Gejala, Penyebab Dan Pencegahan Gigi Berlubang

Gigi berlubangPenambalan Gigi... baca selengkapnya... merupakan salah satu gangguan gigi yang banyak dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Oleh karena itu, pemeriksaan gigi perlu dilakukan secara rutin, karena umumnya gigi berlubang tidak menimbulkan rasa nyeri di awal sehingga sulit di deteksi. Untuk ibu hamil atau anak-anak yang mengalami gigi berlubang lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter gigiPembersihan Karang Gigi (Langkah Pertama Mengatasi Gusi Berdarah)... baca selengkapnya..., karena pengobatan dan pencegahannya dapat berbeda.

gejala penyebab dan pencegahan gigi berlubang

Gejala munculnya gigi berlubang
Gejala yang muncul pada setiap orang dapat berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan dan lokasi lubang pada gigi. Saat lubang masih berukuran kecil dan baru terbentuk, gejala mungkin tidak muncul atau tidak terasa. Namun, ketika kondisi sudah semakin memburuk, gejala yang akan timbul antara lain sebagai berikut:

• Sakit gigiHubungan Sakit Gigi dan Diabetes... baca selengkapnya..., terutama saat mengigit atau ketika gigi ditekan
  • Gigi menjadi sensitif
  • Nyeri saat mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, dingin atau panas. Atau nyeri pada gigi yang terjadi secara spontan tanpa penyebab yang jelas
  • Terdapat lubang yang terlihat jelas pada gigi,
  • Terdapat bagian gigi yang berubah warna menjadi putih, cokelat, atau hitam

Penyebab gigi berlubang
Gigi berlubang umumnya diawali oleh adanya plakPembersihan Plak dan Karang Gigi... baca selengkapnya... pada mulut. Plak berasal dari sisa makananPengertian Karang Gigi /CALCULUS... baca selengkapnya... yang mengandung gula, seperti roti, sereal, susu, minuman ringan, buah, kue, atau permen, yang kemudian diubah oleh bakteri alami dalam mulut menjadi asam. Kombinasi antara bakteri, asam, sisa makanan yang ada di mulut, dan air liur, akan membentuk plak yang melekat pada gigi. Asam yang terdapat dalam plak secara perlahan mengikis lapisan-lapisan gigi, hingga membentuk lubang pada gigi.

bakteri dan gula penyebab gigi berlubang

Selain itu, gigi berlubang juga dapat dipicu oleh beberapa faktor lain seperti:

Pencegahan Gigi berlubang

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gigi berlubang adalah:

Lakukan pemeriksaan rutin ke Klinik GigiTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... Joy DentalPenambalan Gigi... baca selengkapnya... setidaknya 6 bulan sekali, untuk mengetahui kondisi kesehatan gigiPemutihan Gigi, Adakah Efek Sampingnya?... baca selengkapnya.... Hal ini akan mempermudah pengobatan jika gigi mengalami gangguan dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

sumber : klikdokter.com/penyakit/gigi-berlubang