Gigi anak rapat dan tumpang tindih?

Bagikan artikel ini

TANYA:
Dok, anak saya sejak kecil giginya tuh rapi dan rapat, tapi sejak mulai ganti gigi kok jadi tumpang tindih kenapa ya? Anak saya kurang suka minum susu dan makan makanan berkalsium, apakah itu penyebabnya? (Sri, 28 th)

gigi anak rapat dan tumpang tindih

JAWAB:
Gigi susu rapat
tanpa rongga merupakan tanda pasti bahwa anak memiliki ukuran rahang yang kecil. Gigi dewasa memiliki ukuran yang lebih besar daripada gigi susu. Oleh karena itu sewajarnya perlu ada rongga di antara gigi susu agar kelak ketika digantikan gigi dewasa terdapat ruang yang cukup. Pada anak berusia di bawah 10 tahun, gigi anak rapat atau bahkan gigi anak tumpang tindih merupakan hal yang tidak baik dan merupakan tanda dini kekurangan ruang tumbuh gigi. Pada usia tersebut justru wajar apabila terdapat jarak atau rongga di antara gigi. Kekurangan ruang dapat diatasi dengan membiasakan anak untuk makan makanan yang perlu pengunyahan lebih seperti daging dan sayur. Bisa juga untuk memberikan permen karet yang aman untuk kesehatan gigi, karena ketika makan permen karet, anak-anak akan banyak melakukan gerakan pengunyahan. Gerakan pengunyahan akan memacu pertumbuhan rahang sehingga diharapkan terdapat ruang yang cukup untuk pergantian gigi dewasa. Namun demikian, apabila kekurangan ruang cukup besar yang biasanya ditandai dengan gigi anak maju atau gigi anak berjejal, perlu bantuan lebih dari dokter gigi untuk memacu pertumbuhan rahang dan merapikan gigi. Makanan berkalsium memang berpengaruh terhadap bertumbuhan tulang termasuk pertumbuhan rahang. Namun apabila tidak didukung dengan aktivitas pengunyahan, kalsium tidak dapat dimanfaatkan tubuh untuk pertumbuhan rahang. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kedua hal tersebut: aktivitas fisik dan nutrisi.

Gambar diambil dari:
wardellorthodontics.com/before-after-photos-glen-ellyn/lower-teeth-crowding/0997-2/

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No.21
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No.1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti gigi tumpang tindih, tumpang tindih dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close