Logo Klinik Gigi Joy Dental
Beranda » Artikel » Penyebab Gigi Renggang dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gigi Renggang dan Cara Mengatasinya

Juli 15, 2021

Halo Sobat Joy! Apakah Sobat Joy memiliki keluhan gigi renggang?

Sebenarnya apa sih penyebab gigi renggang? Dan mau tau cara mengatasinya? Yuk simak penjelasan berikut.

Penyebab Gigi Renggang

Banyak penderita gigi renggang atau diastema yaitu celah yang berada diantara dua gigi yang bersebelahan satu sama lain merasa giginya kurang rapi.

Berikut beberapa penyebab terjadinya gigi renggang : 

  1. Gigi renggang bisa terjadi karena ukuran gigi yang terlalu kecil atau tulang rahang yang terlalu besar. Akibatnya, muncul jarak antara gigi yang kemudian menciptakan celah kosong.
  2. Periodontitis atau penyakit gusi bisa menyebabkan peradangan pada gusi dan tulang di sekitar gigi. Akibatnya, gusi bisa mengendur dan muncul celah di antaranya. Masalah pada gusi ini biasa dipicu oleh kesehatan gigi dan mulut yang tidak dijaga.
  3. Gigi Tanggal. Gigi yang renggang juga bisa disebebkan karena adanya gigi yang tanggal (terlebih jika gigi yang tanggal yaitu gigi permanen) dan dibiarkan terlalu lama menyebabkan pergeseran gigi-gigi disebelahnya karena gigi pada dasarnya akan mencari tempatnya sendiri
  4. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan yang bisa menyebabkan terjadinya gigi renggang yaitu : mengisap ibu jari, penggunaan empeng bayi yang terlalu lama, dan mengisap bibir.
  5. Reflek menelan yang salah. Saat menelan, lidah seharusnya melakukan gerakan refleks berupa tekanan pada langit-langit mulut. Namun, pada beberapa orang, tekanan ini justru diarahkan ke gigi depan.Jika dilakukan berulang kali, bukan tidak mungkin refleks menelan yang salah ini akan menyebabkan gigi bercelah.

Baca Juga : Apakah minur air putih dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut?

Apa saja dampak dari gigi renggang?

Ada beberapa dampak atau efek negatif bagi penderita gigi renggang yang cukup menganggu aktifitas setiap hari, antara lainnya sebagai berikut.

  1. Memiliki gigi yang renggang dapat membuat penderita tidak percaya diri untuk memamerkan senyum yang lebar
  2. Gigi renggang juga dapat menyebabkan penderita kesulitan makan karena ukuran gigi yang kecil. 

Tetapi jangan khawatir, karena gigi renggang bisa dirawat dengan cara-cara berikut ini.

Cara Mengatasi Gigi yang Renggang

Berikut adalah beberapa cara yang sobat joy harus tahu untuk mengatasi gigi yang renggang.

1. Perawatan kawat gigi atau behel.

Behel atau kawat gigi ini berfungsi memberikan tekanan pada gigi renggang sehingga perlahan-lahan tekanan ini dapat membuat gigi lebih rapat dan menutup celah pada gigi. Tidak hanya kawat gigi, clear aligner pun bisa menjadi alternatif lain untuk merapatkan gigi Sobat Joy, karena clear aligner bisa digunakan dari kasus ringan hingga kasus berat.

2. Veneer gigi.

Veneer gigi juga dapat mengatasi gigi yang renggang yang disebabkan oleh ukuran gigi yang lebih kecil. Veneer gigi adalah prosedur medis yang bertujuan untuk memperbaiki penampilan gigi dengan cara menempelkan porselen yang dibuat secara khusus di permukaan gigi. Veneer dapat menutupi kekurangan pada gigi seperti bentuk gigi, warna gigi dan ukuran gigi (termasuk gigi renggang) yang tidak sesuai dengan keinginan pasien

3. Operasi Frenektomi

Frenektomi yaitu operasi pengurangan atau pemindahan perlekatan otot bibir (frenulum) merupakan salah satu cara mengatasi gigi renggang yang disebabkan oleh perlekatan otot bibir (frenulum) terlalu rendah. Jika operasi frenektomi dilakukan pada anak-anak, kemungkinan besar gigi akan memosisikan ulang dirinya sendiri. Namun jika operasi frenektomi dilakukan pada orang dewasa, tindakan ini harus dibarengi dengan perawatan ortodontik.

4. Dental Bridge

Penutupan celah antargigi yang satu ini dilakukan dengan pontik atau gigi palsu. Bahan pembuat pontik biasanya merupakan porselen yang disesuaikan dengan warna gigi asli Anda.

Cara ini akan sangat efektif, terlebih jika gigi bercelah diakibatkan oleh gigi yang tanggal atau ukuran gigi lebih kecil. Dental bridge terdiri dari pontik dan mahkota gigi untuk gigi yang ada di antara celah.

Diatas adalah penjelasan tentang penyebab terjadinya gigi renggang pada orang dewasan serta anak kecil dan juga cara mengatasinya. Jika Sobat Joy memiliki kondisi serupa, pastikan konsultasikan dulu dengan dokter gigi sebelum perawatan ya..

Ditinjau oleh drg. Bonifasius Primario Wicaksono

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram