Beranda » Artikel » 5 Tanda Gigi Patah dan Cara Mengobatinya

5 Tanda Gigi Patah dan Cara Mengobatinya

November 29, 2021

5 Tanda Gigi Patah dan Cara MengobatinyaKali ini kita akan bahas 5 Tanda Gigi Patah dan Cara Mengobatinya. Tahukah Sobat Joy, gigi merupakan jaringan yang paling keras pada tubuh kita. Gigi terdiri dari 3 lapisan, yaitu lapisan terluar gigi berwarna putih dan keras yang disebut enamel. lapisan dentin yang lebih halus dan berwarna kekuningan, dan lapisan paling dalam disebut dengan jaringan pulpa gigi yang terdiri dari saraf dan pembuluh darah yang berwarna kemerahan. Mengandung saraf gigi serta pembuluh darah.  Meskipun gigi itu keras, gigi juga bisa rusak karena bakteri atau cedera sehingga mengakibatkan gigi gempil atau patah.

Sobat Joy Dental yang mengalami gigi patah tidak merasakan sakit ketika gigi Sobat Joy gempil atau patah. Akan tetapi, lidah dapat merasakan area yang tajam pada gigi yang mengalami patah. Menurut jurnal The National Center for Biotechnology Information tahun 2020, sekitar 31% - 64% penyebab gigi patah yang paling umum terjadi karena jatuh. Kemudian cedera akibat olahraga 40%, kecelakaan karena bersepeda 19%, dan kecelakaan lalu lintas 8%.

Pada banyak kasus, gigi patah menyebabkan rasa sakit datang dan pergi. Gigi yang patah juga tidak selalu menyebabkan rasa sakit tiba-tiba. Jika kerusakan telah menjalar hingga mencapai saraf, Sobat Joy Dental dapat mengalami rasa tidak nyaman sesekali ketika mengunyah makanan atau sensitif terhadap panas dan dingin.

Berikut 5 tanda gigi patah  yang Sobat Joy alami ketika mengalami gigi retak atau patah :

  1. Terasa sakit ketika makan, terutama ketika mengunyah atau menggigit makanan
  2. Gusi membengkak di sekitar gigi yang mengalami keretakan atau patah
  3. Gigi tiba – tiba menjadi sensitif terhadap rasa manis, panas dan dingin
  4. Rasa sakit cenderung datang dan pergi dan terkadang rasa sakit ini juga bisa berlanjut
  5. Rasa tidak nyaman di sekitar gigi dan gusi yang sulit untuk ditentukan titik sumbernya

Biasanya gigi yang mengalami keretakan atau patah bisa ditangani dengan beberapa metode pengobatan.

Metode pengobatan untuk gigi retak atau patah diantaranya :

  1. Penambalan Gigi
    Gigi dengan retakan kecil biasanya hanya memerlukan dental filling untuk memperbaikinya. Untuk gigi di sebelah depan, dokter gigi akan menggunakan resin komposit berwarna seperti gigi asli untuk diperbaiki.
  2. Perawatan Saluran Akar
    Perawatan saluran akar dilakukan ketika retakan pada gigi mencapai bagian pulpa gigi. Prosedur ini meliputi penghilangan saraf dan bagian gigi yang busuk. Kemudian saluran akar dibersihkan dan ditutup. Tujuan perawatan saluran akar selain untuk menghilangkan bagian pulpa yang rusak dan mengembalikan kekuatan gigi. Perawatan saluran akar dapat mencegah kerusakan lebih lanjut serta menyebarnya infeksi yang dapat mengarah pada masalah kesehatan serius.
  3. Veneer Gigi
    Veneer gigi  merupakan prosedur kecantikan yang dilakukan oleh dokter gigi untuk memperbaiki warna, bentuk, dan posisi gigi, serta memperbaiki gigi yang gempil. Veneer gigi terbuat dari suatu lapisan tipis yang dipasang untuk menutupi permukaan depan gigi. Veneer biasanya digunakan untuk memperbaiki gigi yang berubah warna, patah, rusak, tidak sejajar atau tidak rata, tidak teratur bentuknya, atau yang memiliki celah.
  4. Crown Gigi / Mahkota Jaket Gigi
    Crown gigi atau mahkota gigi diperlukan  untuk mengembalikan kekuatan, fungsi dan estetik dari gigi yang bermasalah. Dengan dipasang crown maka bentuk gigi akan menjadi normal kembali seperti sedia kala. Crown gigi bermacam-macan jenisnya tergantung dari bahan yang digunakan. Ada yang terbuat porcelain, porcelain campur logam, akrlik, dll. Crown bisa menjadi menjadi solusi untuk memperbaiki gigi yang patah.

Jika Sobat Joy mengalami salah satu gejala diatas, sebaiknya segera periksakan gigi Sobat Joy ke dokter gigi. Jangan tunda terlalu lama agar tidak timbul masalah kesehatan yang serius.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk Update informasi. Tips & trik menjaga kesehatan gigi

Ditinjau oleh drg. Fertylian Pratama Putra, Sp. Perio

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram