Efek Samping Antibiotik Membuat Gigi Berubah Warna?

Bagikan artikel ini

efek samping antibiotik membuat gigi berubah warnaEfek samping antibiotik. Obat-obatan adalah suatu bahan yang dikonsumsi untuk menyembuhkan suatu penyakit atau infeksi pada tubuh, namun seringkali menimbulkan efek samping. Salah satu jenis obat-obatan adalah Antibiotik. Antibiotik bekerja dengan mematikan atau menekan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Obat ini sering dijumpai karena dapat dikonsumsi mulai dari anak hingga dewasa sesuai dosisnya.

Mengutip Jurnal Efek Samping Obat pada Struktur Rongga Mulut, antibiotik dapat menyebabkan perubahan warna gigi secara eksternal, “Diskolorasi tipe ini juga terjadi karena penggunaan antibiotika dalam bentuk sirup, misalnya golongan amoksilin, doksisiklin dan minosiklin. Hal ini terjadi karena antibiotika tersebut dapat menyebabkan presitipasi kromogenik pada pellicle, atau menyebabkan pertumbuhan mikroorganisme kromogenik yang berlebihan”. Diskolorasi jenis ini lebih mudah diatasi, karna dapat hilang jika discaling atau hanya dengan menyikat gigi.

Antibiotik dapat diberikan kepada pasien yang mengalami demam, nyeri otot, peradangan, mual dan muntah, dsb. Salah satu efek samping antibiotik pada kesehatan gigi adalah perubahan warna (diskolorasi) gigi yang dapat terjadi pada permukaan luar gigi (eksternal) maupun di dalam gigi (internal).

Efek samping antibiotik membuat gigi berubah warna secara internal

Selain diskolorasi eksternal, antibiotik juga menyebabkan diskolorasi gigi internal yang bersifat permanen jika dikonsumsi pada anak-anak dalam masa kalsifikasi (pertumbuhan) gigi, serta pada orang dewasa jika dikonsumsi lebih dari 100 mg per hari dalam jangka panjang. Selain pada anak-anak dan orang dewasa, penggunaan antibiotik jenis tetrasiklin dapat menyebabkan diskolorasi gigi pada anak jika dikonsumsi oleh ibunya ketika hamil pada kandungan trimester kedua atau ketiga.

Penggunaan antibiotik harus memperhatikan anjuran dokter. Dokter akan memberikan dosis sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh, serta menjelaskan tentang hal-hal yang harus diperhatikan dan efek samping ketika mengonsumsi antibiotik. Jika diskolorasi eksternal dapat diatasi dengan menyikat atau men-scaling gigi, diskolorasi internal perlu tindakan lebih seperti bleaching gigi. Tentunya, Sobat Joy perlu konsultasi dulu dengan dokter gigi.

Klinik Gigi Joy Dental sebagai klinik gigi profesional di Jogja dan Purwokerto memiliki dokter gigi spesialis konservasi yang akan membantu dalam memecahkan permasalahan kesehatan dan perubahan warna gigi Sobat Joy. Yuk ke Joy Dental!

Ditinjau oleh drg. Diana Anggraini, Sp. Perio

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Sumber:
1.Tinjauan Pustaka Efek Samping Obat pada Struktur Rongga Mulut (http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/Meditek/article/download/205/200/).


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *