Penyebab Gigi Renggang dan Cara Mengatasinya

Bagikan artikel ini

cara mengatasi gigi renggang dan penyebab gigi renggangHalo Sobat Joy! Apakah Sobat Joy memiliki keluhan gigi renggang? Sebenarnya apa sih penyebab gigi renggang? Dan mau tau cara mengatasinya? Yuk simak penjelasan berikut.

Penyebab Gigi Renggang

Banyak penderita gigi renggang atau diastema yaitu celah yang berada diantara dua gigi yang bersebelahan satu sama lain merasa giginya kurang rapi. Gigi renggang bisa terjadi karena ukuran gigi yang terlalu kecil atau tulang rahang yang terlalu besar. Akibatnya, muncul jarak antara gigi yang kemudian menciptakan celah kosong.

Penyebab gigi bercelah juga disebabkan oleh malposisi gigi, yaitu kesalahan posisi gigi pada masing-masing rahang. Lalu bisa disebabkan juga karena adanya gigi yang hilang, kondisi gigi ompong yang dibiarkan terlalu lama menyebabkan pergeseran gigi-gigi disebelahnya karena gigi pada dasarnya akan mencari tempatnya sendiri. Jaringan gusi yang melebihi garis gusi normal, perlekatan otot bibir (frenulum) yang terlalu rendah dan kebiasaan buruk menghisap jempol, mendorong lidah atau menggigit bibir bawah juga bisa menyebabkan gigi renggang.

Lalu apa dampak dari gigi renggang? Tentu masalah gigi ini dapat membuat penderita tidak percaya diri untuk memamerkan senyum yang lebar. Tidak hanya itu, gigi renggang juga dapat menyebabkan penderita kesulitan makan karena ukuran gigi yang kecil. Tetapi jangan khawatir, karena gigi renggang bisa dirawat dengan cara-cara berikut ini.

Baca Juga : Apakah minum air putih dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut?

Cara Mengatasi Gigi yang Renggang

Perawatan kawat gigi atau behel bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi gigi yang renggang. Behel atau kawat gigi ini berfungsi memberikan tekanan pada gigi renggang sehingga perlahan-lahan tekanan ini dapat membuat gigi lebih rapat dan menutup celah pada gigi. Tidak hanya kawat gigi, clear aligner pun bisa menjadi alternatif lain untuk merapatkan gigi Sobat Joy, karena clear aligner bisa digunakan dari kasus ringan hingga kasus berat.

Veneer gigi juga dapat mengatasi gigi yang renggang yang disebabkan oleh ukuran gigi yang lebih kecil. Veneer gigi adalah prosedur medis yang bertujuan untuk memperbaiki penampilan gigi dengan cara menempelkan porselen yang dibuat secara khusus di permukaan gigi. Veneer dapat menutupi kekurangan pada gigi seperti bentuk gigi, warna gigi dan ukuran gigi yang tidak sesuai dengan keinginan pasien.

Operasi pengurangan atau pemindahan perlekatan otot bibir (frenulum) atau biasa disebut frenektomi salah satu cara mengatasi gigi renggang yang disebabkan oleh perlekatan otot bibir (frenulum) terlalu rendah. Jika operasi frenektomi dilakukan pada anak-anak, kemungkinan besar gigi akan memosisikan ulang dirinya sendiri. Namun jika operasi frenektomi dilakukan pada orang dewasa, tindakan ini harus dibarengi dengan perawatan ortodontik.

Jika Sobat Joy memiliki kondisi serupa, pastikan konsultasikan dulu dengan dokter gigi sebelum perawatan ya..

Ditinjau oleh drg. Dian Az Zahra

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.


Bagikan artikel ini

2 thoughts on “Penyebab Gigi Renggang dan Cara Mengatasinya

  1. Saya pingin pasang gigi palsu…bisa…trus brp biaya pasang gigi palsu ny…ada 2 ini yg bolong…trims

    • Joy Dental

      Selamat Siang Yuliyanto, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *