14 Pasta Gigi Dengan Rasa Aneh di Dunia

Bagikan artikel ini

Sobat joy, apa rasa pasta gigi yang ada di rumah kalian? Mungkin sebagian besar akan menjawab rasa mint. Yap, rasa mint adalah rasa paten di sebagian besar produk pasta gigi di dunia. Mengapa? Dilansir dari laman Reader’s Digest, menurut Direktur Colgate Worldwide, Global Flavours and Fragrances, Catalina Lee, ada jawaban simpel di balik pertanyaan tersebut. Orang lebih suka mint daripada bahan lain karena memiliki kandungan tinggi dari bahan aktif utama: menthol. Menthol memiliki kemampuan “menipu” otak, yang mengirimkan sinyal dan menciptakan sensasi seperti ada es di dalam mulut. “Rasanya menyegarkan dan bersih. Itu sebabnya orang lebih suka mint”. Selain itu, rasa mint dapat bertahan lama di mulut kita, yang menimbulkan anggapan bahwa mulut dan napas kita terasa lebih bersih dan segar dalam waktu yang lama.
Selain itu sobat joy, Rasa mint juga merupakan rasa pertama dari pasta gigi yang pertama kali ditemukan di dunia. Sebuah ramuan yang dibuat untuk membantu membersihkan dan menyegarkan gigi pertama kali muncul di Mesir pada abad ke-3000 SM. Masyarakat ketika itu menggunakan campuran garam, lada, daun mint, dan bunga iris sebagai bahan dasarnya. Mereka juga menggunakan bubuk dari abu kuku sapi yang telah dibakar dan juga kulit telur yang telah dibakar. Kedua bahan ini dikombinasikan dan dicampur batu apung. Campuran bahan tersebut hanya dioleskan pada gigi mereka dan diratakan saja, tidak digosok menggunakan sikat gigi, yang memang sudah berkembang di Mesir. Maka tidak heran, dengan sejarah nya yang panjang, menjadikan mint sebagai rasa utama dari pasta gigi.

Inovasi rasa dilakukan oleh berbagai perusahaan pembuat pasta gigi

Seiring berjalan nya waktu, inovasi rasa dilakukan oleh berbagai perusahaan pembuat pasta gigi. Persaingan yang ketat antar produsen menjadikan perusahaan harus selalu aktif menciptakan rasa-rasa baru pada pasta gigi mereka. Saking inovatif nya, pasta gigi yang ditawarkan pun memiliki rasa-rasa yang mungkin akan kita anggap aneh. Mari kita bahas satu persatu :

  1. Pasta gigi rasa Cupcake
    Siapa yang tidak suka makan cupcake? penganan kecil manis yang biasa nya dihias denga aneka warna yang menggemaskan ini, pasti pernah sobat joy makan yaa… Bisakah kamu membayangkan bangun tidur dan menggosok gigi berharap mendapatkan mulut yang segar, tapi justru kamu seperti merasa sudah makan cupcake di dalam mulut mu? sedikit aneh yaa..
    Pasta gigi ini di produksi oleh perusahaan Accoutrements, dari amerika. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1980 ini memproduksi berbagai barang-barang kebutuhan rumah tangga, hobby, mainan, dan lain sebagai nya, salah satu nya pasta gigi cupcake ini. Tidak hanya pasta gigi sobat joy, karena muncul nya banyak peminat baik dewasa maupun anak-anak, Accoutrement juga menyediakan dental floss dengan rasa cupcake sebagai produk dagangan satu set dengan pasta gigi nya.
    Bagaimana? Sobat joy tertarik untuk beli?
  2. Pasta gigi Rasa Cokelat
    11 – 12 dengan rasa cupcake, ada varian manis lain untuk pasta gigi mu. Pasta gigi rasa cokelat. Mungkin pasta gigi ini cocok untuk sobat joy yang sedang diet, yaa.. Daripada makan cokelat dan mengacaukan timbangan, gosok gigi saja banyak-banyak.
    Salah satu perusahaan yang memproduksi pasta gigi rasa cokelat adalah perusahaan unilever filipina. Pasta gigi ini Dipasarakan dengan konsep limited edition. Pasta gigi ini di produksi di pada tahun 2005 dengan nama Closeup Flavalicious.
    Sementara Closeup Flavalicious menyasar konsumen dewasa, Di amerika, Seorang dokter gigi spesialis anak, Janelle Holden, menciptakan pasta gigi rasa Cha Cha Chocolate untuk anak-anak. Tujuan dari perusahaan nya adalah menciptakan pasta gigi yang disukai anak-anak agar membuat anak-anak mau rajin menyikat gigi.
    Tahukah sobat joy, Cokelat yang biasa nya dianggap sebagai biang masalah yang dapat merusak gigi, ternyata baik bagi gigi loh. sebuah studi dari Tulane University menyebutkan, bubuk kakao sebenarnya dapat membantu “mengeraskan enamel gigi, dan membuat pengguna lebih rentan terhadap kerusakan gigi.
    Buat kalian penggemar cokelat, mungkin pasta ini surga bagi kalian yaa…
  3. Pasta Rasa Oreo
    Hampir semua hidangan atau minuman kekinian yang sedang hits pasti ada rasa oreo nya. Buble drink, kopi, pudding, cake, bahkan pizza pun ada yang rasa oreo. Rasa oreo sudah begitu mendunia dan digemari semua orang. Kini pasta gigi pun ada yang rasa oreo sobat joy.
    Untuk mendekatkan dengan pasar sebuah produsen pasta gigi menciptakan pasta gigi dengan rasa cookies istimewa yang identik dengan warna biru tersebut..
    Bagaimana sobat joy tertarik untuk menggosok gigi mu dengan rasa oreo??
  4. Pasta Rasa Puding Labu
    Mungkin Jepang memang pelopor nya pasti gigi rasa yang cukup aneh ya sobat joy. Ada-ada saja yang diciptakan oleh negara yang satu ini.
    Sebuah brand pasta gigi bernama breath palette mengeluarkan varian rasa pasta gigi yang lain daripada yang lain. Salah satu dari 32 varian rasa pasta yang mereka launching adalah pasta gigi dengan rasa puding labu.
    Cinderella naik labu untuk bertemu pangeran, barangkali sobat joy bisa sikat gigi dengan pasta rasa puding labu supaya ga jomblo lagi.
  5. Pasta Rasa Bacon
    Di Indonesia bacon mungkin tidak terlalu populer yaa. Bacon adalah produk daging yang terbuat dari babi, atau lebih tepat nya bagian punggung / pinggang / perut babi yang kemudian diasinkan (curing) atau diasapi (smoking).
    Di Amerika, bacon biasa dimakan untuk sarapan pagi bersama dengan telur dan roti panggang. Bacon juga biasa dikonsumsi sebagai isian berbagai macam roti atau sandwhich, sebagai campuran masakan, atau bisa juga dimakan langsung sebagai cemilan. Banyak sekali cara mengkonsumsi bacon, sehingga bacon merupakan salah satu makanan yang sangat dekat dengan masyarakat disana.
    Saking dekat nya, sebuah perusahaan pembuat pasta gigi di Amerika membuat varian pasta gigi dengan aroma bacon. Salah satu nya adalah perusahaan Accoutrements dari Amerika. Dibanderol dengan harga 31.48 USD, Pasta gigi ini diberi nama Mr. Bacon’s. Tidak hanya pasta gigi, Accoutrements juga menciptakan dental floss dengan rasa yang sama sebagai bagian satu paket dari pasta gigi bacon tersebut.
    Bisakah sobat joy bayangkan, sobat joy sikatan gigi dengan rasa daging. Huuwwmm… bangun tidur langsung lapar seperti nya yaa..
  6. Pasta Rasa Takoyaki
    Sobat joy pasti tau takoyaki kan?? Takoyaki adalah nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai camilan. Buat sobat joy yang suka makan makanan Jepang pasti nggak asing ya dengan rasa snack takoyaki.
    Takoyaki yang biasa sobat joy temukan di stall jajanan di mall atau di pameran ini, kini hadir dalam bentuk pasat gigi juga looh..
    Sebuah perusahaan dari Jepang menciptakan pasta gigi dengan varian rasa takoyaki. Dibanderol dengan harga 380 yen jepang, pasta gigi ini diklaim mampu mencegah gigi berlubang dan menyegarkan mulut, seperti pasta gigi pada umum nya.
    Sesegar apakah mulut sobat joy setelah menyikat gigi dengan pasta rasa takoyaki?? Heuuummh, mungkin sobat joy perlu coba yaa..
  7. Pasta Rasa Terong
    Yang manis manis sudah, yang gurih gurih sudah, kali ini rasa sayur. Yap, ternyata ada loh sobat joy, Pasta gigi rasa terong. Pasta gigi rasa terong ini diperuntukkan bagi konsumen vegetarian.
    Salah satu perusahaan pasta gigi asal jepang Dentrifice, menciptakan pasta gigi yang diberi nama Jet Black Eggplant. Selain berisi terong, komposisi pasta gigi ini juga arang hitam, terong dan garam. Hahaha.. bagaimana sobat joy, bisa dibayangkan yaa rasa nya. Pasta gigi Sayur terong asin warna hitam dengan aroma angus-angus gimana gitu yaa..
    Pasta gigi terong ini diklaim mampu menguatkan gusi dan gigi, membantu mencegah gigi berlubang dan mampu menyegarkan mulut serta membuat gigi bersih dan terasa lembut.
    Tapi hati-hati ya sobat kalau mau coba pasta gigi ini, karena pasta gigi yang berwarna hitam ini akan meninggalkan noda di pakaian kalian.
  8. Pasta Rasa Garam
    Lagi-lagi negara jepang yaa sobat joy. Mungkin warga negara sana sangat kreatif dengan ide-ide anti mainstream yang tidak ada henti nya. Sehingga banyak produk-produk inovatif yang mereka ciptakan. Binotomo Dental Pasty Cream, adalah sebuah pasta gigi dengan rasa garam alias asin sobat joy. Meskipun namanya sedikit aneh, namun pasta gigi ini hanya terdiri dari kandungan garam yang sama sekali tidak mengandung pengawet atau pewarna buatan. Terbuat dari garam alami, pasta gigi ini di klaim mampu membersihkan gigi secara alami.
    Sobat joy, bukan hanya di jepang saja looh yang membuat pasta gigi rasa garam. Sebuah perusahaan produsen pasta gigi di inggris, Weleda, juga menciptakan sebuah pasta gigi dengan rasa garam, beda nya, mereka menggunakan garam laut sobat joy. Weleda mengklaim bahwa garam laut mampu meningkatkan produksi ludah yang sangat baik bagi kesehatan mulut, dan bersifat micro-abrasive sehingga dapat menghilangkan noda dan plak pada gigi. Walaupun mungkin terdengar aneh, tapi pasta gigi asin ini diterima dengan cukup baik di inggris looh sobat joy.
    Sobat joy tertarik untuk membeli?? Silahkan pesan di inggris atau jepang yaa??
  9. Pasta Rasa Wasabi
    Bagi penggemar sushi, wasabi pasti sudah tidak asing lagi. Dikutip dari wikipedia, wasabi adalah tanaman asli Jepang dari suku kubis-kubisan. Parutan rimpang (rizoma) yang juga disebut wasabi, dimakan sebagai penyedap masakan Jepang, seperti sashimi, sushi, soba, dan ochazuke. Daun, tangkai, dan rizoma memiliki aroma harum, sekaligus rasa tajam menyengat hingga ke hidung seperti mustar, tetapi bukan pedas di lidah seperti cabai.
    Menurut penelitian, unsur kimia yang menjadikan wasabi memiliki rasa menyengat (pedas) adalah isotiosianat. Senyawa ini bersifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri. Di tahun 2001, seorang peneliti dari jepang menemukan bahwa wasabi dapat mencegah gigi berlubang. Pasta gigi dengan rasa wasabi juga diklaim mampu menyegarkan dan menghilangkan bau mulut.
    Itulah alasan mengapa kemudian beberapa perusahaan menciptakan pasta gigi dengan rasa wasabi. Tidak hanya di jepang saja. Bahkan di Amerika, produsen pasta gigi yang cukup terkenal, Accoutrements, juga menjual pasta gigi dengan rasa pedas menyengat ini. Sobat joy, bisa kebayang ga tuh pedes nya gosok gigi pakai wasabi.
  10. Pasta Rasa daun basil
    Bagi sobat joy yang sering memasak makanan eropa mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun basil yaa. Daun basil adalah tanaman herbal yang tumbuh di Asia dan Afrika. Daun basil memiliki nama Latin Ocimum basilicum dan masih satu keluarga dengan daun mint dan daun kemangi. Biasanya daun basil ini digunakan untuk penambah rasa pada pasta, berbagai olahan ikan, atau salad. Basil mengandung banyak sekali nutrisi seperti : Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Kalsium, Iron, Mangan, Kalsium, Potasium.
    Buat sobat joy yang belum familiar dengan basil, Daun bumbu yang satu ini memiliki aroma yang nyaris mirip dengan daun kemangi. Bentuknya pun mirip, meskipun teksturnya lebih tebal daripada daun kemangi dan ukuran daun basil lebih besar dibandingkan dengan kemangi. Di beberapa negara, basil juga banyak digunakan sebagai bahan herbal yang baik untuk kesehatan.
    Ekstrak daun basil diklaim memliki beberapa kelebihan antara lain:
    – Melembabkan mulut yang kering
    – Baik untuk gigi sensitif
    – Menyegarkan mulut
    – Menjaga kesehatan gusi
    – Mengurangi plak pada gigi
    – Mengurangi karang pada gigi
    – Mengurangi noda pada gigi menjadikan ya terlihat putih alami
    Dengan segudang kebaikan nya, maka tidak heran beberapa perusahaan produsen pasta gigi di berbaagai negara membuat pasta gigi dengan aroma daun basil ini.Salah satu yang cukup terkenal adalah Dabur Herbal Toothpaste Imperial Basil, dari India. Produk ini sudah di ekspor hingga ke amerika dan eropa looh sobat joy.
    Tapi walaupun memiliki segudang kebaikan, tapi tetap saja aneh yaaa menyikat pasta gigi dengan rasa herbal seperti daun basil ini.
  11. Pasta Rasa kari
    Kali ini sobat joy, bukan hanya sayur atau garam nya saja, kali ini dalah pasta gigi rasa masakan yang lengkap isi sayur dan aneka bumbu. Yap, pasta rasa kari.
    Kari atau yang dikenal di Indonesia sebagai kare adalah nama untuk berbagai jenis hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai cita rasa tajam dan pedas. Kari berasal Asia Selatan, terutama dari India yang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.
    Perusahaan Breath Palette dari jepang menciptakan pasta gigi dengan rasa kari yang unik dan beda dari yang lain. Pasta gigi ini terbuat dari xyitol dan bebas alkohol serta di klaim dapat menyehatkan gigi dan membuat mulut menjadi segar.
    Naah.. sobat joy, seberapa segarkah mulut kamu apabila sikat gigi dengan sayur kari?? Kayaknya kalau lagi mau makan kari tapi nggak sempat beli atau membuatnya, tak perlu repot lagi ya, cukup sikat gigi saja.
  12. Pasta Rasa Arang Bambu
    Walaupun terdengar aneh, Sejak dulu, arang aktif dipercaya mampu mengatasi gejala keracunan. Bahkan, arang aktif juga kerap dijadikan obat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan dan kecantikan. Namun, arang yang dimaksud di sini bukanlah arang yang digunakan untuk membuat Bara api, melainkan karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami ya sobat joy. Salah satu nya adalah arang bambu.
    Meski baru populer sekarang, rupanya arang bambu sudah lama digunakan lo sobat joy. Di China, arang bambu sudah digunakan sejak zaman pemerintahan Dinasti Ming pada tahun 1486. Arang bambu disebut sebagai Takesumi oleh penduduk Jepang dan sering dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan. Arang bambu secara alami mengandung anti-bakteri, anti-jamur, kalium, magnesium, sodium, dan kalsium.
    Akhir-akhir ini, banyak produk pasta gigi menggunakan kandungan arang aktif. Pasta yang berwarna hitam ini memiliki banyak kelebihan, antara lain :
    – Mampu membuat gigi lebih putih dan menghilangkan noda kuning dan Plak pada gigi secara efektif akibat kopi, teh, rokok, tobaco, cola, wine, makanan, jarang sikat gigi, dsb (extrinsic tooth stain / discoloration)
    – Baik untuk gigi sensitif
    – Aman dan tanpa efek samping
    – Mampu Mendetox mulut dan gigi
    – Mengandung anti bakteri sehingga dapat mencegah gigi berlubang
    Setahun belakang, banyak sekali bermunculan produk pasta gigi yang mengandung arang bambu.
    Di indonesia pun sudah ada loo sobat joy. Tertarik untuk membeli??
  13. Pasta Rasa Kopi
    konsumsi kopi sangat tinggi di seluruh dunia. Bahkan bagi sebagian orang, mereka tidak sanggup memulai hari tanpa meminum kopi. Sayang nya, Kopi sering sekali disebutkan sebagai biang kerok yang membuat gigi menjadi bernoda. Banyak penelitian menyatakan, meminum kopi hanya dapat membuat warna gigi sobat joy menjadi kusam atau kuning. Perubahan warna gigi itu terjadi karena kandungan kafein pada kopi yang menempel di lapisan luar gigi.
    Akan tetapi, penelitian lain dari Universitas Boston menemukan bahwa minum kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan gigi. Menurut penelitian ini, minum kopi justru dapat membantu melindungi sobat joy dari penyakit periodontal seperti peradangan gusi dan tulang rahang.
    Berdasarkan hasil survei terhadap 1.000 pria berusia hingga 30 tahun, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang minum satu cangkir kopi atau lebih setiap harinya, lebih sedikit mengalami gangguan pada gigi, seperti penyakit periodontal. peneliti tersebut menemukan bahwa meminum kopi bisa menghentikan perkembangan bakteri-mengumpul di gigi. Mereka meyakini, kandungan antioksidan dalam kopi dapat mencegah penumpukan plak pada permukaan gigi. Peneliti tersebut juga menyebutkan, walaupun meminum kopi dapat membuat gigi menguning, sobat joy tak perlu kuatir. Cukup dengan menyikat gigi setelah minum kopi, maka kopi tidak akan membuat gigi sobat joy menguning, justru gigi dapat menjadi sehat. Seperti diungkap oleh ketua peneliti Raul Garcia, D.M.D., bahwa antioksidan dalam kopi kemungkinan meredam proses peradangan yang bisa merusak gusi dan tulang rahang.
    Tapi sedih yaa sobat joy, kenikmatan kopi yang kita sukai langsung hilang karena harus segera sikat gigi setelah minum kopi. Eiiitts.. tunggu dulu. Sebuah perusahaan pasta gigi di amerika memproduksi pasta gigi dengan rasa kopi, tepat nya kopi arab. Pasta gigi ini diklaim mampu menyegarkan nafas, menutrisi gusi, membersihkan noda pada gigi, dan juga mampu menjaga kesehatan gigi. Lengkap yaa sobat joy.
    Bagi pecinta kopi, ini mugkin kabar gembira yaa. sekarang mereka tidak hanya dapat mengkonsumsi kopi saja, tapi juga menyikat gigi menggunakan aroma kopi.
  14. Pasta Rasa Whiskey
    Pasta gigi rasa minuman keras Whiskey? Waw, mungkin ini yang paling aneh diantara semua nya yaa. Biasa nya kita gosok gigi untuk hilangin bau sisa alkohol di mulut gitu yaaa, kalau ini, sengaja sikatan gigi dengan aroma whiskey, supaya bau ntetap bertahan lama, dan apalagi, pasta ini mengandung alkohol juga. Naaaah… aneh nya maksimal yaaa….
    Buat sobat joy yang belum tahu, Whisky adalah minuman beralkohol yang dibuat melalui fermentasi Serealia yang dibuat dengan proses Mashing (dihaluskan, di campur air serta dipanaskan) dan hasilnya akan di proses kembali melalui proses distilasi sebelum di matangkan di tong kecil yang terbuat dari kayu ek.
    Di luar negeri, whiskey merupakan salah satu jenis minuman keras yang cukup digemari. Di negara Amerika dan eropa, whiskey begitu dekat dengan masyarakat, sebagai teman nongkrong dan hangout bersama teman-teman ataupun sebagai minuman pendamping di kala meeting bersama rekan kerja atau partner usaha. Whiskey dipercaya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu loh sobat joy.
    Amerika, sebagai salah satu negara pembuat whiskey terbaik di dunia, menciptakan terobosan baru dalam mengembangkan produk whiskey. Yap, pasta gigi dengan aroma whiskey. Pada tahun 1954, Dr. Don Poynter menciptakan pasta gigi aneh yang mengandung sejumlah kecil Scotch, Bourbon, Rye, dan juga mengandung 3% alkohol. Produk tersebut memperoleh perhatian media yang begitu besar. Bahkan majalah Life membuat kisah khusus tentang penemuan Dr. Don Poynter tersebut. Begitu terkenal nya, hingga kemudian banyak perusahaan lain mengikuti ide nya tersebut.
    Tujuan pembuatannya adalah agar orang bisa tidur dengan rasa minuman favorit mereka, cukup unik yaa sobat joy. Walaupun pada saat ini pasta gigi ini sudah tidak di produksi lagi, tetapi pada masa nya, pasta gigi whiskey merupakan sebuah trend yang cukup populer looh sobat joy.

Naaaaah…. itu dia sobat joy beraneka macam pasta gigi dengan rasa yang ajaib. Kira2 sobat joy mau coba yang mana? Apapun rasa nya, jangan lupa untuk rajin gosok gigi ya sobat joy. Supaya gigi kamu tetap sehat dan bersih.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *