Jangan Anggap Remeh Penyakit Radang Gusi

Bagikan artikel ini

Gingivitis adalah peradangan pada gusi, biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika tidak diobati, gingivitis bisa menjadi infeksi yang lebih serius yang dikenal sebagai periodontitis. Menurut American Dental Association, gingivitis dan periodontitis adalah penyebab utama kehilangan gigi pada orang dewasa. Selain kebersihan mulut yang buruk, faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan gingivitis dan penyakit periodontal lainnya semakin memburuk adalah merokok, diabetes mellitus, perubahan hormon selama kehamilan atau pernapasan yang berkepanjangan melalui mulut.

Karang gigi menyebabkan radang gusi

Karang gigi menyebabkan radang gusi

Gusi anda sebenarnya menempel pada gigi di titik yang lebih rendah daripada tepi gusi yang kita lihat. Ini membentuk ruang kecil yang disebut sulkus. Makanan dan plak dapat terperangkap dalam ruang ini dan menyebabkan infeksi gusi atau radang gusi. Plak adalah lapisan tipis bakteri yang terus-menerus terbentuk di permukaan gigi anda. Seiring berkembangnya plak, plak mengeras dan menjadi karang gigi. Plak yang tidak dihilangkan pada akhirnya akan menyebabkan gusi terpisah dan surut dari gigi. Setelah gusi Anda mulai surut, kantong-kantong dapat terbentuk di antara gigi dan gusi. Kuman bisa terperangkap di dalam saku ini, menyerang gusi dan tulang yang menopang gigi dan dapat menyebabkan cedera pada jaringan lunak dan tulang yang menopang gigi. Pada kondisi ini, gingivitis telah berkembang menjadi kondisi yang lebih serius yang disebut periodontitis. Periodontitis dapat menyebabkan kehilangan gigi dan dapat memengaruhi kesehatan anda secara keseluruhan.
Gejala radang gusi agak tidak spesifik dan biasanya berada pada jaringan gusi sebagai tanda sederhana peradangan. Gejala-gejala radang gusi yang patut anda waspadai adalah sebagai berikut:
1. Gusi bengkak
2. Gusi berwarna merah atau ungu cerah
3. Gusi yang empuk atau terasa sakit saat disentuh
4. Gusi berdarah atau mengalami pendarahan setelah menyikat gigi dan/atau flossing gigi.
5. Bau mulut (halitosis)
Perawatan yang dapat dilakukan untuk radang gusi adalah menghilangkan plak. Kalian dapat melakukan perawatan tersebut di Klinik Gigi Joy Dental terdekat. Menghilaknan plak ditujukan untuk mengurangi bakteri mulut dan dilakukan secara teratur ke dokter gigi bersama dengan perawatan di rumah untuk menjaga kebersihan mulut. Dengan demikian, beberapa metode yang digunakan dalam pencegahan radang gusi juga dapat digunakan untuk pengobatan radang gusi nyata, seperti pembersihan karang gigi, perawatan saluran akar, kuretase, dan flossing. Sikat interdental juga dapat membantu menghilangkan agen penyebab radang gusi.


Bagikan artikel ini

4 thoughts on “Jangan Anggap Remeh Penyakit Radang Gusi

  1. Intan

    Dok adakah obat untuk menghilangkan halitosis?

    • Joy Dental

      Selamat Sore Intan, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  2. Nurul Afnida

    Hai min, boleh minta pricelist di joy dental? Terima kasih

    • Joy Dental

      Selamat Pagi Nurul, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close