Apakah minum air putih dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut?

Bagikan artikel ini

minum air putih untuk kesehatan gigi

Tubuh manusia sekitar 60% lebih terdiri dari air. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih sangat penting untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Selain itu, apakah sobat Joy sudah tahu jika tubuh kita kekurangan air putih dapat membuat bau mulut?

Ketika makan atau minum yang manis, bakteri alami di dalam mulut akan mengubah sisa makanan/minuman tersebut menjadi asam. Asam yang menumpuk, akan menyebabkan timbulnya plak yang dapat memicu munculnya permasalahan pada gigi seperti bau mulut, gigi berlubang, dan permasalahan gigi lainnya. Setelah makan atau minum yang manis ataupun lengket, nantinya air putih dapat membantu membersihkan sisa makanan tersebut dan juga dapat melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut.

Manfaat air putih untuk kesehatan gigi dan mulut

  1. Meningkatkan produksi air liur
    Rutin mengkonsumsi air putih akan membantu meningkatkan produksi air liur, sebaliknya jika kekurangan minum air putih maka produksi air liur akan berkurang dan menyebabkan permasalahan dalam rongga mulut.
    Air liur diperlukan untuk melembabkan mulut, menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak, serta membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di lidah., gusi dan pipi. Jika sel – sel yang mati tidak dihilangkan, sel-sel ini akan membusuk dan dapat meyebabkan bau mulut. Bahkan penelitian menemukan bahwa kandungan enzim yang ada di dalam air liur juga dapat membantu mencegah infeksi mulut serta kerusakan gigi. (https://www.tanyapepsodent.com/)
  2. Mencegah mulut kering
    Banyak dan rutin mengkonsumsi air putih akan menyebabkan cairan di dalam tubuh tercukupi sehingga dapat mencegah mulut kering. Jika kondisi mulut yang kering dibiarkan terus-menerus, dapat menyebabkan bau mulut serta menjadikan bakteri dan kuman bersarang di dalam mulut.
  3. Memperkuat enamel gigi
    Ketika rongga mulut kering, kondisi ini dapat mempengaruhi berkurangnya kekuatan enamel gigi. Enamel bertugas untuk melindungi gigi dari kerusakan sekaligus menjadi jaringan paling kuat dalam tubuh manusia.
    Usahakan sobat Joy rajin minum air putih setiap hari ya, supaya tubuh terpenuhi oleh cairan yang cukup jadi kesehatan gigi dan mulut juga terjaga dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari dan rutin periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Minjoy tunggu kedatangannya di klinik Joy Dental ya

Ditinjau oleh drg. Bonifasius Primario W., M. Biotech

Sumber:
https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/diet-dan-gaya-hidup/memahami-pentingnya-air-putih-untuk-kesehatan-gigi.html


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *