5 Bahaya Tidak Rutin Kontrol Behel Gigi

Bagikan artikel ini

5 Bahaya Tidak Rutin Kontrol Behel Gigi

Siapa diantara Sobat Joy yang sedang perawatan menggunakan behel gigi? Di zaman sekarang, perawatan behel gigi sudah menjadi kebutuhan khususnya untuk masyarakat yang ingin memiliki senyum menawan demi menunjang penampilan dihadapan banyak orang. Perawatan menggunakan behel gigi ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian sehingga hasil yang diperoleh bisa maksimal. Sobat Joy juga harus rajin membersihkan gigi agar gigi yang sedang dirapikan tetap terjaga kebersihannya.

Untuk Sobat Joy yang sedang menjalani perawatan menggunakan behel gigi diwajibkan untuk kontrol behel rutin. Kontrol behel ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kondisi gigi yang sedang dirapikan. Dengan kontrol behel rutin maka gigi juga akan lebih cepat rapi. Beberapa pasien biasanya masih banyak yang sering melewatkan waktu untuk kontrol behel. Hal ini disebabkan oleh pasien sedang berada di luar kota atau kesibukan pasien.

Ada 5 bahaya jika Sobat Joy tidak rutin kontrol behel di dokter gigi

  1. Proses pergerakan gigi menjadi terhambat. Gigi bisa bergerak karena ada metabolisme tubuh. Jika lama tidak kontrol behel, bisa jadi justru terhambat, karena metabolisme tidak kontinyu maju/mundur.
  2. Timbul masalah lain pada gigi. Biasanya pasien yang tidak kontrol 1 sampai 2 tahun, giginya mulai tampak berlubang dan noda kapur putih berbentuk kotak di sekeliling bracket dan dekat gusi. Ini terjadi karena tidak kontrol behel sehingga area tersebut sulit dibersihkan, dan terjadi demineralisasi permukaan gigi.
  3. Adanya penumpukan karang gigi. Sama hal nya dengan gigi berlubang, bagian yang susah dibersihkan menumpuk jadi karang gigi. Biasanya di dekat gusi dan di dalam bracket.
  4. Pergerakan gigi tidak sesuai dengan rencana perawatan yang sudah dibuat oleh dokter spesialis ortodonsia. Beberapa mekanisme perawatan behel gigi bersifat non-self limiting, artinya kontinyu atau berjalan terus. Ini yang membuat apabila lama tidak kontrol behel, bisa menjadi overtreatment. Yang sering terjadi adalah gigi berputar dan ambruk.
  5. Waktu perawatan menjadi lama. Jika tidak kontrol behel beberapa bulan, maka sampai beberapa bulan itu, sedikit atau bahkan tanpa gaya. Tentu saja, progress menjadi minimal dan waktu perkiraan selesai juga mundur.

Nah, cukup mengkhawatirkan juga ya bahaya jika tidak rutin kontrol behel. Maka dari itu, yuk Sobat Joy jangan lupa untuk kontrol behel rutin agar perkembangan gigi kamu bisa terkontrol lebih baik. Semakin terkontrol maka akan cepat selesai juga gigi Sobat Joy rapi.

Ditulis oleh drg Hardono Jaya Lauson


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *