Beranda » Artikel » Pasang Behel Atas atau Bawah Saja, Boleh Tidak?

Pasang Behel Atas atau Bawah Saja, Boleh Tidak?

Januari 10, 2019
Ditulis oleh Joy Dental

Bagi sobat joy yang masih memiliki pertanyaan tentang apakah bisa kita pasang behel atas atau bawah saja, tidak dua-dua nya? Jawabannya adalah Tidak. Singkat, padat, dan jelas.

Kinik Gigi Joy Dental sangat menyarankan untuk melakukan pemasangan behel atau perawatan orthodontik yang benar, yaitu perawatan behel gigi pada kedua rahang: rahang atas dan bawah agar dapat diperoleh hasil perawatan yang optimal dan harmonis (stabil atau awet).

Beberapa pertimbangan ilmiah kenapa harus pasang behel atas dan bawah:

  1. Faktor hubungan rahang atas dan bawah.
    Gigi atas dan gigi bawah memang terletak pada tulang rahang yang berbeda, namun dalam fungsinya wajib memiliki kontak yang harmonis. Tidak mungkin gigi atas akan memiliki kontak yang harmonis dengan gigi bawah apabila perawatan behel hanya dilakukan pada satu rahang saja.
  2. Gigitan geraham merupakan salah satu kunci kestabilan hasil perawatan.
    Hasil perawatan yang stabil wajib memperhatikan susunan gigi-geligi geraham. Hal ini dikarenakan gigi geraham merupakan gigi yang besar dan merupakan kunci dalam pengunyahan yang stabil. Susunan gigi geraham yang baik akan memberikan pengaruh besar terhadap kestabilan hasil perawatan.

    Susunan gigi atas bawah tersusun dalam kontak yang harmonis

    Gambar Susunan gigi atas dan bawah wajib tersusun dalam kontak yang harmonis.

  3. Otot wajah dan otot pengunyahan juga penting.
    Kedua tulang rahang dilintasi oleh berbagai otot wajah dan otot pengunyahan (gambar 2), salah satunya otot masseter. Dokter gigi tidak hanya memperhitungkan pergerakan gigi-geligi tetapi juga otot pada rahang. Saat gigi digerakkan, otot-otot akan menyesuaikan pada susunan gigi yang baru. Apabila pergerakan hanya dilakukan pada salah satu rahang, mustahil dapat didapatkan hubungan yang harmonis antara gigi-tulang-sendi-otot.
Gigi dilewati otot wajah dan otot pengunyahan

Gambar 2. Gigi dilewati oleh berbagai otot wajah dan otot pengunyahan.

 

Kunjungi Juga Youtube dan Instagram Joy Dental untuk update informasi, tips & trik menjaga kesehatan gigi.

Baca Juga : Biaya Pasang Behel

Gambar diambil dari:
Paulsen F. & Waschke J., 2010, Sobotta Atlas Anatomi Manusia, Jilid 1, Edisi ke-23, EGC: Jakarta
www.northernedgept.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram