Beranda » Artikel » Daftar Makanan yang Baik untuk Gigi, Pastikan Anda Mengkonsumsinya!

Daftar Makanan yang Baik untuk Gigi, Pastikan Anda Mengkonsumsinya!

Januari 7, 2023

Klinik Gigi Joy Dental, Yogyakarta – Sobat Joy Dental pasti ada yang pernah mengalami sakit gigi ya? Namun dibalik itu semua, ternyata terdapat makanan yang baik untuk gigi lho Sobat Joy. Jadi pastikan Sobat Joy mengkonsumsinya sebagai langkah untuk mencegah gigi rapuh ya.

Coba Sobat Joy ingat-ingat kembali, kalau sudah sakit gigi pasti rasanya jadi tidak nyaman untuk beraktivitas seperti biasanya kan Sobat Joy? Selain itu, sakit gigi juga biasanya membuat kita jadi malas untuk makan sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh menjadi tidak terpenuhi dan daya tahan tubuh terhadap penyakit menjadi menurun. 

Sakit gigi memang tidak menyenangkan, namun sakit gigi ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dicegah lho Sobat Joy Dental. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit gigi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. 

Daftar makanan yang baik untuk gigi, Sumber: kids.grid.id

Daftar makanan yang baik untuk gigi, Sumber: kids.grid.id

Makanan yang Menyehatkan dan Merusak gigi

Pada kesempatan kali ini bukan hanya makanan yang baik untuk kesehatan gigi saja yang akan kita bahas. Melainkan makanan yang dapat merusak gigi pun juga akan kita bahas.

Makanan Penguat Gigi

Lalu sebenarnya apa saja sih makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut itu? Mari simak informasi berikut ini Sobat Joy!

1. Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan gigi dan mulut. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam sayur dan buah yang baik untuk kesehatan gigi antara lain:

  • Vitamin C: Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen yang penting bagi jaringan lunak di dalam mulut seperti gusi dan jaringan pendukung gigi. Sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin C salah satunya adalah jeruk, kiwi, strawberry, brokoli, paprika, dan lain-lain.
  • Vitamin A: Vitamin A berperan dalam pembentukan jaringan epitel yang melindungi gigi dari kerusakan. Sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A diantaranya adalah wortel, tomat, paprika, mangga, dan lain-lain.
  • Kalium: Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga kesehatan gusi. Sayur dan buah yang banyak mengandung kalium adalah pisang, kentang, apel, mangga, dan lain-lain.
  • Serat: Serat dalam sayur dan buah membantu membersihkan sisa makanan dari gigi dan mulut, sehingga mencegah plak dan bakteri yang menyebabkan karies. Semua sayur dan buah mengandung serat, tetapi jumlah serat yang terkandung dalam setiap jenis sayur atau buah berbeda-beda. Contoh sayur dan buah yang kaya akan serat adalah pisang, plum, brokoli, kacang panjang, pir, dan lain-lain.
Mengkonsumsi sayur dan buah, Sumber: dinkes.malangkota.go.id

Mengkonsumsi sayur dan buah, Sumber: dinkes.malangkota.go.id

2. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya baik untuk kesehatan gigi dan mulut karena mengandung beberapa nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan mulut, diantaranya:

  • Kalsium: Kalsium adalah mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan dan perawatan gigi yang sehat. Susu dan produk olahannya mengandung kalsium tinggi, yang dapat membantu dalam pembentukan enamel gigi yang kuat.
  • Vitamin D: Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium yang baik. Susu dan produk olahannya mengandung vitamin D yang membantu dalam penyerapan kalsium.
  • Fosfor: Fosfor adalah mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan dan perawatan gigi yang sehat. Susu dan produk olahannya mengandung fosfor yang tinggi. Fosfor memiliki kegunaan yang hampir sama dengan kalsium yaitu membantu dalam pembentukan enamel gigi yang kuat
  • Protein: Protein penting dalam pembentukan dan perawatan jaringan lunak dan keras dalam mulut.
  • Fluorida: Fluorida adalah mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan dan perawatan gigi yang sehat. Susu dan produk olahannya mengandung fluorida yang membantu dalam pencegahan karies.

Namun, perlu diingat juga bahwa produk olahan susu seperti es krim, keju, dan lain-lain juga mengandung tinggi kadar gula yang dapat menyebabkan karies. Jadi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Mengkonsumsi susu dan produk olahannya, Sumber: grid.id

Mengkonsumsi susu dan produk olahannya, Sumber: grid.id

3. Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut karena mengandung beberapa nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan mulut seperti asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan gusi. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko infeksi gusi. 

Selain itu, ikan juga mengandung protein, vitamin D, fluorida, vitamin A dan kalium yang juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Namun, perlu diingat juga bahwa ikan juga dapat mengandung kadar merkuri yang tinggi. Jadi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, serta pilih jenis ikan yang rendah merkuri.

Mengkonsumsi ikan, Sumber: kepogaul.com

Mengkonsumsi ikan, Sumber: kepogaul.com

4. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan biji-bijian mengandung beberapa nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan mulut seperti serat, vitamin B, mineral, protein, dan antioksidan. 

Namun beberapa biji-bijian seperti gandum dan terigu, memiliki kadar gula tinggi yang tidak baik untuk kesehatan gigi apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Mengkonsumsi biji-bijian, Sumber: review.bukalapak.com

Mengkonsumsi biji-bijian, Sumber: review.bukalapak.com

Makanan Perusak Gigi

Makanan-makanan seperti contoh diatas merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi demi kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Namun, ada juga makanan-makanan yang perlu dihindari agar gigi tetap sehat dan terhindar dari sakit gigi. Makanan-makanan tersebut contohnya antara lain :

1. Makanan Manis

Makanan manis mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menstimulasi pertumbuhan yang berlebihan di gigi dan mulut. Pertumbuhan bakteri yang berlebih nantinya dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan keras gigi atau lebih sering dengan sebutan gigi berlubang. 

Selain jaringan keras pada gigi, pertumbuhan bakteri yang berlebih juga dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak di sekitar gigi seperti peradangan pada gusi dan juga infeksi. Pertumbuhan bakteri yang berlebihan juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada mulut.

Hindari mengkonsumsi makanan manis, Sumber: alodokter.com

Hindari mengkonsumsi makanan manis, Sumber: alodokter.com

2. Makanan yang Asam

Makanan asam harus dihindari demi kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan kandungan asam yang tinggi dapat menyebabkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut, misalnya saja seperti menyebabkan erosi pada gigi. 

Erosi pada gigi merupakan kerusakan pada enamel (lapisan terluar dari gigi) dan juga dentin (lapisan di bawah enamel) yang disebabkan oleh asam. Kerusakan ini nantinya dapat menyebabkan gigi sensitif yang ditandai dengan sering ngilu atau nyeri pada gigi. Pada tahap yang lebih parah, erosi dapat membuat gigi menjadi rapuh dan mudah patah.

Hindari mengkonsumsi makanan asam, Sumber: briliofood.net

Hindari mengkonsumsi makanan asam, Sumber: briliofood.net

3. Makanan yang Terlalu Keras

Makanan yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pada enamel dengan menimbulkan micro crack pada gigi yang dapat melemahkan struktur jaringan gigi. Hal ini nantinya dapat menyebabkan gigi menjadi mudah patah. 

Selain itu gusi dan jaringan ligamen periodontal di sekitar gigi pun juga dapat cedera apabila terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu keras.

Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu keras, Sumber: bolastylo.bolasport.com

Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu keras, Sumber: bolastylo.bolasport.com

4. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol sebaiknya dihindari demi kesehatan gigi dan mulut karena minuman beralkohol dapat menyebabkan keadaan mulut menjadi kering. Mulut yang kering memicu pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi.

Selain itu, minuman beralkohol juga secara langsung dapat merusak enamel jaringan sekitar gigi. Minuman beralkohol juga dapat menyebabkan penurunan kesadaran sehingga seseorang tidak akan merawat gigi dan mulut dengan baik, seperti membersihkan gigi sebelum tidur.

Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, Sumber: id.theasianparent.com

Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, Sumber: id.theasianparent.com

Cara Menguatkan Gigi yang Rapuh

Kalau giginya sudah rapuh, apakah bisa dikuatkan kembali ya? Gigi yang sudah rapuh, ternyata masih bisa dikuatkan lagi dengan cara berikut ini:

  • Menjaga kesehatan mulut. Membersihkan gigi dengan baik setiap hari, menggunakan benang gigi dan sikat gigi yang baik, dan mengunjungi dokter gigi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mencegah kerusakan lebih lanjut.
  • Mengkonsumsi makanan yang baik untuk gigi dan juga menghindari makanan yang tidak baik untuk gigi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Menjaga pola hidup sehat. Menjaga berat badan yang sehat, dan juga menghindari kebiasaan buruk seperti merokok.
  • Menjalani perawatan restoratif jika gigi sudah sangat rapuh. Contoh perawatan restoratif adalah seperti menambalkan gigi ataupun membuatkan mahkota jaket.
  • Menggunakan produk pasta gigi yang mengandung fluoride.

Mencegah sakit gigi ternyata tidak sulit ya, Sobat Joy Dental. Jadi, ayo mulai kebiasaan baik untuk menjaga gigimu ya, karena gigi merupakan aset berharga yang harus kita jaga. Kalau ada masalah dengan gigimu, jangan lupa untuk ke Klinik Gigi Joy Dental!

Penulis : drg. Bagus Darmawan

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram