Beranda » Artikel » Mengenal Behel Damon yang Canggih dan Minim Rasa Sakit

Mengenal Behel Damon yang Canggih dan Minim Rasa Sakit

April 11, 2022

Pernahkah Anda merasa enggan memasang behel karena takut membayangkan rasa sakit ketika memakai behel? Perasaan tersebut memang sering kali dirasakan oleh banyak orang. Namun sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya saat ini ada jenis behel terbaru yang dinamakan behel damon.

Penggunaan behel atau kawat gigi sebenarnya sudah menjadi hal yang wajar di masyarakat. Behel atau kawat gigi merupakan jenis perawatan ortodonti yang bertujuan untuk memperbaiki letak gigi yang tidak beraturan. Selain itu kawat gigi juga dapat menyesuaikan relasi antara rahang atas dan bawah supaya susunan gigi menjadi rapi.

Dengan begitu nantinya fungsi pengunyahan, fungsi bicara dan estetika menjadi lebih baik. Behel akan bekerja dengan cara memberikan tekanan ke gigi secara perlahan untuk menggerakkan gigi ke posisi idealnya. Jadi sebenarnya penggunaan behel ini bukan hanya untuk memperbaiki penampilan, namun juga penting untuk kesehatan gigi.

Namun tahukah Anda bahwa behel memiliki banyak sekali jenis dengan teknologi yang berbeda-beda? Setiap jenis behel tentu saja memiliki keunggulannya masing-masing.

Contoh sesudah pemakaian behel damon

Apa Itu Behel Damon?

Secara umum, behel dibagi menjadi 2 metode yakni behel konvensional dan behel self ligating.  Jadi behel damon inilah yang masuk ke dalam metode behel self ligating. Menurut American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopedics, behel damon menggunakan teknologi yang bernama self-ligating system bracket.

Sistem tersebut membuat kawat gigi dapat bergerak lebih bebas dalam memperbaiki kondisi gigi. Sistem self ligating ini menggunakan bracket yang tidak memerlukan karet power O untuk menahan butir behel pada tempat nya. Dengan begitu, kawat dapat dengan bebas meluncur melalui slot tanpa terjadi gesekan.

Untuk menahan kawat pada tempat nya, sistem ini menggunakan semacam pintu geser yang sangat kecil. Mekanisme slide unik dalam behel damon ini memungkinkan terjadi nya proses pergerakkan gigi. Dengan begitu ia akan bekerja secara alami tanpa menimbulkan gesekan atau tekanan, sehingga tidak  memunculkan rasa sakit.

Keistimewaan Behel Damon

Ada berbagai keistimewaan dari kawat gigi damon yang membuatnya semakin diminati oleh banyak orang. Supaya semakin lebih yakin lagi memasang kawat gigi jenis ini, Anda perlu mengetahui berbagai keistimewaannya. Berikut keistimewaan dari penggunaan kawat gigi damon yang perlu Anda ketahui.

1. Penggunaannya Tidak Sakit

Sering membayangkan bahwa penggunaan kawat gigi akan terasa menyakitkan? Hal ini merupakan perasaan yang wajar terjadi. Apalagi jika sebelumnya memang Anda belum pernah mengunjungi dokter gigi. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kawat gigi damon memiliki keunggulan yakni penggunaannya yang minim rasa sakit.

Proses perawatan yang tidak menyakitkan ini disebabkan oleh sistem pemasangannya yang tidak membutuhkan karet. Sehingga nantinya tidak akan memberikan tekanan pada gigi Anda. Anda bisa merapikan gigi tanpa merasakan sakit. Bagaimana, menarik bukan?

2. Jumlah Kunjungan Dokter Lebih Sedikit

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki kesibukan yang padat? Atau memang Anda malas untuk selalu bolak-balik ke dokter gigi? Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, pasalnya penggunaan kawat gigi ini tidak memerlukan banyak kunjungan. Jumlah kunjungan dokter yang Anda lakukan akan lebih sedikit ketimbang perawatan konvensional.

Jika pada perawatan konvensional, Anda akan membutuhkan waktu kontrol sekitar 3-4 minggu sekali. Berbeda sekali dengan perawatan behel damon, Anda hanya memerlukan kunjungan 8-10 minggu sekali. Benar-benar sangat memudahkan Anda untuk mengatur jadwal kunjungan bukan?

3. Jangka Waktu Pemakaian Behel Cepat

Meskipun penggunaan kawat gigi dapat membantu untuk merapikan gigi, namun masih banyak yang ragu melakukannya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan banyak yang tidak percaya diri terhadap tampilan yang menggunakan kawat gigi. Selain itu penggunaan yang memakan waktu lama menjadi faktor orang-orang enggan menggunakan kawat gigi.

Namun dengan menggunakan kawat gigi damon, Anda tidak perlu lama dalam penggunaan behel. Jangka waktu pemakaian kawat gigi damon ini jauh lebih cepat 7,2 bulan dibandingkan dengan perawatan menggunakan kawat gigi konvensional.

4. Gigi Tidak Perlu Dicabut

Jika menggunakan proses behel metal, maka beberapa gigi pasien harus dicabut. Hal ini dikarenakan proses behel metal membutuhkan ruangan untuk menggerakkan gigi, jadi diperlukan pencabutan gigi yang masih sehat. Namun jika Anda menggunakan kawat gigi damon, Anda tidak perlu melakukan proses mencabut gigi yang masih sehat.

5. Lebih Mudah Membersihkan Gigi

Pernah membayangkan bagaimana sulitnya membersihkan gigi yang dibehel? Jangan-jangan itulah salah satu faktor Anda enggan di behel? Saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi apabila menggunakan kawat gigi damon.

Anda akan lebih mudah dalam membersihkan gigi apabila menggunakan kawat gigi damon. Hal tersebut disebabkan karena tidak banyak penggunaan kawat dan karet dalam behel damon.

Contoh sesudah pemakaian behel damon

Jenis Behel Damon

Ada berbagai jenis kawat gigi damon yang bisa Anda gunakan. Kami dari Klinik Gigi Joy Dental menyediakan 5 jenis behel damon. Masing-masing pilihan kawat gigi damon tersebut memiliki karakteristiknya sendiri. Mulai dari range harga yang paling murah hingga yang paling mahal. Berikut 5 jenis kawat gigi damon yang tersedia di Klinik Gigi Joy Dental:

  • Jenis Damon 3MX. Pilihan jenis behel self ligating ini cukup banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan harganya yang lebih murah dan terjangkau. Sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran dalam pemasangan kawat gigi.
  • Jenis Damon Smartclip. Jenis kawat gigi damon yang satu ini lebih mudah dibersihkan. Alasannya karena dilengkapi dengan butir behel yang lebih tipis.
  • Jenis Damon Clarity. Jika dilihat dari keestetikannya, jenis kawat gigi damon yang satu ini lebih bagus. Hal ini disebabkan oleh warnanya yang bening.
  • Jenis Damon Quantum. Damon ini menggunakan sistem yang lebih disempurnakan. Selain itu, bentuknya juga lebih kecil daripada damon yang lainnya.
  • Jenis Damon Clear. Damon jenis ini hadir dengan sistem self ligating terbaru. Sehingga membuatnya lebih baik dari segi estetikanya. Bukan hanya itu saja, warnanya yang bening dan nyaris tidak terlihat ini juga menambah keindahannya.

Pasang Behel di Klinik Gigi Joy Dental

Bagaimana, apakah Anda tertarik memasang behel damon? Klinik Gigi Joy Dental hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Anda tidak perlu khawatir dengan jadwal kerja Anda yang padat. Pasalnya kami akan membantu menyamakan jadwal Anda dengan dokter gigi terbaik kami.

Mau tahu berapa harga pasang behel damon? Anda bisa melakukan sesi tanya jawab konsultasi dengan cara menghubungi kami. Namun jika Anda kurang puas melakukan konsultasi via online, maka Anda bisa langsung mengunjungi klinik kami.

Klinik Gigi Joy Dental sudah memiliki 5 klinik yang bisa Anda kunjungi. Pilihlah lokasi klinik kami yang terdekat dari rumah Anda. Untuk peta lokasinya, Anda bisa melihatnya langsung di laman website kami pada bagian “lokasi”.

Jangan sampai ketinggalan! Ikuti berbagai update informasi terbaru seputar tips & trik untuk menjaga kesehatan gigi. Gimana caranya? Mudah kok, Anda bisa langsung mengunjungi Youtube Klinik Gigi Joy Dental. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mengunjungi langsung Instagram kami.

Ditinjau oleh drg. Yenny Maria Sp.Ort

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram