Ciri-ciri Gigi Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Bagikan artikel ini

Ciri-ciri gigi bermasalahSobat Joy Dental pernah mengalami permasalahan gigi dan mulut.? Seperti gigi berlubang, gigi patah, Gigi terpendam, gusi berdarah dan lain – lain. Pasti diantara Sobat Joy Dental pernah mengalami masalah gigi dan mulut seperti yang sudah disebutkan diatas. Kali ini Joy dental akan memberikan informasi tentang ciri-ciri gigi bermasalah. Dibaca sampai selesai ya sobat joy.

Perlu Sobat Joy Dental ketahui bahwa gigi merupakan bagian dari dalam tubuh manusia yang memiliki struktur padat dan keras untuk mejalankan fungsinya dengan baik. Gigi berfungsi untuk mencerna makanan di mulut. Yaitu untuk mengoyak. mengunyah dan menghaluskan makanan sehingga makanan dapat dicerna dengan mudah dalam pencernaaan manusia. Selain untuk mengunyah dan mencerna makanan, gigi juga memiliki peran sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Oleh sebab itu, Sobat Joy Dental harus merawat gigi dengan baik dan benar.

Gigi yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan beberapa masalah pada gigi. Dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menyatakan bahwa proporsi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit yaitu sebesar 45,3% . sedangkan masalah kesehatan mulut yang mayoritas dialami penduduk Indonesia adalah gusi bengkak atau abses yaitu sebesar 14%.

Adapun ciri-ciri gigi bermasalah dan cara mengatasinya, sebagai berikut:

  1. Bau Mulut

Bau mulut salah satu masalah yang sering dialami kebanyakan orang. Bau mulut bisa disebabkan dari mulut kering, penumpukan bakteri pada gigi, gusi dan lidah, kanker mulut dan penyakit gusi. Cara mengatasinya menggosok gigi minimal 2 kali sehari, menggunakan obat kumur secara rutin, akan tetapi jika bau mulut masih tetap terasa sebaiknya segera konsultasikan ke dokter gigi.

  1. Gigi Kuning

Gigi yang kuning bisa disebabkan dari kerusakan enamel atau email gigi karena menggosok gigi terlalu keras atau dengan teknik yang salah, kebiasaan minum kopi atau teh karena minuman tersebut mengandung zat yang dapat mengubah warna gigi, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan gigi kuning karena dalam rokok terkandung nikotin dan tar yang sangat mudah menempel pada gigi. Cara mengatasinya bisa dengan perawatan bleaching gigi yaitu salah satu perawatan untuk memutihkan atau menaikkan warna gigi dengan bahan kimia tertentu yang diaplikasikan ke permukaan gigi.

  1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah masalah gigi yang paling sering dialami banyak orang. Gigi berlubang disebabkan oleh banyaknya bakteri yang berkembang biak didalam mulut. Bakteri ini menghasilkan asam yang dapat mengikis lapisan gigi sehingga membuat gigi berlubang. Jika gigi berlubang diabaikan maka akan menyebabkan lubang semakin membesar atau semakin dalam sehingga penderita gigi berlubang akan merasakan nyeri pada gigi. Cara mengatasi gigi berlubang bisa dengan tambal gigi dan jika lubang sudah semakin dalam mencapai saraf maka perlu perawatan saluran akar.

  1. Gigi sensitif

Gigi sensitif adalah kondisi dimana gigi muncul rasa ngilu dan rasa nyeri. Gigi sensitif dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang di satu maupun beberapa gigi. Rasa ngilu atau nyeri muncul sebagai respon terhadap sejumlah kondisi seperti makan dan minum yang terlalu panas atau dingin.  Cara mengatasinya pakai pasta gigi khusus untuk gigi sensitif yang mengandung fluoride dan mineral tinggi, hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin dan panas, hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu asam.

Apakah Sobat Joy Dental memiliki keluhan pada gigi dan mulut? Yuk, segera konsultasikan dengan dokter gigi di Joy Dental agar kondisi gigi Sobat Joy Dental dapat diperiksa dan segera dirawat oleh dokter.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk Update informasi. Tips & trik menjaga kesehatan gigi

Ditinjau oleh: drg. Bonifasius Primario Wicaksono, M. Biotech


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *