Pasang Behel Atas atau Bawah Saja, Boleh Tidak?

Bagikan artikel ini

Jawabannya adalah Tidak. Singkat, padat, dan jelas.

Kinik Gigi Joy DentalJoy Dental Mengadakan Bakti Sosial di Gereja Katolik Nandan... baca selengkapnya... sangat menyarankan untuk melakukan pemasangan behelGigi Renggang Perlu Pasang Behel... baca selengkapnya... atau perawatan orthodonik yang benar, yaitu perawatan behel gigiJangan Langsung Pasang Behel... baca selengkapnya... pada kedua rahang: rahang atasPasang behel hanya 1 rahang saja... baca selengkapnya... dan bawah agar dapat diperoleh hasil perawatan yang optimal dan harmonis (stabil atau awet).

Hal ini dikarenakan beberapa pertimbangan ilmiah:

1. Faktor hubungan rahang atas dan bawah.
Gigi atas dan gigi bawah memang terletak pada tulang rahang yang berbeda, namun dalam fungsinya wajib memiliki kontak yang harmonis. Tidak mungkin gigi atas akan memiliki kontak yang harmonis dengan gigi bawah apabila perawatan behel hanya dilakukan pada satu rahang saja.

Susunan gigi atas bawah tersusun dalam kontak yang harmonis

Gambar 1. Susunan gigiIngin Merapikan Gigi Dengan Behel ?... baca selengkapnya... atas dan bawah wajib tersusun dalam kontak yang harmonis.

2. Gigitan geraham merupakan salah satu kunci kestabilan hasil perawatan.
Hasil perawatan yang stabil wajib memperhatikan susunan gigi-geligi geraham. Hal ini dikarenakan gigi gerahamGigi Bungsu, Masalah Dan Pengobatanya... baca selengkapnya... merupakan gigi yang besar dan merupakan kunci dalam pengunyahan yang stabil. Susunan gigi geraham yang baik akan memberikan pengaruh besar terhadap kestabilan hasil perawatan.

Gigi dilewati otot wajah dan otot pengunyahan

Gambar 2. Gigi dilewati oleh berbagai otot wajah dan otot pengunyahan.

3. Otot wajah dan otot pengunyahan juga penting.
Kedua tulang rahang dilintasi oleh berbagai otot wajah dan otot pengunyahan (gambar 2), salah satunya otot masseter. Dokter gigiBarapa Lama Perawatan Saluran Akar ?... baca selengkapnya... tidak hanya memperhitungkan pergerakan gigi-geligi tetapi juga otot pada rahang. Saat gigi digerakkan, otot-otot akan menyesuaikan pada susunan gigi yang baru. Apabila pergerakan hanya dilakukan pada salah satu rahang, mustahil dapat didapatkan hubungan yang harmonis antara gigi-tulang-sendi-otot.

Gambar diambil dari:
Paulsen F. & Waschke J., 2010, Sobotta Atlas Anatomi Manusia, Jilid 1, Edisi ke-23, EGC: Jakarta
www.northernedgept.com


Bagikan artikel ini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga artikel ini . . . .close