Seberapa Pentingnya Fotografi Dental?

Bagikan artikel ini

Seberapa Pentingnya Fotografi DentalApakah sobat Joy pernah datang ke dokter gigi, lalu sebelum dan sesudah perawatan dilakukan pengambilan foto? Jika pernah, apakah sobat Joy bertanya-tanya, apa tujuan dari pengambilan foto tersebut? Di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dan Klinik Gigi Joy Dental Purwokerto, dokter gigi seringkali melakukan pengambilan foto pada kondisi gigi dan mulut pasien. Tindakan ini sering disebut dengan istilah fotografi dental.

Secara umum, fotografi dental adalah suatu kegiatan dokumentasi berupa gambar yang dilakukan oleh dokter gigi terhadap kondisi gigi dan mulut pasien.

Fotografi dental dilakukan dengan beberapa tujuan, antara lain:

  • Dokumentasi
    Kondisi gigi setiap pasien pasti berbeda dengan pasien lainnya. Terkadang, ada beberapa kasus yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran, baik untuk dokter gigi maupun masyarakat umum. Dengan adanya dokumentasi, perkembangan ilmu kedokteran gigi dapat semakin maju dan para dokter gigi dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pasien.
    Selain itu, dengan adanya dokumentasi kasus pasien, dokter gigi memiliki portofolio lengkap berisi perawataan yang telah dilakukan, dan dapat dijadikan acuan perawatan pasien lainnya.
  • Perbandingan sebelum dan sesudah perawatan
    Pada kasus-kasus yang menghasilkan perbedaan estetika yang tinggi, fotografi sangat penting dilakukan, supaya baik dokter gigi maupun pasien dapat melihat perbedaan secara langsung, semisal pada kasus behel gigi, penambalan gigi dan gigi tiruan. Dengan melihat perbedaan sebelum dan sesudah perawatan, pasien dapat memahami perawatan yang telah dilakukan dan dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pasien.
  • Edukasi pasien
    Fotografi dental dapat juga digunakan sebagai media edukasi untuk pasien. Sebagai contoh, gigi belakang atas yang berlubang, yang tidak dapat dilihat oleh pasien. Dengan dokter gigi melakukan pengambilan foto, pasien dapat melihat kondisi giginya yang tidak bisa dilihat langsung.
  • Sebagai bahan rujukan ke dokter lain/spesialis
    Pada kasus-kasus tertentu, ada kalanya kasus pasien perlu dirujuk kepada dokter yang lebih ahli dalam bidangnya, atau dokter spesialis. Fotografi dental dapat digunakan sebagai media komunikasi antar dokter, tanpa harus memeriksa langsung pasiennya, sehingga perawatan dapat dilakukan secara efektif.
  • Verifikasi asuransi
    Pada beberapa pasien yang menggunakan fasilitas asuransi untuk perawatan giginya, fotografi dental dapat digunakan sebagai bukti hasil perawatan gigi, sehingga pihak asuransi dapat melakukan verifikasi secara akurat.

Di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dan Purwokerto, peralatan fotografi dental sudah dilengkapi dengan baik, sehingga dapat menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Dokter gigi pasti akan meminta ijin terlebih dahulu jika ingin mengambil foto dari gigi dan mulut pasien.

Jadi, sobat Joy tidak perlu bingung lagi jika dokter gigi di Klinik Gigi Joy Dental mengambil foto gigi dan mulut sobat Joy, ya.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Selamat beraktivitas kembali sobat Joy!

Di Tinjau oleh : Drg. Bonifasius Primario Wicaksono, M.Biotech


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *