Solusi jika tambalan gigi mengikis dan muncul whitespot

Bagikan artikel ini

Berikut masalah yang pernah dialami oleh Hafiza, remaja berusia 15 tahun.

Gigi tengah depan Hafiza pernah berlubang dan ia sudah menambalnya. Namun, 1 tahun kemudian bagian dalam tambalan giginya mulai terkikis.

Pertanyaan:
Bagaimana sebaiknya solusinya? Jika menambal lagi giginya, apakah akan bertahan lama?
Bagaimana cara merawat gigiInilah Cara Merawat Gigi Palsu... baca selengkapnya... tambalan agar bertahan lama?
Gigi depan atas berlubang. Lalu, pada gigi tetangganya muncul bintik putih (atau istilah yang ditemukan di internet disebut whitespot).
Apakah whitespot tersebut bisa disembuhkan? Bagaimana perawatan agar gigi saya bisa bertahan lama?

Jawaban:
Oleh pemakaian serta gerusan sang waktu, material tumpatanSakit Gigi dan Gigi Berlubang... baca selengkapnya... gigi bisa saja mengalami proses keausan, retak, pecah, berubah warna, dan lain-lain. Merupakan hal yang wajar hal itu terjadi pada teknologi tambalan lama. Terutama bila material tumpatan gigi tersebut bukan dari bahan keras semisal porcelain yang meski keras tetapi getas, ataupun material logam.

Perawatan tambalan gigi dilakukan sesuai jenis material tambalannya. Tetapi secara umum, pembersihan rutin seluruh permukaan gigi dan tambalan dari semua material sisa makananPengertian Karang Gigi /CALCULUS... baca selengkapnya.../minuman setiap sehabis makan dan minum selain air putih serta sebelum waktu tidur di malam hari adalah sangat diutamakan.

Upaya rutin pengontrolan ke dokter gigiKawat Gigi, Demi Kesehatan atau Estetika?... baca selengkapnya... merupakan kewajiban yang seyogyanya dilakukan minimal 6 bulan sekali.
Sebaiknya anda melakukan cek kondisi tambalan, memperbaiki tambalan yang telah aus/rusak, sekaligus memeriksakan kondisi gigi dan rongga mulut secara umum.

Upaya membersihkan karang gigiPengertian Karang Gigi /CALCULUS... baca selengkapnya... yang umumnya mulai menebal kembali pada permukaan gigi dan tumpatannya juga diperlukan.

Terkait whitespot, ia merupakan sebutan bagi tampilan lapisan terluar gigi (enamel) yang telah mengalami proses awal kerusakannya.

Andai benar bahwa apa yang diderita pada gigi tersebut merupakan whitespot, kemungkinan itu terjadi akibat sering terfiksasinya sisa/serat makanan pada area tersebut dalam waktu lama tanpa upaya pengantisipasian kejadian berulangnya.

Hal yang bisa juga terjadi akibat contour permukaan tumpatan gigi di sampingnya tidak menyatu dengan tepi batas gigi aslinya, ataupun telah menyatu dengan pas tetapi permukaannya kurang halus, sehingga memunculkan kondisi undercut yang memudahkan terjadinya selipan makanan, dan atau oleh keberadaan karang gigi pada area antar gigi tersebut. Andai upaya pengontrolan dan pembersihan karang secara rutin dilakukan, Insya Allah kondisi anomali ini tidak mudah terjadi.

Ketika whitespot telah terbentuk, maka solusi antisipasi perluasannya yakni:

Karena posisinya di area gigi-geligi depan yang tampilannya dapat mempengaruhi faktor estetika tampilan gigi-geligi Kakak, maka saran yang sebaiknya dilakukan adalah: menggunakan bahan tambalan sewarna gigi yang relative kuat semisal bahan resin compositeJenis Kawat Gigi Joy Dental... baca selengkapnya... yang diaplikasikan sesuai kaidah estetika, yang proses pengerasannya dengan bantuan gelombang sinar tertentu.

Semoga bermanfaat.
Terimakasih :-)

Konsultasikan kesehatan gigiIni Akibatnya Kalau Gigi Berlubang Didiamkan dan Tak Ditambal... baca selengkapnya... dan mulut seperti Layanan Perawatan OrtodontikAmankah Pasang Kawat Gigi oleh Dokter Non Spesialis?... baca selengkapnya..., Pembuatan Gigi TiruanInilah Cara Merawat Gigi Palsu... baca selengkapnya..., Perawatan Saluran AkarApa yang dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar... baca selengkapnya..., Cabut GigiGigi Berlubang, Cabut Atau Rawat ?... baca selengkapnya..., Tambal Gigi, Pembersihan Karang GigiHalitosis (Bau Nafas Yang Tidak sedap)... baca selengkapnya..., Tooth Whitening/Bleaching, Pasang BehelAmankah Pasang Kawat Gigi oleh Dokter Non Spesialis?... baca selengkapnya... Gigi atau Kawat GigiRagam Cara Gigi Atasi Gigi Tonggos: Diekstrak dan Dipasangi Kawat... baca selengkapnya... untuk anda dan keluarga anda di Klinik GigiKetika Fobia Gigi datang Menghadang Jalan Anda... baca selengkapnya... Joy DentalSolusi Bau Mulut dan Gigi Yang Menghitam... baca selengkapnya... Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Bungong Jeumpa)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Bantul
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasiSolusi Bau Mulut dan Gigi Yang Menghitam... baca selengkapnya... pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti cara merawat gigi tambalan depan, gigi tambalan, cara merawat gigi tambal, merawat gigi tambalan, tambal gigi di jogja, tambalan gigi pecah, cara menghilangkan white spotProses Gigi Berlubang (Karies)... baca selengkapnya... pada gigi, cara membuat gigi tambalan menjadi putih, cara melepas tambalan gigi, gambar gigi tambalan yg mengikis dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behelPercantik Gigi dengan Behel... baca selengkapnya... gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

10 thoughts on “Solusi jika tambalan gigi mengikis dan muncul whitespot

  1. ahyat

    Dok mau tanya. Pricelist untuk tambal gigi brpa ya. Saya sblmnya pernah tambal dan sekarang terlepas.

    • admin

      Selamat siang Ahyat, untuk biaya penambalan gigi sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  2. ina

    dok, aku juga mau daftar harga untuk penambalan gigi dong.

    • admin

      Selamat Siang Ina, untuk biaya penambalan gigi sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  3. deddy

    assalamualaikum selamat malam.dok bisa minta price listnya untuk perawatan giginya.??

    • admin

      Assalamualaikum deddy, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  4. Tia

    Dok minta pricelist untuk tambal gigi depan dong. Tambalan saya yang sebelumnya lepas.

    • admin

      Selamat Siang Tia, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  5. Rohid

    Dok mau tanya, kalo misalkan gigi tambal pasak dilepas lagi bisa? Jadi lubang bekas di pasaknya cuman ditutup pakai semen aja ga apa apa? Soalnya berasa ga nyaman gitu buat saya nya.

    • admin

      Selamat Sore Rohid, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close