Beranda » Artikel » Penyebab Gusi Berdarah Ternyata Ini, Jangan Sepelekan!

Penyebab Gusi Berdarah Ternyata Ini, Jangan Sepelekan!

Juli 21, 2022

KLINIK GIGI JOY DENTAL, YOGYAKARTA- Halo Sobat Joy! Gusi atau gingiva adalah bagian tubuh yang terletak didalam mulut menutupi tulang alveolar. Gusi yang sehat memiliki warna merah muda, stabil, memiliki tekstur seperti kulit jeruk dan tidak goyah saat disentuh. 

Sobat Joy pernah nggak nih mengalami gusi berdarah? Gusi berdarah sering terjadi ketika menyikat gigi, ketika flossing dengan dental floss, maupun terjadi secara spontan atau tiba-tiba. Apa sih penyebab gusi berdarah? Gimana ya cara mengatasinya?

Penyebab Gusi Berdarah

Gusi berdarah biasanya diikuti dengan pembesaran gusi, gusi berwarna kemerahan dan juga bau mulut. Gusi berdarah itu penyebabnya banyak sekali ya sobat joy, cara pencegahan dan pengobatannya tentu berbeda tergantung dari penyebabnya ya.

1. Gingivitis

Gingivitis atau peradangan pada gusi, penyebab inilah yang paling sering terjadi. Peradangan gusi dipicu oleh plak atau lapisan lengket yang menempel pada gigi, tidak dibersihkan dengan baik. 

Sehingga bakteri menempel pada plak dan membentuk koloni yang kemudian menginfeksi gusi menyebabkan peradangan pada gusi. Gingivitis dapat diatasi dengan pembersihan plak yaitu dengan perawatan scaling ya, sobat Joy.

Mengenal berbagai penyebab gusi berdarah, Sumber: sehatq.com

Mengenal berbagai penyebab gusi berdarah, Sumber: sehatq.com

2. Periodontitis

Periodontitis adalah peradangan pada jaringan pendukung gigi seperti gusi dan tulang. Periodontitis adalah penyakit lanjutan dari gingivitis yang tidak dilakukan perawatan. Kondisi ini dapat diatasi dengan perawatan scaling yang dilanjutkan dengan kuretase.

3. Tambalan Gigi yang Tidak Baik

Tambalan gigi yang sudah rusak atau memiliki bentuk yang tidak baik, dapat menyebabkan makanan mudah masuk di sela-sela tambalan dan gigi sebelahnya, tumpukan makanan ini jika terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan peradangan pada gusi. Tindakan yang dapat dilakukan adalah mengganti tambalan lama ya, Sobat Joy.

4. Gigi Berjejal

Gigi berjejal atau berantakan menyebabkan pembersihan gigi menjadi tidak maksimal karena sikat gigi kurang dapat menjangkau area gigi yang bertumpuk, oleh karena itulah terjadi penumpukan plak dan berujung pada peradangan gusi. Kondisi ini dapat diatasi dengan merapikan gigi dengan behel maupun invisalign.

Tambalan gigi rusak bisa menyebabkan gusi berdarah, Sumber: honestdocs.id

Tambalan gigi rusak bisa menyebabkan gusi berdarah, Sumber: honestdocs.id

5. Kekurangan Nutrisi

Kurangnya vitamin C dan K dapat memicu gusi berdarah ya sobat Joy, oleh karena itu ayo penuhi kebutuhan vitamin tubuh dengan baik. Bisa dengan konsumsi makanan bervitamin C dan K, maupun mengkonsumsi vitamin dalam bentuk tablet.

6. Hormonal

Perubahan hormon seperti ketika pubertas ataupun sedang hamil, dapat menyebabkan gusi berdarah. Kondisi ini akan menghilang ketika hormon sudah stabil kembali, atasi saja dengan scaling rutin untuk mencegah kondisi semakin parah.

7. Penyakit Sistemik yang Sedang Diderita

Penyakit yang sering menyebabkan gusi berdarah adalah trombositopenia (kekurangan trombosit), leukemia (kanker darah), diabetes. Untuk kondisi ini perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter umum ya, Sobat Joy. Penanganannya tentu sesuai perawatan penyakit tersebut, ketika penyakit sudah sembuh atau terkontrol, gusi berdarah akan mereda.

Gusi berdarah bisa disebabkan karena perubahan hormon, Sumber: health.kompas.com

Gusi berdarah bisa disebabkan karena perubahan hormon, Sumber: health.kompas.com

Bagaimana Sobat Joy? Pasti sudah paham yaa, ternyata gusi berdarah banyak ya penyebabnya, penanganannya pun berbeda tergantung penyebabnya. Kalau Sobat Joy memiliki keluhan gusi berdarah, yuk jangan ragu lagi periksakan ke Klinik Gigi Joy Dental, dokter gigi pasti akan memberikan perawatan yang sesuai untuk Sobat Joy.

Oleh : drg. Rifda Nur Hanifa

Referensi :

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/egigi/article/download/23928/23579

https://eprodenta.ub.ac.id/index.php/eprodenta/article/download/44/16

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/download/14780/8452/

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram