Perlukah Merawat Veneer Gigi?

Bagikan artikel ini

perlukah merawat veneer gigiSobat Joy ada yang menggunakan veneer gigi? Untuk yang belum tahu, veneer gigi adalah prosedur yang dilakukan untuk merubah warna dan bentuk gigi dengan cara melapisi permukaan terluar gigi. Veneer banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin memperbaiki bentuk, ukuran, dan warna gigi untuk kebutuhan fungsional maupun estetika. Umumnya veneer bertahan hingga 10 tahun. Namun, setelah perawatan veneer gigi, Sobat Joy perlu merawat veneer agar tidak mudah rusak.

6 Cara Merawat Veneer Gigi

  1. Rajin Sikat Gigi
    Meskipun veneer membuat gigi menjadi lebih putih, namun veneer tidak membebaskan kewajiban untuk membersihkan gigi ya Sobay Joy. Sikat gigi dilakukan dua kali sehari pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Pastikan kepala sikat memiliki bulu-bulu yang halus dan menyikat gigi dengan gerakan memutar secara perlahan agar tidak merusak veneer gigi.
  2. Melakukan Flossing
    Flossing merupakan teknik membersihkan gigi menggunakan benang. Sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat dapat dijangkau dengan teknik flossing ini. Namun, pastikan untuk melakukannya perlahan agar tidak mengenai gusi dan menyebabkan iritasi.
  3. Kumur dengan Mouthwash
    Setelah menyikat gigi, berkumur dengan mouthwash dapat membersihkan plak-plak yang menempel pada permukaan gigi dan membunuh bakteri pada mulut. Berkumur dengan mouthwash sebaiknya dilakukan satu kali sehari setelah menyikat gigi sebelum tidur.
  4. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi
    Setelah diveneer, gigi umumnya akan lebih sensitif. Penting bagi Sobat Joy untuk menghindari makanan yang terlalu panas atau dingin untuk meminimalisir timbulnya rasa ngilu pada gigi. Hindari juga menggigit makanan yang terlalu keras agar veneer tidak mudah rusak.
  5. Hindari Rokok/Minuman yang Dapat Merubah Warna Gigi
    Rokok mengandung nikotin yang dapat meninggalkan noda kekuningan pada gigi. Demikian juga mengkonsumsi teh dan kopi, akan meninggalkan stain pada gigi yang membuat gigi yang sudah diveneer tidak putih lagi. Sebaiknya Sobat Joy menghindari konsumsi zat-zat yang dapat merubah warna gigi, atau lakukan sikat gigi dan gunakan obat kumur setelah mengkonsumsi zat tersebut.
  6. Periksa Gigi Rutin
    Penting bagi Sobat Joy untuk rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Selain pembersihan karang gigi, dokter juga akan memeriksa apakah kondisi gigi dan mulut Sobat Joy dalam keadaan baik. Jika kondisi veneer bermasalah, dokter akan segera tahu sehingga dapat dilakukan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga : 5 Bahaya Tidak Rutin Kontrol Behel Gigi

Hampir sama seperti merawat gigi asli, namun harus sedikit lebih hati-hati. Bagi Sobat Joy yang ingin giginya tampak lebih indah dengan veneer, jangan lupa untuk perawatan veneer dengan dokter gigi yang berkompeten di bidangnya. Klinik Gigi Joy Dental memiliki dokter gigi spesialis konservasi yang akan membuat veneer Sobat Joy dengan standar dan kualitas bahan yang baik. Sobat Joy tertarik? Konsultasikan dulu dengan dokter gigi di Klinik Gigi Joy Dental ya.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *