Beranda » Artikel » Apa yang dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar

Apa yang dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar

Juni 26, 2012

Perawatan Saluran Akar. Pernahkah sobat joy merasakan sakit gigi? Tapi karena takut ke dokter gigi, malah dibiarkan atau hanya minum obat penghilang rasa sakit saja? Memang pada banyak kasus, lama-lama sakit gigi tersebut akan mereda. Namun, apakah itu berarti giginya sembuh? Tentu saja tidak. Penyebab hilangnya rasa sakit tersebut kemungkinan adalah karena saraf dari gigi tersebut sudah mati akibat infeksi bakteri yang tidak dihentikan.

Dengan matinya saraf gigi, tinggal menghitung waktu saja untuk gigi menjadi keropos dan patah karena tidak adanya suplai nutrisi ke gigi tersebut. Gigi kemudian menjadi berubah warna menjadi hitam kebiruan, tidak nyaman bila digunakan mengunyah atau bahkan bisa jadi muncul bengkak pada gusi karena infeksi bakteri yang semakin meluas.

Apabila keadaan tersebut sudah terjadi, yang dapat menyelamatkan senyum cantik sobat joy adalah tindakan restorasi gigi dengan melakukan PERAWATAN SALURAN AKAR. Apa itu perawatan saluran akar? Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai perawatan saluran akar secara lebih dalam.

Perawatan pada saluran akar merupakan salah satu tindakan perawatan endodontik. Perawatan endodontik adalah bagian dari perawatan pulpa (saraf) gigi yang bertujuan menjaga kesehatan pulpa baik keseluruhan maupun sebagian serta menjaga kesehatan jaringan periradikuler (sekitar akar gigi).

Dokter yang menanganinya disebut Endodontist, atau dalam bahasa Indonesia disebut Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Keahlian dari dokter spesialis konservasi gigi antara lain penambalan gigi, veneer, perawatan saluran akar, mahkota gigi (crown), dan lain-lain.

Perawatan saluran Akarr dapat dilakukan pada kondisi:

  1. Gigi berlubang dengan kelainan jaringan pulpa berupa pulpitis ireversibel (sakit gigi spontan tanpa pemicu), nekrosis pulpa (gigi mati), atau kelainan jaringan periapikal yang ditandai dengan warna gigi menghitam kebiruan yang tanpa atau disertai bengkak (benjolan) pada area gusi.
  2. Gigi tanpa kelainan jaringan pulpa atau jaringan periapikal, tapi memerlukan perawatan endodontik untuk kebutuhan restorasi pasak sebagai rangkaian perawatan pembuatan mahkota jaket.
  3. Gigi yang digunakan untuk menyangga gigi tiruan di beberapa kasus perlu dilakukan perawatan endodontik karena gigi akan di preparasi sedemikian rupa sehingga kemungkinan dapat melibatkan kamar pulpa
  4. Gigi pasca trauma atau kecelakaan yang patah hingga setengah gigi ditandai dengan nyeri hebat dan perdarahan atau gigi pasca trauma yang tidak patah tapi mengalami perubahan warna menjadi hitam kebiruan.

PSA atau Perawatan saluran akar adalah perawatan yang bertujuan untuk meringankan rasa sakit dan mengontrol infeksi dari pulpa dan jaringan periapikal (ujung akar) sekitarnya serta mengembalikan keadaan gigi seperti semula. Secara garis besar, perawatan saluran akar merupakan tindakan yang dilakukan saat infeksi penyebab pembusukan sudah terlanjur mematikan gigi.

Tindakan Perawatan Saluran Akar dapat dilakukan pada gigi susu maupun gigi permanen.  Tujuan perawatan saluran akar yaitu membersihkan dan mendisinfeksi area saluran akar sehingga mematikan bakteri penyebab infeksi, menghilangkan jaringan nekrotik (mati), dan membantu proses penyembuhan periapikal (ujung akar).

Prosedur Perawatan Saluran Akar

PSA atau Perawatan saluran akar meliputi tiga tahap yaitu tahap diagnosis, preparasi dan pengisian (obturasi).

  1. Tahap Diagnosis
    Diagnosis adalah kunci untuk perawatan yang benar. Diagnosis meliputi pemeriksaan pasien dan pemeriksaan klinis. Pemeriksaan pasien tidak hanya terbatas pada gigi dan sekitarnya tetapi keadaan umum pasien harus dicermati.
  2. Tahap Preparasi
    Preparasi saluran akar meliputi pembersihan dan pembentukan (biomekanis) saluran akar, kemudian dilanjutkan dengan disinfeksi. Tahap ini bertujuan untuk membersihkan dan membentuk saluran akar guna mempersiapkan pengisian saluran akar dengan bahan dan teknik pengisian yang sesuai.
  3. Tahap Pengisian
    Bagian terakhir dari perawatan saluran akar adalah melakukan pengisian saluran akar. Tujuan pengisian saluran akar yaitu menutup saluran akar secara penuh dengan bahan yang kompatibel, dari kamar pulpa sampai ke apeks. Setelah tahap pengisian selesai maka gigi akan direstorasi (ditambal) dan dikembalikan estetiknya sedemikian rupa seperti bentuk asli gigi.

Prosedur Perawatan Saluran Akar

Pada jaman dahulu ketika dunia kedokteran gigi belum canggih, satu-satunya cara untuk mengobati sakit gigi  adalah dengan pencabutan gigi. Perawatan Saluran Akar ditawarkan sebagai bentuk pengobatan pada tahun 1960-an. Meskipun begitu, biaya perawatan saluran akar tersebut masih mahal dan hanya bisa dijangkau oleh orang-orang yang sangat kaya.

Oleh karena itu, kebanyakan orang hanya memiliki satu pilihan yaitu pencabutan gigi ketika mereka menderita sakit gigi. Selama masa itu, sangat biasa jika melihat orang berumur pertengahan tiga puluhan dengan satu set gigi palsu yang disebabkan pencabutan gigi alami mereka, hal itu karena mereka tidak mampu membayar biaya perawatan saluran akar.

Perawatan pada Saluran Akar merupakan prosedur yang dapat dipilih untuk mempertahankan giginya dari tindakan cabut gigi. Perawatan Saluran Akar membantu sobat joy mencapai kepuasan mengunyah dan dapat mengembalikan senyum yang penuh percaya diri.

Ditinjau Oleh : Drg. Rahma Syarafina Maharani

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk Update informasi. Tips & trik menjaga kesehatan gigi

 

Sumber : http://www.rootcanaltreatmentsingapore.com/in/artikel/2-what-is-root-canal-treatment-endodontics

Stock, C., Walker, R., Gulabivala, K., 2004, Endodontics, 3rd ed, Mosby, London, h 1-25, 135

Cohen, S., Hargreaves, K. M, 2006, Pathway of The Pulp, 9th ed, Mosby Elsevier, St. Louis, h. 102, 319-321

Rhodes, J. S., 2006, Advanced Endodontics Clinical Retreatment and Surgery, Taylor & Francis Group, London, h. 130

 

 

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram