Penting, Ini Hal Yang Harus Dilakukan Pasien Perawatan Behel Selama Corona

Bagikan artikel ini

Saat ini dunia sedang digemparkan dengan Covid19 yang disebabkan oleh Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Virus yang menyerang sistem pernapasan ini dapat menular memalui droplet air liur dari orang yang sudah terpapar. Padahal tindakan perawatan gigi mengharuskan pasien untuk membuka mulut. Dokter gigi dan perawat harus melakukan kontak langsung dengan pasien dengan jarak yang sangat dekat. Bahkan beberapa tindakan perawtaan gigi memiliki resiko cipratan droplet yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, karena resiko kontaminasi silang sangat besar, baik dari pasien ke dokter ataupun sebaliknya.

Pengurus Besar PDGI sebagai lembaga yang mengayomi dokter gigi di Indonesia mengeluarkan surat edaran Nomor: 2776/PB PDGI/III-3/2020 tentang  Pedoman Pelayanan Kedokteran Gigi Selama Pandemi Virus COVID-19. Salah satu poin di dalam nya menyebutkan untuk menunda tindakan tanpa keluhan simtomatik, bersifat elektif, perawatan estetis, tindakan dengan menggunakan bur/suction/scaler.

Sampai saat ini, antivirus untuk covid19 belum ditemukan. Situasi pandemi masih berlangsung hingga batas waktu yang belum ditentukan. Lalu bagaimana dengan pasien behel yang sejatinya diharuskan untuk kontrol rutin setiap periode waktu tertentu? Bagaimana merawat behel selama pandemi Covid19 masih berlangsung? Mari kita bahas dengan lebih lengkap.

Tips Merawat Behel selama pandemi

Perawatan behel merupakan salah tindakan perawatan estetis. Sesuai dengan surat edaran dari PDGI, kontrol perawatan behel untuk sementara harus ditunda dulu apabila tidak ada keluhan yang bersifat emergency (untuk mengetahui tindakan apa saja yang masuk ke dalam emergency, silahkan baca artikel ini – link ke artikel nya laksmi). Berikut adalah hal yang dapat dilakukan selama pasien tidak dapat melakukan kontrol behel:

  1. Menghindari makanan yang terlalu keras atau terlalu besar supaya bracket tidak mudah lepas
  2. Banyak minum air putih dan makan buah-buahan supaya mulut tidak kering sehingga kemungkinan terjadi sariawan karena gesekan bracket lebih kecil
  3. Jangan menggerak-gerak an bracket atau bands apabila masih melekat dengan baik di tempat nya
  4. Menjaga kebersihan gigi & mulut dengan lebih teliti menggosok gigi

Baca juga: Apa Saja Perawatan Gigi Emergency Saat Pandemi Corona?

Cara Mengatasi Keluhan Behel Secara Mandiri

Selama tidak dapat melakukan kontrol behel rutin, mungkin akan muncul beberapa keluhan seperti bracket yang rusak, bands yang longgar, kawat yang menusuk, dan lain sebagai nya. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan secara mandiri tanpa ke dokter gigi:

  1. Jika bracket rusak atau bands longgar
    Tempelkan Orthodonti Wax pada area yang mengiritasi pipi atau bibir
  2. Sakit pada pipi atau bibir
    Tempelkan Orthodonti Wax pada permukaaan bracket yang menggesek pipi atau bibir. Aplikasikan obat sariawan pada daerah yang mengalami iritasi untuk meredakan sakit dan mempercepat penyembuhan
  3. Perangkat Ortodonti longgar
    Jika kawat gigi longgar walaupun hanya pada salah satu sisi, segera hubungi orthodontist yang memasangkan behel anda, agar kawat gigi anda dapat cepat dibenahi. Sementara menunggu jadwal kunjungan, beri wax pada semua permukaan yang mengganggu dan membuat iritasi pada daerah mulut.
  4. Kawat menjadi tajam
    Gunakan pemotong kuku (yang telah di sterilisasi dengan alkohol atau rebus dengan air mendidih selama 3 menit) untuk memotong kawat yang tajam. Tempelkan Orthodonti Wax di ujung kawat.
  5. Kawat keluar dari Buccal Tube
    Gunakan pinset (yang telah di sterilisasi dengan alkohol atau rebus dengan air mendidih selama 3 menit) untuk menyisipkan kawat di antara buccal tube dan gigi. Namun akan lebih baik lagi jika dapat memasukkan wire kembali ke dalam buccal tube
  6. Kawat ligasi menggesek bibir/pipi
    Gunakan penghapus di ujung pensil (yang telah di sterilkan) untuk mendorong kembali kawat ligasi ke arah gigi. Beri Orthodonti wax pada kawat ligasi yang memberi iritasi pada bibir/pipi kamu.

Apabila keluhan yang dialami di luar dari yang disebutkan di atas, atau mengalami rasa sakit yang tidak dapat ditahan segera hubungi hotline klinik Gigi Joy Dental di nomor 087736697888 untuk mendapat kan jadwal kunjungan. Tetap selalu jaga kesehatan dan konsumsi makanan yang bernutrisi agar terhindar dari paparan virus corona.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19

Ditinjau oleh : drg. Bonifasius Primario Wicaksono, M.Biotech


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *