Pentingkah Penggunaan Retainer Setelah Lepas Behel?

Bagikan artikel ini

Penggunaan Retainer pada gigiSetelah melepas behel, biasanya dokter orthodontis akan menyarankan untuk menggunakan Retainer. Sebenarnya, apakah retainer itu? Pentingkah Penggunaan Retainer Setelah Lepas Behel?

Mengutip Jurnal Macam – Macam Retainer dalam Perawatan Ortodontik, “retainer ortodontik adalah alat yang dibuat secara khusus, biasanya terbuat dari kawat atau akrilik bening, yang mempertahankan gigi pada posisinya setelah perawatan ortodontik, bedah ortognati, atau metode penyelarasan gigi apa pun”.

Manfaat penggunaan Retainer setelah penggunaan kawat gigi!

Mendapatkan susunan gigi yang harmonis, rapi dan sesuai harapan tentu bukanlah waktu yang sebentar. Membutuhkan waktu cukup lama dari bulanan sampai tahunan. Oleh karenanya, menjaga kondisi gigi pada posisi seperti itu sangatlah penting. Salah satu  cara menjaganya dengan penggunaan retainer. Retainer secara umum disebut sebagai penahan gigi. Retainer bisa dijadikan solusi agar gigi tidak berpindah walaupun sudah diluruskan dengan kawat gigi.

Ketika kawat gigi dilepas tanpa dipasang retainer, maka gigi cenderung akan kembali ke posisi awal sebelum dipasang behel (relaps). Hal ini bukan karena gagalnya perawatan behel yang telah dijalani, namun merupakan hal yang alami dari proses biologis tulang, gigi dan gusi. Gusi dan tulang rahang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan posisi gigi yang baru dan proses ini bisa berlangsung lama. Jadi dengan penggunaan retainer ini, diupayakan dapat mencegah gigi tidak bergerak keluar dari susunan sampai tulang rahang menyesuaikan diri.

Baca juga : 5 Bahaya Tidak Rutin Kontrol Behel Gigi

Bagi sobat Joy yang sudah selesai perawatan behel, jangan lupa untuk menggunakan retainer ya. Sayang sekali, jika gigi sudah rapi,harmonis dan sehat tetapi suatu saat akan mengalami relaps kan?

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali di Joy Dental ya, disini tersedia berbagai perawatan gigi yang dibutuhkan sesuai dengan keluhan sobat Joy.

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Ditinjau oleh : drg. Raymund Octavius Kusuma B.

Sumber :

  1. https://dentaluniverseindonesia.com/ini-dia-pentingnya-penggunaan-retainer-setelah-lepas-behel/
  2. Tinjauan Pustaka Jurnal Macam – Macam Retainer dalam Perawatan Ortodontik (http://jurnal.pdgimakassar.org/index.php/MDJ/article/download/17/16)

Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *