Penyebab Gigi Kuning dan Cara Perawatannya

Bagikan artikel ini

Gigi yang kuning merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang sering di keluhkan banyak orang karena dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Ada beberapa faktor penyebab gigi kuning diantaranya terlalu banyak minum soda. terlalu sering minum kopi, merokok, terlalu sering makan atau minuman asam. Menua dan menyikat gigi dengan kekuatan yang terlalu keras.

Veneer Gigi_Bleaching Gigi | penyebab gigi kuning

Kenali penyebab gigi kuning!

Bagaimana cara mencegah agar gigi tidak menguning? Jadi, ada beberapa cara untuk mencegah gigi agar tidak menguning diantaranya rutin sikat gigi minimal 2 kali sehari dengan pasta gigi berbahan fluoride. Pilih sikat gigi dengan bulu yang halus dan lembut. sikat gigi dengan pelan dan tidak terlalu keras dan hindari minum kopi terlalu sering.

Lalu bagaimana jika gigi sudah terlanjur kuning? Apakah bisa diperbaiki? Jawabannya bisa. Ada dua perawatan yang bisa memutihkan gigi yang kuning yaitu dengan cara veneer dan pemutihan gigi atau bleaching. Dua perawatan ini kian popular di kalangan masyarakat karena mampu mengembalikan warna gigi seperti semula bahkan bisa lebih putih.

Perawatan untuk gigi yang kuning.

Veneer adalah prosedur medis untuk memperbaiki bentuk atau ukuran gigi sesuai dengan keinginan pasien. Perawatan ini tidak hanya untuk memperbaiki bentuk atau ukuran gigi veener, namun juga bisa memperbaiki warna gigi. Nah Sobat Joy, ada dua jenis perawatan Veneer ini Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dan Purwokerto lho, yaitu veneer direct dan veneer indirect.

Veneer direct bisa langsung dikerjakan saat itu juga dan bisa selesai dalam satu kali kunjungan. Keuntungan dari veneer direct ini adalah cepat dalam pengerjaannya tetapi setelah beberapa tahun dapat berubah warna sehingga perlu retouching. Sedangkan veneer indirect tidak bisa langsung dikerjakan karena butuh kerjasama dengan lab terlebih dahulu. Keuntungan veneer indirect bisa lebih awet dibandingkan veneer direct tetapi pengerjaannya sedikit lebih lama yaitu 1-2 minggu.

Selanjutnya perawatan memutihkan gigi atau bleaching gigi, bleaching gigi adalah perawatan yang bertujuan untuk memutihkan atau mencerahkan gigi tanpa mengikis permukaan gigi dan tidak mengubah bentuk gigi tetapi warna putih yang dihasilkan tidak permanen, jadi tetap harus retouching setelah beberapa tahun jika warna gigi sudah berubah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal saat bleaching sebaiknya dilakukan pembersihan karang gigi atau scaling terlebih dahulu.

Di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dan Purwokerto. Bleaching sendiri ada beberapa paket yaitu dengan sinar atau tanpa sinar. Bleaching yang menggunakan sinar akan lebih terlihat hasil akhirnya menjadi lebih putih. Kemudian cara menjaga gigi setelah perawatan bleaching diantaranya hindari merokok. Menyikat gigi minimal dua kali sehari terutama malam sebelum tidur, banyak berkumur dan minum air putih. Hindari minum atau makan makanan yang berwarna seperti kopi, teh, soda dan alcohol. Yang terakhir jangan lupa untuk rutin periksa gigi 6 bulan sekali ya, Sobat Joy.

Apabila Sobat Joy memiliki keluhan dan ingin konsultasi dengan dokter gigi. Bisa langsung datang ke Klinik Gigi Joy Dental terdekat yaa.

Kami tunggu kedatangannya.


Ditinjau oleh drg. Bonifasius Primario W., M. Biotech

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk Update informasi. Tips & trik menjaga kesehatan gigi.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *