Terapi Rumahan untuk Sakit Gigi Ringan

Bagikan artikel ini

Sakit gigi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... ada yang berjenis ringan sampai sedang atau bahkan nyeri berat yang dirasakan di sekitar gigi atau rahang. Sakit gigi terjadi ketika wilayah tengah dari gigi disebut pulp meradang, berlubang atau terjadi iritasi karena memiliki banyak ujung saraf yang sangat sensitif terhadap rasa sakit.

Terapi Rumahan Sakit Gigi

Beberapa alasan untuk peradangan pulpa adalah: gigi retak, gigi berlubangMenjaga Kesehatan Gigi Anak Itu Penting Loh... baca selengkapnya..., penyakit pada gusi, gangguan sendi rahang, gangguan pada rongga dalam gigi, gigi berlubang yang membusuk, dan sebagainya. Jika Anda menghadapi masalah gigiGula Vs Gigi Berlubang... baca selengkapnya... dari yang ringan sampai sedang, maka ada Anda dapat mencoba terapi rumah yang akan berguna untuk meredakan rasa sakit atau peradangan karena sakit gigi.

Berikut adalah Terapi Rumahan untuk Sakit Gigi Ringan yang dapat digunakan dengan mudah.

1. Cengkeh

Salah satu pengobatan rumah yang paling dikenal untuk sakit gigi ringan atau sedang adalah cengkeh. Cengkeh memiliki sifat anti – inflamasi, anti – bakteri dan bersifat anestesi yang membantu mengurangi sakit gigi.

Jika Anda merasa sakit gigi ringan, cukup celupkan kapas dalam minyak cengkeh dan aplikasikan secara langsung pada gigi yang sedang sakit. Anda juga dapat mencampur minyak cengkeh dalam segelas air dan berkumurlah. Haluskan beberapa cengkeh untuk membuatnya menjadi bubuk halus dan kemudian campurkan dengan sedikit minyak goreng dan terapkan langsung ke gigi yang meradang.

2. Cuka Apel

Rendam bola kapas dalam cuka sari apel. Terapkan pada daerah gigi yang sedang sakit dan tahan di sana selama beberapa menit untuk meringankan rasa sakit.

3. Tea Tree Oil

Celupkan bola kapas dalam minyak pohon teh dan terapkan ke daerah yang sakit di mulut Anda. Anda juga dapat berkumurBerkumur dengan Minyak Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi?... baca selengkapnya... dengan air garam hangat yang dicampur dengan beberapa tetes minyak pohon teh untuk hasil instan .

4. Bawang putih

Bawang putih adalah warisan ramuan untuk sakit gigi dan nyeri gigi. Bawang putih bersifat antibiotik dan membantu mengurangi rasa nyeri akibat infeksi4 Tipe yang Tak Boleh Sembarangan Cabut Gigi... baca selengkapnya... bakteri. Hancurkan tiga sampai empat siung bawang putih dan tambahkan garam lalu oleskan campuran ini pada gigi yang sedang sakit. Anda juga dapat mengunyah dua siung bawang putih untuk membantu mengurangi sakit gigi.

5. Es Batu

Es batu akan membantu dalam mengurangi sakit gigi. Tempatkan es batu dalam kantong plastik lalu bungkus dengan kain. Gunakan untuk mengompres pipi di daerah yang terasa sakit, untuk mematikan saraf. Lakukan selama beberapa menit.

6 . Bawang Merah

Bawang merah dikenal bersifat antiseptik5 Langkah Membersihkan Mulut dan Gigi... baca selengkapnya... dan antimikroba, sehingga efektif dalam mengurangi sakit gigi. Kunyah bawang merah mentah selama beberapa menit sehingga sarinya bereaksi dengan gigi yang sedang sakit. Anda juga dapat menempatkan bawang merah mentah pada gigi yang terinfeksi selama beberapa menit untuk mengurangi rasa sakitnya.

7. Air Garam

Pengobatan yang efektif untuk sakit gigi adalah air asin. Berkumurlah dengan segelas air hangat dicampur dengan satu sendok teh garam untuk meringankan rasa sakit. Larutan garam akan mengurangi pembengkakan saraf di mulut Anda. Air garam juga membantu mengurangi rasa sakit.

8. Daun jambu biji

Jika Anda menderita sakit gigi, kunyah satu atau dua daun daun jambu biji segar sampai sari dari daun mulai bekerja pada gigi yang sedang sakit. Anda juga dapat membuat rambuan air ditambah dua sampai tiga daun jambu biji, kemudian rebus air ini. Selagi masih hangat, gunakan sebagai obat kumurObat Kumur dan Pengusir Bau Mulut Buatan Sendiri... baca selengkapnya... dengan menambahkan satu sendok teh garam ke dalam air ini. Ini akan membantu dalam mengurangi sakit gigi.

9. Wheatgrass Juice

Jus Wheatgrass baik dikenal karena memiliki sifat antibakteri sehingga efektif untuk sakit gigi. Gunakan air dan ekstrak wheatgrass sebagai obat kumur dua sampai tiga kali sehari untuk mengurangi sakit gigi. Untuk hasil instan, Anda dapat mengunyah wheatgrass, sehingga sarinya cepat bereaksi dengan gigi yang sedang sakit. Cara ini akan mengeluarkan racun dari gusi dan juga akan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

10. Garam & Merica

Ambil jumlah perbandingan yang sama dari lada hitam bubuk dan garam. Campurkan mereka untuk membuat pasta halus dengan menambahkan beberapa tetes air. Oleskan pasta ini langsung ke daerah yang sedang sakit. Ulangi proses ini dua kali sehari selama beberapa hari untuk meredakan rasa sakit.

11. Siwak

Kunyahlah ranting kayu siwak yang telah dimemarkan. Mengunyah siwak akan meredakan sakit gigi. Ini adalah pengobatan herbal dari jaman dahulu kala.

12. Kayu manis

Bubuk kayu manis halus tambahkan beberapa tetes air untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada daerah gigi yang sedang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Lalu berkumur dengan air garam hangat untuk menyingkirkan sakit gigi.

13. Alkohol

Berkumurlah dengan obat kumur dengan persentase alkohol yang tinggi untuk mengurangi nyeri gusi.

Jika anda mengalami sakit gigi yang telah parah, mungkin pengobatan tersebut tidak dapat meringankan rasa sakit tersebut. Maka dari itu, pencegahan lebih baik daripada mengobati. Biasakan selalu menjaga kebersihan gigi5 Langkah Membersihkan Mulut dan Gigi... baca selengkapnya... dan mulut setiap saat.

Anda dapat berkonsultasi gratis sehubungan dengan kesehatan gigiInfo Seputar Kesehatan Gigi... baca selengkapnya... dan mulut. Silahkan datang langsung ke Klinik Joy DentalTips Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi... baca selengkapnya... Yogyakarta, sehingga dapat diambil tindakan medis sebagai solusi dari masalah kesehatan gigiIni Bahaya Kebiasaan Gigiti Pulpen... baca selengkapnya... dan mulut sesuai dengan keadaan masing-masing penderita yang berbeda satu sama lain.


Bagikan artikel ini

2 thoughts on “Terapi Rumahan untuk Sakit Gigi Ringan

  1. satria

    Dok, usia saya 30an dan masih mengalami pertumbuhan gigi graham blakang. Awalnya yg seblah kanan sakit lalu saya kasih minyak cengkeh. Gigi yg sedang tumbuh sudah tdk sakit lg, Tp skrg justru rahang kanan bwh saya membengkak dan sakit. Kira2 apa perawatan yg akan dilakukan klinik joy dental dan kira2 berapa biayanya. Trims

    • admin

      Hallo Mas Satria, untuk masalah gigi bungsu dan bengkak sebaiknya diperiksa terlebih dahulu kondisi gigi bungsunya serta kondisi bengkaknya, dan untuk jenis perawatannya nantinya dapat ditentukan dari hasil pemeriksaan.
      Untuk lebih jelas dan detilnya Silahkan datang langsung ke Joy Dental untuk dapat diperiksa dan berkonsultasi langsung. Untuk konsultasinya tidak dipungut biaya free. Kami tunggu kedatangannya ya..
      Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close