Tips Memilih Pasta Gigi Yang Tepat Untuk Kesehatan Gigi

Bagikan artikel ini

Tips Memilih Pasta Gigi Yang Tepat Untuk Kesehatan GigiMenyikat gigi merupakan salah satu rutinitas penting yang selalu dilakukan untuk membersihkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan. Fungsi pasta gigi yang digunakan pada saat menggosok gigi adalah untuk membantu menghilangkan plak, memoles permukaan gigi, memperkuat gigi, menghilangkan atau mengurangi bau mulut, memberikan rasa segar pada mulut serta memelihara kesehatan gusi. (Sukanto, 2015, Jurnal Unej Vol. 9 No. 2 2012: 104-109, hal.). Dalam artikel kali ini Joy Dental akan membahas tentang tips memilih pasta gigi yang baik.

Pemilihan pasta gigi yang benar, dapat menunjang kebersihan dan kesehatan gigi lebih optimal. Oleh karena itu, jangan sepelekan dalam memilih pasta gigi yang tepat ya, sobat Joy.

Simak yuk apa saja tips memilih pasta gigi yang tepat berikut ini:

  1. Perhatikan kandungan bahan aktif

Pasta gigi yang tersedia hampir semua mengandung lebih dari satu bahan aktif. Umumnya pasta gigi yang beredar di pasaran saat ini adalah kombinasi dari bahan abrasif, deterjen dan satu atau lebih bahan terapeutik

  • Abrasif berfungsi untuk mengangkat noda ataupun kotoran di gigi
  • Bahan terapeutik yaitu fluoride, bahan desensitisasi, bahan anti-tartar dan bahan antimikroba
  • Mengandung yaitu bahan aktif yang dapat menghasilkan busa pada saat menggosok gigi

(Sukanto, 2015, Jurnal Unej Vol. 9 No. 2 2012: 104-109, hal.2)

  1. Memiliki kandungan pengontrol Tartar

Tartar atau karang gigi merupakan plak yang menumpuk pada sela-sela gigi. Karang gigi terbentuk karena kandungan garam pada air liur yang bersifat basa terkontaminasi oleh sisa makanan yang bersifat asam. (tribunnews.com)

Kandungan pengontrol tartar berfungsi untuk mencegah terbentuknya karang gigi sehingga gigi akan selalu bersih. Kandungan pengontrol tartar biasa dituliskan dengan nama pirofosfat, zinc citrate, dan triclosan.

  1. Memiliki kandungan Fluoride yang sesuai

Fluoride merupakan kandungan bahan terpenting yang harus ada di dalam pasta gigi karena berperan dalam mencegah gigi berlubang dan mencegah kerusakan gigi lainnya.

Fluoride berkerja dengan dua cara. Pertama, fluoride akan memperkuat enamel dan menurunkan kemungkinan terjadinya kerusakan gigi akibat asam. Kedua, fluoride dapat memperbaiki kerusakan tahap awal akibat asam dengan melapisi kembali daerah yang sudah membusuk. (www.honestdocs.id)

  1. Pilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan

Pertimbangkan kriteria pemilihan pasta gigi yang diperlukan dari memilih produk yang sesuai usia (anak atau dewasa), variasi produk pasta gigi yang terdapat di pasaran dan efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan pasta gigi tersebut. Jadi cermatlah dalam membaca label dan sertifikasi yang tertera pada kemasan ya.

Nah, sekarang sobat Joy sudah tau kan cara memilih pasta gigi yang tepat untuk digunakan sehari-hari. Jangan lupa untuk rutin periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali supaya permasalahan gigi sekecil mungkin segera teratasi ya J

Ditinjau oleh : drg. Bonifasius Primario W., M. Biotech

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Sumber:


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *