Logo Klinik Gigi Joy Dental
Beranda » Edukasi » Mengatasi Tambalan Gigi yang Lepas: Panduan dan Solusi

Mengatasi Tambalan Gigi yang Lepas: Panduan dan Solusi

November 9, 2023

KLINIK GIGI JOY DENTAL - Halo Sobat Joy, apakah Sobat Joy pernah mengalami tambalan gigi lepas? Perlu diketahui bahwa tambalan gigi tidak dapat bertahan selamanya lho Sobat Joy. Tambalan gigi dapat rusak seiring dengan berjalannya waktu dan bisa juga terlepas dari gigi jika perawatannya tidak tepat. 

Tambalan gigi yang sudah banyak terkikis, retak, bahkan pecah dapat dengan mudah terlepas dari gigi. Tambalan gigi yang lepas dapat menimbulkan beberapa masalah baru pada gigi, mulai dari retak/pecahnya gigi, timbulnya karies baru, sampai gigi menjadi mati jika tidak segera mendapatkan perawatan.

Mengatasi tambalan gigi yang lepas, Sumber: klikdokter.com
Mengatasi tambalan gigi yang lepas, Sumber: klikdokter.com

Apa Itu Tambalan Gigi?

Tambalan gigi adalah bahan dalam kedokteran gigi yang diaplikasikan pada gigi berlubang atau patah oleh karena adanya karies atau trauma tertentu. Tambalan gigi ini digunakan untuk memperbaiki bentuk gigi yang rusak, sehingga dapat mencapai fungsi estetika dan pengunyahan yang optimal. 

Tambalan gigi dapat sewarna gigi maupun tidak sewarna gigi. Material tambalan gigi yang umum digunakan adalah:

1. Amalgam

Merupakan material tambal gigi yang tidak sewarna gigi karena terbuat dari campuran logam berupa perak, timbal, tembaga, dan merkuri. Material ini sangat kuat namun tidak begitu estetik karena berwarna perak, sehingga amalgam banyak digunakan untuk tambal gigi bagian belakang.

2. Semen Ionomer Kaca

Merupakan material tambal gigi yang merupakan gabungan dari semen silikat dan semen polikarboksilat yang dapat melekat pada gigi secara proses kimiawi. Material ini sewarna dengan gigi dan dapat melepaskan fluor, sehingga cocok untuk tambalan gigi anak. Semen ionomer kaca ini mudah diaplikasikan pada gigi, namun lebih rentan pada perubahan warna dan rentan abrasi.

3. Resin Komposit

Merupakan material tambal gigi yang terdiri dari beberapa komponen berupa matriks resin dan bahan pengisi, sewarna dengan gigi, dan pengerasannya dapat dibantu dengan penyinaran. 

Bahan Resin Komposit ini lebih estetik dibandingkan amalgam dan semen ionomer kaca, memiliki kekuatan yang bagus, dan dapat digunakan pada gigi bagian depan maupun belakang. Namun, Resin Komposit juga rentan terhadap perubahan warna.

4. Keramik

Merupakan material tambal gigi yang biasa digunakan untuk tambalan gigi indirek (tidak langsung) yaitu pada kerusakan gigi yang sudah lumayan besar berupa inlay dan onlay. Material ini juga dapat digunakan untuk veneer gigi depan karena sifatnya yang sangat estetik. 

Bahan keramik ini tahan terhadap perubahan warna, namun memang relatif lebih mahal dibandingkan bahan tambal gigi yang lain.

Penyebab Tambalan Gigi Lepas

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan tambalan gigi lepas diantaranya adalah :

1. Makanan Keras

Pengunyahan yang tidak terkontrol pada makanan yang terlalu keras dapat menyebabkan trauma pada gigi dan tambalan gigi. Terlebih jika pengunyahan dilakukan pada satu sisi, sehingga terdapat tekanan yang berlebihan menyebabkan tambalan gigi dapat pecah dan bahkan terlepas. 

Tekanan pengunyahan yang sangat besar dari makanan yang terlalu keras itulah yang menyebabkan kekuatan dari tambalan gigi tidak mampu menahan sehingga dapat terlepas atau pecah.

2. Kerusakan Gigi

Tambalan gigi juga mudah lepas tergantung dari kerusakan gigi yang terjadi. Jika kerusakan gigi yang terjadi sudah sangat besar sehingga menyisakan jaringan gigi sehat sangat sedikit, maka gigi sehat yang tersisa tidak mampu menjadi penopang tambalan gigi yang lebih besar. 

Dalam hal ini, pemilihan bahan tambal yang tepat juga dapat mempengaruhi mudah lepas atau tidaknya tambalan gigi.

3. Usia Tambalan

Semakin lama usia tambalan maka semakin rentan tambalan gigi tersebut untuk lepas. Hal tersebut karena dalam jangka waktu yang lama, banyak bahan-bahan dari luar seperti dari makanan dan minuman yang dapat terserap pada bahan tambal gigi yang juga dapat menyebabkan terkikisnya bahan tambal gigi tersebut.

4. Kebersihan Gigi dan Mulut yang Buruk

Kebersihan gigi dan mulut yang buruk dapat menyebabkan mudah lepasnya tambalan gigi. Hal tersebut dapat terjadi karena munculnya karies sekunder pada gigi di sekitar tambalan, sehingga tambalan menjadi longgar dan dapat terlepas.

5. Kebiasaan Buruk

Adanya kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti bruxism/menggeretakkan gigi dan  kebiasaan menggigit benda keras seperti pensil juga dapat menyebabkan mudah lepasnya tambalan gigi karena adanya tekanan dan gesekan terus-menerus pada gigi dan tambalan gigi.

Pengecekan pada gigi yang berlubang, Sumber: rsabhk.co.id
Pengecekan pada gigi yang berlubang, Sumber: rsabhk.co.id

Tanda-Tanda Tambalan Gigi yang Lepas

Gejala yang mungkin muncul karena adanya tambalan yang lepas diantaranya adalah rasa tidak nyaman atau sensitivitas gigi. Rasa tidak nyaman yang muncul dapat berupa terabanya gigi yang berlubang kembali, area gigi yang menggesek lidah dan pipi yang menyebabkan luka, atau seringnya makanan yang tersangkut pada lubang gigi tersebut. 

Sementara gejala lain berupa sensitivitas gigi tersebut muncul karena jika tambalan gigi lepas, terdapat area gigi yang terpapar oleh udara, makanan, maupun minuman sehingga terkadang menimbulkan rasa ngilu hingga nyeri.

Tanda-tanda lepasnya tambalan gigi ini dapat diketahui secara langsung oleh Sobat Joy sendiri dengan melihatnya langsung dengan cermin, meraba area tambalan gigi dengan lidah, atau jika tambalan gigi terlepas sebagian, maka akan terasa tambalan gigi dapat bergerak atau goyang jika tersentuh.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Tambalan Gigi Lepas

Beberapa hal yang dapat dilakukan ketika tambalan gigi lepas yaitu :

1. Jangan Panik

Hal pertama yang dapat Sobat Joy lakukan ketika tambalan gigi lepas adalah tetap tenang dan jangan panik. Segera rencanakan untuk kunjungan ke dokter gigi jika memungkinkan, jika terdapat nyeri yang tiba-tiba dan tidak tertahankan, bisa minum anti nyeri untuk meredakan nyeri sementara.

2. Simpan Tambalan Gigi

Jika memungkinkan, tambalan gigi yang lepas dapat disimpan terlebih dahulu dan dibawa saat waktunya kunjungan ke dokter gigi. Dengan tambalan gigi yang lepas tersebut dapat membantu dokter gigi dalam diagnosis dan rencana perawatan selanjutnya.

3. Segera Berkonsultasi dengan Dokter Gigi

Setelah tambalan gigi lepas, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi atau mengunjungi klinik gigi terdekat. 

Dengan konsultasi atau kunjungan segera ke dokter gigi, maka dokter gigi akan dapat segera melakukan penanganan terhadap gigi yang mengalami lepas tambalan sehingga kerusakan gigi tidak akan semakin parah. Jangan sampai menunda ke dokter gigi ya Sobat Joy.

4. Perawatan Sementara

Sebelum mendapat perawatan medis oleh dokter gigi, perawatan sementara yang dapat Sobat Joy lakukan dirumah adalah dengan tetap membersihkan area gigi dengan sikat gigi dengan pelan-pelan.

Dengan begitu gigi selalu dalam keadaan bersih, mengunyah lebih hati-hati pada area gigi dengan tambalan lepas karena resiko gigi akan semakin pecah, dan minum anti nyeri jika nyeri muncul secara tiba-tiba. Selain itu, hindari untuk menggunakan lem/perekat sementara atau bahan lain yang tidak aman terhadap gigi dengan tambalan lepas tersebut.

Melakukan penambalan pada gigi, Sumber: alomedika.com
Melakukan penambalan pada gigi, Sumber: alomedika.com

Langkah Pencegahan Tambalan Gigi agar Tidak Lepas

Berikut ini adalah langkah yang dapat Sobat Joy lakukan untuk mencegah tambalan gigi tidak lepas adalah dengan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi rutin, menghindari kebiasaan mengunyah makanan terlalu keras, menghindari pengunyahan pada salah satu sisi, dan menghindari kebiasaan buruk seperti bruxism dan menggigit benda keras.

Selain itu penting juga untuk periksa ke dokter gigi secara berkala setiap enam bulan sekali untuk memantau kondisi gigi dan tambalan gigi, sehingga ketika sudah menunjukkan adanya masalah pada tambalan gigi maka dapat dilakukan penanganan segera.

Nah Sobat Joy, tambalan gigi yang lepas masih dapat diatasi dengan bantuan dokter gigi. Jika Sobat Joy mengalami masalah pada tambalan gigi dapat segera menghubungi dokter gigi terdekat ya supaya dapat dilakukan penanganan segera. 

Sobat Joy juga dapat melakukan konsultasi atau penambalan gigi di klinik gigi berpengalaman seperti di Klinik Joy Dental yang sudah tersebar di Yogyakarta, Semarang, Magelang, dan Purwokerto.

Penulis: drg. Ariza Indriyanti

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram