Apa yang dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar

Pernahkah sobat joy merasakan sakit gigi? Tapi karena takut ke dokter gigi, malah dibiarkan atau hanya minum obat penghilang rasa sakit saja? Memang pada banyak kasus, lama-lama sakit gigi tersebut akan mereda. Namun, apakah itu berarti giginya sembuh? Tentu saja tidak. Penyebab hilangnya rasa sakit tersebut kemungkinan adalah karena saraf dari gigi tersebut sudah mati akibat infeksi bakteri yang tidak dihentikan. Dengan matinya saraf gigi, tinggal menghitung waktu saja untuk gigi menjadi keropos dan patah karena tidak adanya suplai nutrisi ke gigi tersebut. Gigi kemudian menjadi berubah warna menjadi hitam kebiruan, tidak nyaman bila digunakan mengunyah atau bahkan bisa jadi muncul bengkak pada gusi karena infeksi bakteri yang semakin meluas. Apabila keadaan tersebut sudah terjadi, yang dapat menyelamatkan senyum cantik sobat joy adalah tindakan restorasi gigi dengan melakukan PERAWATAN SALURAN AKAR. Apa itu perawatan saluran akar? Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai perawatan saluran akar secara lebih dalam.

Perawatan saluran akar merupakan salah satu tindakan perawatan endodontik. Perawatan endodontik adalah bagian dari perawatan pulpa (saraf) gigi yang bertujuan menjaga kesehatan pulpa baik keseluruhan maupun sebagian serta menjaga kesehatan jaringan periradikuler (sekitar akar gigi). Dokter yang menanganinya disebut Endodontist, atau dalam bahasa Indonesia disebut Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Keahlian dari dokter spesialis konservasi gigi antara lain penambalan gigi, veneer, perawatan saluran akar, mahkota gigi (crown), dan lain-lain.

Perawatan saluran akar adalah perawatan yang bertujuan untuk meringankan rasa sakit dan mengontrol infeksi dari pulpa dan jaringan periapikal (ujung akar) sekitarnya serta mengembalikan keadaan gigi seperti semula. Secara garis besar, perawatan saluran akar merupakan tindakan yang dilakukan saat infeksi penyebab pembusukan sudah terlanjur mematikan gigi. Tindakan Perawatan Saluran Akar dapat dilakukan pada gigi susu maupun gigi permanen.  Tujuan perawatan saluran akar yaitu membersihkan dan mendisinfeksi area saluran akar sehingga mematikan bakteri penyebab infeksi, menghilangkan jaringan nekrotik (mati), dan membantu proses penyembuhan periapikal (ujung akar).

Perawatan saluran akar dapat dilakukan pada kondisi:

1. Gigi berlubang dengan kelainan jaringan pulpa berupa pulpitis ireversibel (sakit gigi spontan tanpa pemicu), nekrosis pulpa (gigi mati), atau kelainan jaringan periapikal yang ditandai dengan warna gigi menghitam kebiruan yang tanpa atau disertai bengkak (benjolan) pada area gusi.
  2. Gigi tanpa kelainan jaringan pulpa atau jaringan periapikal, tapi memerlukan perawatan endodontik untuk kebutuhan restorasi pasak sebagai rangkaian perawatan pembuatan mahkota jaket.
  3. Gigi yang digunakan untuk menyangga gigi tiruan di beberapa kasus perlu dilakukan perawatan endodontik karena gigi akan di preparasi sedemikian rupa sehingga kemungkinan dapat melibatkan kamar pulpa
  4. Gigi pasca trauma atau kecelakaan yang patah hingga setengah gigi ditandai dengan nyeri hebat dan perdarahan atau gigi pasca trauma yang tidak patah tapi mengalami perubahan warna menjadi hitam kebiruan.

Prosedur Saluran Akar

Perawatan saluran akar meliputi tiga tahap yaitu tahap diagnosis, preparasi dan pengisian (obturasi).

1. Tahap Diagnosis
    Diagnosis adalah kunci untuk perawatan yang benar. Diagnosis meliputi pemeriksaan pasien dan pemeriksaan klinis. Pemeriksaan pasien tidak hanya terbatas pada gigi dan sekitarnya tetapi keadaan umum pasien harus dicermati.
  2. Tahap Preparasi
    Preparasi saluran akar meliputi pembersihan dan pembentukan (biomekanis) saluran akar, kemudian dilanjutkan dengan disinfeksi. Tahap ini bertujuan untuk membersihkan dan membentuk saluran akar guna mempersiapkan pengisian saluran akar dengan bahan dan teknik pengisian yang sesuai.
  3. Tahap Pengisian
    Bagian terakhir dari perawatan saluran akar adalah melakukan pengisian saluran akar. Tujuan pengisian saluran akar yaitu menutup saluran akar secara penuh dengan bahan yang kompatibel, dari kamar pulpa sampai ke apeks. Setelah tahap pengisian selesai maka gigi akan direstorasi (ditambal) dan dikembalikan estetiknya sedemikian rupa seperti bentuk asli gigi.

Pada jaman dahulu ketika dunia kedokteran gigi belum canggih, satu-satunya cara untuk mengobati sakit gigi  adalah dengan pencabutan gigi. Perawatan Saluran Akar ditawarkan sebagai bentuk pengobatan pada tahun 1960-an. Meskipun begitu, biaya perawatan saluran akar tersebut masih mahal dan hanya bisa dijangkau oleh orang-orang yang sangat kaya. Oleh karena itu, kebanyakan orang hanya memiliki satu pilihan yaitu pencabutan gigi ketika mereka menderita sakit gigi. Selama masa itu, sangat biasa jika melihat orang berumur pertengahan tiga puluhan dengan satu set gigi palsu yang disebabkan pencabutan gigi alami mereka, hal itu karena mereka tidak mampu membayar biaya perawatan saluran akar.

Perawatan Saluran Akar merupakan prosedur yang dapat dipilih untuk mempertahankan giginya dari tindakan cabut gigi. Perawatan Saluran Akar membantu sobat joy mencapai kepuasan mengunyah dan dapat mengembalikan senyum yang penuh percaya diri.

Ditinjau Oleh : Drg. Rahma Syarafina Maharani

Sumber : http://www.rootcanaltreatmentsingapore.com/in/artikel/2-what-is-root-canal-treatment-endodontics

Stock, C., Walker, R., Gulabivala, K., 2004, Endodontics, 3rd ed, Mosby, London, h 1-25, 135

Cohen, S., Hargreaves, K. M, 2006, Pathway of The Pulp, 9th ed, Mosby Elsevier, St. Louis, h. 102, 319-321

Rhodes, J. S., 2006, Advanced Endodontics Clinical Retreatment and Surgery, Taylor & Francis Group, London, h. 130

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No.21
(Seberang Samsung Service Center)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No.1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti biaya perawatan saluran akar gigi 2016 dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi

134 thoughts on “Apa yang dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar

1. Chris

Selamat malam dok. mau tanya untuk biaya perawatan saluran akar dan tambal gigi hingga pemasangan crown berapa ya? Terimakasih

• Joy Dental

Selamat Pagi Chris, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

2. Nindi

Apa bisa minta pricelist untuk psa dan tambal gigi? Terimakasih

• Joy Dental

Selamat Pagi Nindi, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

3. eni

Selamat sore,
    Estimasi biaya untuk psa 1 gigi dan tambal 2 gigi depan berapa ya? Serta butuh berapa kali kunjungan?
    Terimakasih

• Joy Dental

Selamat Pagi Eni, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

4. Lusia

Permisi.. Apakah bisa dikirim pricelist untuk PSA dan tambal giginya?

• Joy Dental

Selamat Siang Lusia, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

5. Deviani

Selamat sore, Bolehkah saya bertanya pricelist untuk perawatan saluran akar gigi dan tambal gigi berapa ya? Terima kasih

• Joy Dental

Selamat Siang Deviani, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

• Vins

Selamat siang, saya mau tanya kalau misal ada tumpatan onlay yang lepas terus kan kebuka nah itu untuk perawatannya hanya cukup dipasang ulang atau bagaimana ya? Terus kalau dengan kasus seperti itu apakah termasuk indikasi untuk PSA apa tidak ya, soalnya kata dokter yg sebelumnya perlu tp saya tanya dokter lain tidak perlu gitu. Nah terus indikasi PSA itu seperti apa saja. Sama mau nanya pricelist untuk penumpatan dan PSA. Terimakasih

• Joy Dental

Selamat Siang Vins, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

6. yuanita

Maaf dok, berapa biaya yg dikeluarkan utk PSA dan tmbal gigi di joy dental?

• Joy Dental

Selamat Siang Yuanita, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

• risfa

Selamat sore, untuk biaya perawatan saluran akar dan tambal gigi dan scalling berapa ya? Terima kasih
        apakah ada dokter spesialis konservasi gigi

• Joy Dental

Selamat Pagi Risfa, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

7. Nisa

Untuk biaya PSA dan tambal gigi, kira-kira berapa? Dan PSA sebaiknya dilakukan pada saat kondisi gigi sakit atau menunggu tidak sakit lagi?

• Joy Dental

Selamat Siang Nisa, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

8. Dila

Kak boleh minta dikirim estimasi biaya psa nya? terimakasih