Cara Alami Mencegah Gigi berlubang

Bagikan artikel ini

Untuk menjaga kesehatan, ada pepatah yang mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Kesehatan gigiSudahkah Kita Menyikat Gigi dengan Benar?... baca selengkapnya... sangat penting, terutama untuk mencegah gigi berlubangKunyah Permen Karet Perangi Satu Miliar Bakteri... baca selengkapnya.... Selama kita rajin menyikat gigiSikat Gigi Ini Membantu Menjangkau Lebih Dalam Hingga Gigi Bagian Belakang... baca selengkapnya... beberapa kali sehari dan pembersihannya rutin, kita sudah dapat menjaga gigiCara Membersihkan Sikat Gigi... baca selengkapnya... dan gusi sehat.

Menurut beberapa penelitian, perawatan seperti itu kadang-kadang lebih sulit. Terutama bagi mereka yang suka makan mentah, karena mereka lebih beresiko mengalami kerusakan gigi5 Langkah Membersihkan Mulut dan Gigi... baca selengkapnya.... Namun ada beberapa langkah tambahan selain melakukan sikat gigiSudahkah Kita Menyikat Gigi dengan Benar?... baca selengkapnya... beberapa kali sehari, sebagai cara alami untuk mencegah gigi berlubang.

Kerusakan Gigi Berlubang

Kenapa gigi bisa berlubang?

Gigi berlubang adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang merusak gigi. Semua manusia memiliki bakteri dalam mulut mereka, dan juga dapat dengan mudah menumpuk di permukaan gigi, terutama setelah makan. Seiring waktu, jika tidak teratur disikat atau membersihkan gigi4 Tips Pintar untuk Membersihkan Sela-sela Gigi... baca selengkapnya..., bakteri dapat membentuk lapisan tipis pada gigi yang disebut “plakMENANGANI KALKULUS atau KARANG GIGI... baca selengkapnya....” Dan Plak lebih sulit untuk dihilangkan, kecuali dengan alat-alat khsusus untuk gigi.

Plak secara bertahap akan melarutkan mineral pada permukaan gigi, sehingga akan memngakibatkan lubang kecil, dan akan menjadi semakin besar dari waktu kewaktu. Meskipun semua orang berisiko mendapat gigi berlubang, namun beberapa orang memiliki faktor risiko lebih tinggi dari yang lain.

Mereka yang suka permen, dan mereka yang sering makan makanan mentah, mungkin lebih beresiko mendapat gigi berlubang. Makanan yang dapat menempel pada gigi, seperti produk susu, buah-buahan kering, dan kue lebih mungkin akan menyebabkan pembusukan dibandingkan dengan makanan lainnya. Mereka yang gemar minum minuman asam, atau ngemil lebih berisiko, atau orang yang menderita gangguan makan, mulas, atau mulut keringGigi Goyah Disertai Bau Mulut? Waspadai Diabetes Mellitus... baca selengkapnya.... Usia juga berpengaruh terhadap peningkatan resiko, orang yang lebih tua lebih berisiko.

Ketidakseimbangan nutrisi juga dapat merubah proses kimia tubuh yang dapat membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Dr Melvin Page, yang menulis Cure Tooth Decay: “Menyembuhkan dan Mencegah Gigi berlubang dengan Nutrisi”, mencatat bahwa gangguan rasio kalsium dengan fosfor di dalam darah dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Berikut Cara Alami Mencegah Gigi berlubang

Selain menyikat gigi dan flossing secara teratur, ada cara lain untuk menghancurkan plak dan gigi agar tetap aman dari bakteri yang dapat merusak gigi.

1. Hindari gula halus

Makanan yang mengandung gula rafinasi lebih mungkin untuk menciptakan plak gigiAtasi Gusi Berdarah Sejak Dini... baca selengkapnya....

2. Minum teh hijau dan teh hitam

Teh mengurangi dan menekan pambentukan plak dan membantu menekan tingkat jumlah bakteri di dalam mulut.

3. Sikat gigi sebelum sarapan

Bakteri suka beraktifitas di mulut Anda pada malam hari, sehingga menyikat gigi di pagi hari dapat membantu menyingkirkan plak yang lengket. Terutama jika Anda minum jus jeruk atau minuman asam lain di pagi hari, menyikat sebelum makan dapat lebih melindungi gigi Anda.

Makanan asam melemahkan enamel selama setidaknya satu jam setelah konsumsi, sehingga menyikat dalam waktu satu jam setelah makan atau minum makanan asam, benar-benar dapat melemahkan enamel dan menyebabkan kerusakan permanen.

4. Makan-makanan yang sehat bagi gigi

Keju, kacang-kacangan, dan apel dapat membantu memecah plak yang melekat pada gigi Anda. Makanan tinggi serat juga dapat membantu meningkatkan produksi air liur dalam mulut Anda, yang berfungsi sebagai pelindung alami untuk gigi.

5. Mengunyah permen karetKunyah Permen Karet Perangi Satu Miliar Bakteri... baca selengkapnya... bebas gula

Mengunyah permen karet akan menstimulasi mulut untuk memproduksi air liur, dan ini baik untuk gigi Anda. Hal ini akan membantu membersihkan gigi dari partikel sisa makanan setelah makan.

6. Minum minuman berkarbonasi dengan sedotan

Minuman berkarbonasi masih melemahkan enamel. Sebuah studi 2007, menemukan bahwa minuman soda rasa, walaupun bebas gula, namun tetap berpotensi erosif karena sifat asamnya. Menyeruput dengan sedotan akan membantu menjaga asam jauh dari gigi Anda.

7. Minyak bunga matahari

Ini adalah teknik kuno yang membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab gigi berlubang. Cukup kumur mulut Anda dengan minyak bunga matahari selama sekitar 15-20 menit.

8. Minum lebih banyak air

Air tidak hanya membantu membersihkan gigi dari bakteri, serta juga penting untuk memproduksi air liur.

9. Kumur dengan minyak pohon teh

Minyak alami ini memiliki sifat anti-bakteri yang kuat. Encerkan dalam air dan buat kumur sekali atau dua kali sehari.

10. Nutrisi

Pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin A, D, E, dan K dalam diet Anda, serta cukup kalsium, fosfor, magnesium, dan mineral penting lainnya.

Untuk konsultasiKawat Gigi, Antara aksesoris dan kesehatan... baca selengkapnya... gratis, silahkan datang langsung ke Klinik Joy Dental6 Alasan Mengapa Gigi Harus Dicabut... baca selengkapnya... Yogyakarta, sehingga dapat diambil tindakan medis sebagai solusi dari masalah kesehatan gigiKondisi Gigi Cermin Kesehatan Tubuh... baca selengkapnya... dan mulut sesuai dengan keadaan masing-masing penderita yang berbeda satu sama lain.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulutJauhi Kandungan Makanan Ini Agar Gigi dan Mulut Lebih Sehat... baca selengkapnya... seperti Layanan Perawatan OrtodontikKawat Gigi, Antara aksesoris dan kesehatan... baca selengkapnya..., Pembuatan Gigi TiruanInilah Cara Merawat Gigi Palsu... baca selengkapnya..., Perawatan Saluran AkarKonsultasi: Bahayakah Membiarkan Gigi Berlubang?... baca selengkapnya..., Cabut Gigi6 Alasan Mengapa Gigi Harus Dicabut... baca selengkapnya..., Tambal Gigi, Pembersihan Karang GigiProses Gigi Berlubang (Karies)... baca selengkapnya..., Tooth Whitening5 Makanan Enak Yang Bikin Gigi Jadi Kuning... baca selengkapnya.../Bleaching, Pasang BehelKawat Gigi, Antara aksesoris dan kesehatan... baca selengkapnya... Gigi atau Kawat GigiKawat Gigi, Antara aksesoris dan kesehatan... baca selengkapnya... untuk anda dan keluarga anda di Klinik GigiKetika Fobia Gigi datang Menghadang Jalan Anda... baca selengkapnya... Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Bungong Jeumpa)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Bantul
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti cara mencabut gigi berlubang dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulutIngin Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut? Rajin Sikat Gigi Saja Tidak Cukup... baca selengkapnya... serta pemasangan behelKawat Gigi, Antara aksesoris dan kesehatan... baca selengkapnya... gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close