Menyempurnakan Senyuman

Bagikan artikel ini

Luki Aulia & M Zaid Wahyudi

”Everytime you smile at someone, it is an action of love, a gift to that person, a beautiful thing.” (Mother Teresa) Sebuah senyuman bisa memberi kekuatan dan semangat menjalani hari. Bahkan menyejukkan hati yang tengah galau. Apalagi senyuman yang lebar hingga terlihat susunan gigiIngin Merapikan Gigi Dengan Behel ?... baca selengkapnya... rapi nan sempurna.

Namun, bagi Madame Chan, ia jarang tersenyum lebar. Giginya yang tak sempurna membuatnya kerap menahan senyum dan tawa. Ia pun ekstra hati-hati saat berbicara dengan orang lain.

Gigi palsuBridge: Alternatif Gigi Tiruan Permanen Yang Aman dan Nyaman... baca selengkapnya... saya sering bunyi dan serasa mau lepas tiap kali berbicara,” ungkap Chan, sambil tertawa dan menutupi mulutnya saat ditemui di klinik gigiTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... T32, Singapura, pertengahan Oktober lalu. Gigi palsu yang tak stabil juga membuatnya sulit mengunyah makanan.

Gara-gara gigi, rasa percaya diri Chan hilang dan membuatnya minder bertahun-tahun. Dari konsultasiCrown / Mahkota Gigi... baca selengkapnya... dengan dokter gigiBila Anak (Terpaksa) Pakai Kawat Gigi... baca selengkapnya..., Chan ditawari melakukan implantasi gigi. Biayanya 5.000 dollar Singapura per satu gigi implanDental Implant – Implan Gigi... baca selengkapnya....

Pendiri dan Direktur Klinik Pusat Implantasi Gigi dan Maxillofacial di Hongkong, James Chow, mengatakan, setelah gigi implan terpasang, mayoritas orang lanjut usia yang tak lagi punya gigi bisa mengunyah makanan lebih baik. Mereka juga merasa lebih nyaman. Tak perlu lagi memakai gigi palsu yang goyang di mulut.

”Biasanya berat badan pasien naik setelah dipasang implan karena mereka bisa mengunyah makanan lebih baik,” ujarnya.

Titanium

Implantasi gigi adalah teknik rehabilitasi untuk mengganti gigi yang hilang dengan membuat akar gigiKonsultasi: Bahayakah Membiarkan Gigi Berlubang?... baca selengkapnya... palsu. Akar gigi tiruanBridge: Alternatif Gigi Tiruan Permanen Yang Aman dan Nyaman... baca selengkapnya... ini dibuat dengan menanamkan benda mirip sekrup dari bahan titanium ke dalam gusi.

Titanium dipilih karena logam ini bersifat biokompatibelDental Implant – Implan Gigi... baca selengkapnya... atau bisa diterima tubuh manusia. Jika tidak biokompatibel, benda apa pun yang ditanam dalam tubuh akan terdorong keluar. Penggunaan titanium ini dikenalkan ahli gigi asal Swedia, Per-Ingvar Bránemark, sekitar 40 tahun lalu.

Benda mirip sekrup itu berfungsi sebagai tiang pancang bagi deretan gigi palsu. Bagian bawah implan yang akan menyatu dengan tulang rahang berfungsi sebagai akar gigi. Sementara, bagian atas implan menjadi tempat pemasangan mahkota gigiCrown / Mahkota Gigi... baca selengkapnya... palsu yang terbuat dari porselen.

Koordinator Pendidikan Spesialis Bedah MulutGigi Geraham Bungsu Impaksi... baca selengkapnya... dan Maksilofasial, Fakultas Kedokteran GigiProsedur Pasang Behel Kawat Gigi... baca selengkapnya..., Universitas Indonesia (UI) Corputty Johan EM mengatakan, implan ditanam dalam rahang melalui operasi bedah mulut. Implan dipasang pada rahang yang tak ada lagi giginya.

Pendiri sekaligus Direktur Utama Klinik Gigi T32 Pte Ltd dan International Dental Academy, Wong Keng Mun, mengatakan, implan tak harus ditanam di semua gigi. Satu implan cukup menyangga 2-3 gigi palsu.

Implan gigiBridge: Alternatif Gigi Tiruan Permanen Yang Aman dan Nyaman... baca selengkapnya... cukup dipasang sekali seumur hidup. Sedangkan mahkota giginya harus diganti tiap 2-5 tahun sekali,” ujarnya.

Menurut Corputty, untuk memasang implan, bagian gusi harus diangkat terlebih dahulu dan dikembalikan saat implan sudah dipasang. Proses penyembuhan luka bekas operasi membutuhkan waktu 3-6 bulan.

Pada masa itu, titanium sudah menyatu dengan tulang di sekitarnya sehingga bagian atas implan siap dipasang gigi palsu.

Operasi cepat

Direktur Klinik Divisi Spesialis T32 yang juga pendiri T32 Ang Chee Wan mengatakan, dengan kecanggihan teknologi saat ini, implantasi dapat dilakukan dalam waktu 10-15 menit. Cara ini jauh berbeda dengan kondisi saat terobosan teknik implantasi gigi dimulai tahun 1980-an.

Proses pemulihannya pun kini jauh lebih cepat. Pasien bisa kembali makan normal dua atau tiga hari setelah operasi.

Sekitar 10 tahun lalu, di Hongkong, kata Chow, operasi implantasi gigi harus dilakukan melalui operasi besar bedah mulut.

Kini, untuk memasang satu gigi implan cukup 10 menit bagi pasien yang tulang rahangnya normal. Dalam kasus ekstrem, seperti pasien yang sama sekali tak punya gigi di rahang atasPasang behel hanya 1 rahang saja... baca selengkapnya... dan bawah, operasi butuh waktu 1-3 jam.

”Orang sekarang maunya serba cepat karena tidak punya waktu. Begitu operasi selesai, pasien maunya bisa langsung menggunakan gigi barunya untuk mengunyah,” tambah Chow.

Untuk mendukung operasi pemasangan implan dengan proses penyembuhan yang cepat, Ang menggunakan piranti lunak perencanaan implan SimPlant dan Nobel Clinician terbaru. Selain itu, digunakan CT-scan tipe Cone Beam untuk mendapat gambaran utuh kondisi gigi secara rinci sesuai ukuran sebenarnya dan tingkat akurasi tinggi.

Ada pula piranti virtual treatment planning untuk membuat perencanaan perawatan gigiSakit Gigi dan Gigi Berlubang... baca selengkapnya... dengan panduan visualisasi komputer tiga dimensi. Dengan piranti ini, dokter bisa memperkirakan tindakan apa yang akan dilakukan lebih akurat serta membuat template gigi yang memungkinkan dokter meletakkan implan sesuai lokasi.

Pilihan dokter

Corputty mengakui, proses pemasangan implan dan mahkota gigi dapat dilakukan bersamaan dalam sekali kunjungan ke dokter gigi. Itu memang praktis dan cepat. Dengan sekali datang ke dokter, pasien dengan gigi ompongKelebihan Dan Kekurangan Implan Gigi Dibandingkan Gigi Tiruan Biasa... baca selengkapnya... dapat pulang dengan gigi yang lengkap kembali.

Proses penyembuhan untuk metode pemasangan implan dan mahkota gigi sekaligus ini tetap butuh waktu 3-6 bulan. Jika dalam masa penyembuhan gigi sudah digunakan mengunyah makanan keras, dipastikan membuat gigi goyang dan merusak jaringan sekitar implan.

”Proses operasi untuk menanam implan memang hanya butuh 15-30 menit, penyembuhan lukanya yang lama,” tambahnya.

Oleh karena itu, sejumlah dokter memilih memasang implan dan mahkota gigi dalam waktu berbeda atau dalam dua kali kunjungan ke dokter. Dua operasi terpisah ini dianggap lebih baik karena menunggu menyatunya implan dengan jaringan sekitar dan sembuhnya luka bekas operasi.

”Masing-masing dokter punya pertimbangan sendiri untuk menanam implan dan mahkota gigi pada pasien,” tegasnya.

Waspadai infeksi

Apa pun metode yang dipilih, lanjut Corputty, pasien harus merawat mulutnya tetap bersih. Bagian implan yang muncul pada gusi harus selalu bebas kuman. Jika ada kuman pada implan dan masuk hingga tulang, akan terjadi infeksi.

Infeksi jaringan pendukung sekitar implan lama-lama akan membuat tulang sekitar implan keropos. Akibatnya, implan dan gigi palsu goyang dan copot.

”Kebersihan gigi di sekitar implan harus dijaga dengan baik sehingga tak terjadi penumpukan kotoran yang bisa memicu infeksi,” tegasnya.

Di kota-kota besar di Indonesia, banyak dokter gigi mampu memasang gigi implan. Biayanya rata-rata relatif murah dibandingkan dengan di Singapura, antara Rp 15 juta dan Rp 25 juta per satu gigi.

Konsultasikan kesehatan gigiMENANGANI KALKULUS atau KARANG GIGI... baca selengkapnya... dan mulut seperti Layanan Perawatan OrtodontikHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya..., Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran AkarKonsultasi: Bahayakah Membiarkan Gigi Berlubang?... baca selengkapnya..., Cabut GigiKenapa Gigi Bungsu Harus Di Cabut?... baca selengkapnya..., Tambal GigiGigi Cenut-Cenut Dan Ingin Ditambal... baca selengkapnya..., Pembersihan Karang GigiMENANGANI KALKULUS atau KARANG GIGI... baca selengkapnya..., Tooth Whitening/Bleaching, Pasang BehelHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya... Gigi atau Kawat GigiHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya... untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy DentalSakit Gigi dan Gigi Berlubang... baca selengkapnya... Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti harga gigi palsu di hongkong dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behelGigi Gingsul Di Bagian Atas... baca selengkapnya... gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

4 thoughts on “Menyempurnakan Senyuman

  1. april widodanni

    gigi saya jadi tidak rata seperti dulu karena kecelakaan,patah rahang dan 4 buah gigi copot. saya ingin implan gigi agar trlihat rapi dan lebih PD lagi. mohon sarannya. trimakasih.

    • admin

      Selamat Pagi April, untuk biaya pemasangan Implant sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  2. aan

    Assalamu allaikum wr. wb

    Selamat siang joy dental

    Mau tanya tanya nih soal implan gigi, khusuanya cost biaya implan harga yang ditawarkan berapa yah?

    • admin

      Selamat siang Aan, untuk biaya pemasangan implan sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close