokter gigi untuk merapikan gigi, Sumber: sehatq.com

Penggunaan behel di dokter gigi untuk merapikan gigi, Sumber: sehatq.com

Bahaya Menggunakan Behel Fashion!

Saat ini sedang marak iklan-iklan di media sosial maupun salon tentang pemasangan behel fashion. Behel fashion biasanya menggunakan bahan yang tidak sesuai standar kedokteran gigi dan dipasangkan oleh oknum yang tidak memiliki kompetensi atau bukan merupakan dokter gigi. 

Pemasangan behel fashion dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Pemasangan behel akan memberikan kekuatan gaya pada gigi. Apabila kekuatan gaya yang diberikan berlebih maka dapat merusak jaringan pendukung gigi dan berakibat gigi goyang. 

Selain itu, pergerakan gigi juga menjadi tidak terarah sehingga gigi justru akan menjadi berantakan. Pemakaian behel fashion juga biasanya tidak diawali dengan pembersihan karang gigi terlebih dahulu. Padahal saat menggunakan behel, sisa makanan akan lebih mudah terselip dan lebih mudah terbentuk karang gigi. 

Penumpukan karang gigi selanjutnya akan menyebabkan peradangan gusi yang biasanya ditandai dengan gusi mudah berdarah terutama saat menyikat gigi.

Bahaya menggunakan behel fashion, Sumber: kompas.com

Bahaya menggunakan behel fashion, Sumber: kompas.com

Penggunaan alat dan bahan pemasangan behel fashion yang tidak sesuai standar kedokteran gigi dapat merusak lapisan email gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Bahkan hal tersebut juga dapat menyebabkan gigi mati apabila kekuatan gaya yang diberikan terlalu besar.

Jadi, kalau Sobat Joy Dental mau merapikan gigi sebaiknya ke dokter gigi ya. Dokter gigi akan memberikan rekomendasi behel gigi yang tepat sesuai dengan kondisi gigi Sobat Joy Dental. Konsultasikan segera keluhan Sobat Joy di Klinik Gigi Joy Dental terdekat dengan lokasi Sobat Joy ya.

Penulis : drg. Annisa Nurul Fikri

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram