Apa Saja Perawatan Gigi Emergency Saat Pandemi Corona?

Bagikan artikel ini

Selama pandemi virus corona berlangsung, praktek kedokteran gigi banyak yang memilih untuk sementara menutup tempat praktek nya. Hal ini dikarenakan praktek kedokteran gigi sangat erat kaitannya dengan air liur, uap air, gusi, darah serta tindakan yang menghasilkan droplet dan aerosol dimana hal di atas menjadi media penyebaran dari virus corona. Oleh karena itu, PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) menghimbau para dokter gigi di Indonesia untuk tidak melakukan praktik kecuali untuk kasus yang emergency (keadaan darurat). Lalu perawatan apa yang termasuk ke dalam kategori emergency dan yang tidak termasuk emergency?

Kasus atau tindakan perawatan yang termasuk ke dalam kategori emergency:

  1. Trauma benturan pada gigi, tulang rahang dan wajah, serta gigi patah maupun gigi lepas.
    Trauma merupakan kondisi dimana terjadi kerusakan jaringan gigi atau periodontal karena kontak yang keras. Trauma sering terjadi pada kecelakaan, jatuh, terbentur benda keras, atau karena berkelahi. Selain trauma, kejadian di atas juga dapat menyebabkan gigi patah atau lepas. Apabila Sobat Joy mengalami trauma benturan pada gigi, tulang rahang dan wajah, serta gigi patah maupun gigi lepas, maka Sobat Joy bisa segera datang ke klinik gigi Joy Dental untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.
  2. Rasa nyeri di area gigi dan mulut.
    Apabila Sobat Joy merasakan nyeri pada gigi, yang pertama harus dilakukan adalah mengonsumsi obat analgetik (obat yang digunakan sebagai pereda nyeri). Obat yang bisa dikonsumsi oleh sobat Joy Dental adalah parasetamol, asam mefenamat, ibu profen, dan antalgin. Apabila rasa nyeri tak kunjung menghilang setelah mengonsumsi obat-obatan yang telah disebutkan diatas, maka rasa nyeri yang Sobat Joy rasakan masuk ke dalam kasus emergency.
  3. Bengkak area gigi dan mulut
    Bengkak pada area gigi dan mulut biasa ditemukan pada pasien yang mengalami abses gigi (infeksi gigi). Kondisi ini terjadi karena aliran nanah dari gigi menuju gusi terkena infeksi dan akhirnya membengkak. Jika mengalami bengkak pada area gigi dan mulut, Sobat Joy tidak perlu ragu untuk pergi ke klinik gigi Joy Dental karena kondisi di atas merupakan kondisi emergency.
  4. Perdarahan tidak berhenti pada area gigi dan mulut.
    Pendarahan pada area gigi dan mulut bisa disebabkan oleh kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga. Lalu bagaimana jika pendarahan yang Sobat Joy alami tidak dapat dihentikan? Apabila hal itu terjadi, maka Sobat Joy bisa pergi ke klinik gigi Joy Dental untuk ditangani dengan tepat oleh dokter-dokter gigi kami.

Dan berikut ini tindakan perawatan yang tidak termasuk dalam kasus emergency:

  1. Perawatan fungsional estetika
    Apa saja perawatan yang termasuk kedalam perawatan fungsional estetika? Perawatan yang termasuk ke dalam perawatan fungsional estetika adalah pemasangan behel, kontrol behel, veneer, dan bleaching. Jadi, perawatan di atas disarankan untuk diundur terlebih dahulu sampai situasi dan kondisi sudah membaik dan aman untuk melakukan tindakan perawatan tersebut.
  2. Perawatan gigi berlubang tanpa ada keluhan sakit gigi.
    Untuk perawatan gigi berlubang saat ini juga disarankan untuk diundur. Terutama bagi Sobat Joy Dental yang ingin melakukan perawatan gigi berlubang akan tetapi tidak merasakan sakit di sekitar gigi. Hal ini disebabkan, perawatan pada gigi berlubang dokter gigi harus melakukan tindakan bor untuk membuka gigi. Tindakan bor ini menimbulkan aerosol dan memiliki risiko menyebarkan virus corona.
  3. Perawatan pencegahan gigi berlubang seperti aplikasi fluor dan fissure sealant.
    Selain perawatan gigi berlubang, perawatan pencegahan gigi berlubang juga harus ditunda. Contohnya adalah tindakan aplikasi fluor dan fissure sealant.
  4. Pembuatan gigi palsu.
    Menimbang situasi yang saat ini terjadi, pembuatan gigi palsu sebaiknya ditunda terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pembuatan gigi palsu bukan merupakan sesuatu hal yang mendesak dan harus dilakukan secepatnya.
  5. Scaling atau pembersihan karang gigi.
    Banyak dari tindakan kedokteran gigi menghasilkan aerosol. Begitu pula dengan tindakan scalling. Mengingat aerosol merupakan salah satu media dimana virus corona dapat menyebar, tindakan scalling disarankan untuk ditunda terlebih dahulu.

Untuk Sobat Joy Dental yang mempunyai keluhan pada gigi dan termasuk ke dalam kasus emergency seperti di atas, segera reservasikan perawatan Sobat Joy lewat hotline kita di 0851 0655 6688. Sampai jumpa di Klinik Gigi Joy Dental.

Sumber:
Djunarko Ipang, Yosephine. 2011. Swamedikasi Yang Baik Dan Benar. Klaten: PT Intan Sejati.
Krista V Siagian.2016. Kehilangan sebagian gigi pada rongga mulut. Jurnal e-Clinic (eCl). 4 (1).1-6
Tarigan, R. 2013. Karies Gigi Edisi 2. Jakarta: EGC.

Ditinjau oleh : drg. Hardono Jaya Lauson

 

 


Bagikan artikel ini

2 thoughts on “Apa Saja Perawatan Gigi Emergency Saat Pandemi Corona?

  1. Rayen

    Halo doc, bisa minta price list untuk buat gigi palsu,scalling & tambal gigi. Terima Kasih

    • Joy Dental

      Selamat Siang Rayen, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *