Beranda » Konsultasi » Behel Damon Tidak Perlu Cabut Gigi ?

Behel Damon Tidak Perlu Cabut Gigi ?

Maret 14, 2013

pasien pasang behel damon
Tanya:
Saya mau bertanya kalau memasang kawat gigi/behel damon itu, banyak dokter yg bilang tidak perlu mencabut gigi lagi? dan jika perlu itu hanya untuk kebutuhan estetika paras wajah pasien, ini maksudnya bagaimana ya?

Denny

Jawaban: Dear Denny

Sistem Damon memiliki sistem mekanika yang unik yang dapat memberikan gaya yang ringan (low-force), bekerja sama dengan otot-otot wajah, tulang, dan jaringan.

Low-force ini dapat menghasilkan gaya ekspansi berkekuatan tinggi pada rahang sehingga dapat memberikan ruang pada rahang dan akibatnya akan meminimalkan pencabutan karena biasanya pencabutan pada behel konvesional dilakukan untuk memberikan ruang pada rahang.

Hasil perawatan Damon dengana adanya low-force ini akan menghasilkan lebar rahang yang signifikan, seperti yang dapat dilihat di gambar ini

Pelebaran rahang dengan Damon

sumber : http://www.ormco.com/products/damon/advantages/freedom.php

Jadi pencabutan untuk pasien yang menggunakan behel Damon hanya dilakukan untuk kebutuhan estetika paras wajah pasien.
Keuntungan lainnya adalah waktu perawatan yang lebih cepat serta interval waktu kontrol yang lebih lama, biasanya untuk pasien dengan behel konvensional kontrol setiap 3 minggu sekali tetapi pasien dengan Daman kontrol setiap 8 minggu sekali.

Simulasi lebih jelasnya mengenai behel Damon dapat dililihat di video ini

Damon Bracket System

Terima kasih

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram