Mengenal Kawat Gigi alias Behel Lebih Dekat

Bagikan artikel ini

KlinikJoyDental.com – Saat ini cara yang populer yang dipilih untuk merapikan gigi adalah dengan memasang kawat gigi. Kawat gigi atau lebih lazim dikenal dengan behel ini telah dikenal sejak lama sebagai alat terapi gigi untuk merapikan gigi. Seiring dengan perkembangan jaman, kawat gigi pun terus berevolusi, para ahli selalu memperbaiki kekurangannya dan menyempurnakan sistemnya, sehingga terapi perbaikan struktur gigi menjadi lebih cepat dan efektif. Kawat gigi banyak digunakan masyarakat untuk memperbaiki susunan gigi, estetis muka, sudut bibir, rahang, dan senyum. Pemasangan kawat gigi ini diharapkan dapat mengubah susunan gigi dan bentuk rahang dengan mendorong dan menahan pergerakan gigi.

Kawat Gigi alias Behel Cara merapikan gigi terpopuler

Usia optimal untuk awal perawatan ortodonti biasanya sekitar 12 tahun yaitu ketika hampir semua gigi tetap sudah tumbuh. (jumlahnya 28 buah) karena 4 buah gigi bungsu biasanya baru tumbuh sekitar usia 17 tahun bahkan bisa lebih lama lagi. Pada usia sekitar 12 ini gigi geraham besar kedua (gigi ke 7 dari garis tengah) sudah tumbuh. Gigi ini bersama-sama dengan gigi ke 6 dibutuhkan sebagai gigi penahan dalam perawatan dengan kawat gigi. Kadang-kadang perawatan ortodonti dilakukan pada usia 8-9 tahun ketimbang usia tersebut tadi, umpamanya untuk kasus dimana terjadi susunan gigi terbalik, yaitu gigi atas berada di belakang deretan gigi bawahnya. Pada keadaan normal, gigi depan atas berada di depan gigi bawahnya. Sekarang sering juga dijumpai orang dewasa sekitar usia 20 sampai 30an yang memakai alat ortodonti. Perawatan pada usia dewasa ini biasanya membutuhkan jangka waktu perawatan lebih lama namun hasilnya tetap baik.

Masalah kesehatan gigi yang paling umum memicu perawatan kawat gigi antara lain:

1. Mulut kecil

Mulut kecil dapat menyebabkan keterbatasan ruang bagi gigi untuk tumbuh. Hal ini mengakibatkan gigi tumbuh berjejalan secara tidak beraturan.

2. Gigi tonggos

Beberapa anak suka mendorong lidah mereka ke depan sehingga mengakibatkan tonjolan gigi atau rahang atas dan bawah tidak klop. Kebiasaan buruk seperti mengisap jempol di masa bayi juga dapat mengakibatkan masalah ini.

3. Gigi terlalu rapat atau terlalu jarang

Kadang-kadang, seseorang dapat memiliki gigi yang terlalu besar/menonjol atau gigi tertentu yang tidak berkembang atau menonjol sama sekali. Hal ini mengakibatkan kesulitan dalam mengunyah. Tanggalnya gigi susu sebelum waktunya atau cedera traumatis di wajah, mulut atau rahang juga dapat mempengaruhi kemampuan Anda mengunyah.

Berikut ini adalah macam macam kawat gigi yang sering dijumpai:

1. Fix Orthodontic

Ini berupa alat cekat (tidak bisa dilepas). Bila pemakainya tersenyum maka behel akan terlihat. Behel jenis ini ada yang terbuat dari metal maupun dari bahan composite, porselin, atau plastik sehingga warnanya menjadi transparan/clear. Para remaja dan anak-anak biasanya menyukai jenis behel yang memiliki bracket (penahan karet) karena warna karetnya yang dapat diganti-ganti.

2. Lingual Orthodontics

Kawat gigi yang satu ini, terdapat di belakang gigi sehingga behel tidak tampak saat tersenyum. Banyak artis-artis yang memakai behel jenis ini, karena tingkat kesulitan pemasangan, perawatan, serta tak mempengaruhi ketika dipakai. Behel jenis ini merupakan behel yang harganya lebih mahal daripada yang lainnya.

3. Head Gear

Ini untuk kasus gigi yang sangat ekstrem, alatnya dipasang diseluruh wajah, mulai dari dahi, pipi, hingga gigi. Behel jenis ini untuk gigi atas yang tonggos.

4. Face Mask

Jenis ini samadengan head gear, namun jenis ini untuk gigi bawah yang tonggos.

Cara bekerja kawat gigi

Kawat gigi bekerja dengan menerapkan tekanan terus-menerus selama satu periode untuk secara bertahap mengubah gigi ke arah tertentu. Kebanyakan pasien memakai kawat gigi selama satu atau dua tahun. Beberapa orang mungkin hanya perlu memakai selama beberapa bulan, dan sebagian lainnya mungkin harus terus memakainya hingga lebih dari dua tahun. Sepanjang waktu tersebut, kunjungan ke dokter gigi atau ahli ortodonti perlu dilakukan secara berkala untuk penyesuaian dan pembersihan karang gigi.

Setelah kawat gigi dilepas, Anda harus secara teratur memeriksakan diri. Gigi Anda bisa bergeser sedikit dengan berlalunya waktu, namun biasanya tidak sampai memerlukan perawatan ortodonti lebih lanjut. Untuk mengurangi pergeseran alami ini, Anda mungkin disarankan untuk memakai penahan (retainer) selama enam bulan dan kemudian cukup hanya di malam hari saat tidur. Penahan/retainer adalah kawat gigi lepasan yang biasanya terbuat dari karet atau plastik bening dan kawat yang menutupi permukaan luar gigi.

Waktu Ideal yang diperlukan untuk memperbaiki struktur gigi

Rata-Rata waktu penggunaan kawat gigi untuk perawatan menyeluruh adalah 2 sampai 3 tahun. Waktu perawatan mungkin lebih panjang jika kasus pasien lebih kompleks. Sangat penting menggunakan kawat gigi dan aksesories pendukung lainnya yang dianjurkan dan tepat waktu dalam melakukan kontrol dalam rangka mencapai suatu hasil perawatan yang maksimal.

Tahapan Pemakaian

Sebelum mengenakan behel ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan yakni, membuat cetakan model gigi, memotret gigi, merontgen gigi, kepala, serta wajah pasien secara keseluruhan. Ini semua agar perawatan benar-benar sempurna dan tidak asal-asalan karena biasanya ketika dipakaikan behel wajah jadi berubah. Biasanya gigi yang menumpuk-numpuk terjadi karena rahang kecil, jadi giginya harus dikurangi beberapa.

Efek Selama Penggunaan Behel

Setidaknya ada beberapa efek yang ditimbulkan bila mengenakan behel yakni, rasa sakit ketika pertama kali menggunakan behel. Lubang gigi dan karang gigi akan cepat terjadi khususnya bagi pengguna kawat gigi yang jarang menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut. Belum lagi efek pada jaringan lunak, terutama pada gusi bibir dan pipi lebih mudah timbul radang gusi dan sariawan.

Wajib Dilakukan

Ada beberapa hal yang wajib dilakukan bila kamu menggunakan behel yakni, rajin membersihkan gigi setiap makan, selalu sediakan tusuk gigi. Serta jangan lupa untuk membawa sikat gigi untuk bersihkan sisa-sisa makanan yang nempel di bracket. Gunakan sikat gigi khusus untuk perawatan orthodonti atau sikat gigi anak-anak, yang bulu sikatnya lembut agar tidak merusak bracket. Kontrol gigi sesuai jadwal yang ditentukan dokter. Iris kecil-kecil semua makanan yang masuk dan kunyah secara perlahan-lahan. Bila memakai karet elastik atau head gear, pasang sesuai dengan petunjuk dokter gigi.

Hal Yang Dilarang

Mencoba melepas atau menyetel kawat gigi yang sudah dipasang karena bisa merubah susunan yang telah ditetapkan. Memakan permen karet, permen keras, daging yang liat, keripik, kerupuk yang keras. Mengutakatik sendiri bracket yang lepas atau kawat yang menusuk gigi. Ini sangat berbahaya hubungi dokter untuk penangulangannya.

Apa itu Damon System Bracket?

Damon System Bracket merupakan tekhnologi kawat gigi cekat (behel) terbaru yang dapat bergerak lebih mandiri dan bebas dalam memperbaiki kondisi gigi tanpa ada hambatan dari karet yang biasanya digunakan pada Behel Konvensional. Damon system dalam perawatannya tidak menggunakan karet, akan tetapi pada bracketnya memiliki penyangga khusus untuk menyangga kawat yang digunakan. Oleh karena itu tanpa karet, tekanan yang biasanya menimbulkan rasa sakit dari tekanan karet tidak lagi dirasakan pada behel Damon System ini. Behel ini pun memiliki ukuran yang lebih kecil dari generasi sebelumnya, sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pasien dan pembersihan gigi menjadi lebih mudah.

Perbedaan Conventional Bracket dan Damon System Bracket

Damon System Bracket

– Pencabutan lebih jarang dilakukan, jika ada biasanya untuk kebutuhan estetika paras wajah pasien.
– Rasa sakit yang sedikit , karena tidak menggunakan karet elastic yang memberikan tekanan pada gigi
– Lebih nyaman karena ukuran behel lebih kecil
– Tidak banyak menggunakan kawat pada perawatan sehingga pembersihan gigi menjadi lebih mudah.
– Kebersihan mulut lebih terjaga karena pembentukan karang gigi & potensi gigi berlubang berkurang

Conventional Bracket

– Untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggerakkan gigi, umumnya selalu dilakukan pencabutan pada gigi pasien yang masih sehat.
– Rasa sakit cukup intens pada saat awal perawatan gigi dan awal control gigi, dikarenakan karet elastis memberikan tekanan pada gigi.
– Ukuran behel lebih besar, sering mengalami sariawan
– Banyak menggunakan kawat pada proses perawatan
– Membutuhkan disiplin yang tinggi untuk menjaga kebersihan gigi

Pemakaian kawat gigi merupakan salah satu tindakan medis yang hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi ahli ortodonti. Sebelum pemakaian kawat gigi sebaiknya kondisi pasien dan rahang pasien dikonsultasikan dengan dokter gigi ahli ortodonti.

Mengkonsultasikan keadaan rahang pasien sebelum, selama, dan setelah pemakaian kawat gigi dengan salah satu dokter gigi ahli ortodonti akan mencegah terjadinya kerusakan kondisi rahang gigi apabila pemasangan kawat gigi dilakukan tidak oleh ahlinya.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No.21
(Seberang Samsung Service Center)
Telp. 085106556688, 0274-555409 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No.1
(Ruko Orange - Timur Restoran Waiki)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Gamping
Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang
(selatan simpang tiga Ringroad Gamping)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Godean
Jl. Kyai Mojo No.101A, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
(Sebelah Melia Laundry)
Telp. 087891915357

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti berapa lama merapikan gigi dengan behel, berapa lama behel bisa merapikan gigi, harga behel permanen untuk merapikan gigi, kawat gigi, model behel, gambar behel gigi, foto behel, model behel terbaru, gambar gigi behel, behel merapikan gigi dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi


Bagikan artikel ini

203 thoughts on “Mengenal Kawat Gigi alias Behel Lebih Dekat

  1. Nandha

    Selamat malam. Sy berencana untuk pindah perawatn kawat gigi di joy dental. Boleh minta prosedur dan pricelist lengkapnya? Terimakasih.

    • Joy Dental

      Selamat Siang Nandha, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  2. Dini

    Boleh minta pricelist buat pemasangan behel dan perawatannya? Terimakasih

    • admin

      Selamat Siang Dini, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  3. Zifa

    Mau kirimin price list harganya dong

    • admin

      Selamat Siang Zifa, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  4. Huda

    Hallo Dok. Saya berencana mau pasang behel nih, boleh minta dikirimkan pricelist lengkapnya? Terimakasih.

    • admin

      Selamat Siang Huda, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  5. Ananda

    Boleh minta pricelist buat pemasangan behel dan perawatannya? Terimakasih

    • admin

      Selamat Pagi Ananda, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  6. Risti

    Boleh kirim price list nya kak :)

    • admin

      Selamat Pagi Risti, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  7. Elie

    Sy minta pricelist pemasangan kawat gigi .
    Terima kasih

    • admin

      Selamat Sore Elie, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima KasihElie

  8. Soffie

    Min, bisa monta pricelist buat pemasangan behel dan juga biaya perawatanya. Terima kasih

    • admin

      Selamat Sore Soffie, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  9. Valeria

    Min, bisa monta pricelist buat pemasangan behel dan juga biaya perawatanya. Terima kasih

    • admin

      Selamat Siang Valeria, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  10. Valerai

    bisa minta pricelist pemasangan kawat gigi .
    Terima kasih

    • admin

      Selamat Siang Valeria, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  11. Bisa kirim pricelist kak ?

    • admin

      Selamat Siang Dewi, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  12. Mutiara

    Hallo dokter saya mau tau dong price list nya , tolong dikirim lewat email ya, terima kasih

    • admin

      Selamat Siang Mutiara, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  13. Gomez

    Mau tanyak, ini saya pernah ke dokter buat ganti karet, setelah dilihat dokternya cuma diganti karet doang tp gak nge ganti kawat ku yg kepanjangan, pdhl kawatnya kepanjangan yg sebelah kanan, dan nusuk”, gitu gimana?

    • admin

      Selamat Siang Gomez, untuk jawaban konsultasinya sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  14. tia

    Bisa kirim biaya tambal gigi plus pemasangan behel gigi

    • admin

      Selamat Siang Tia, untuk biaya tambal gigi dan pasang behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  15. tolong kirimkan pricelist untuk pemasangan behel

    • admin

      Selamat Pagi Ella, untuk biaya yang ditanyakan sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima kasih

  16. Lilyana

    Dok…saya mau tanya…
    Anak saya usia 11bulan…gigi bawah audah numbuh 2gigi..gigi yg atas sudah 4..
    Jadi gini dok…mulai dr muncul gigi saya perhatikan betul kebiasaanya supaya struktur giginya bagus…. tapi mulai dr usia 8bulan sy perhatikan waktu gigi atas sm bawah mengatup kok rahang yg bawah yang maju ya dok..(padahal sy sm suami tidak ada keturunan seperti itu)
    Saya jd agak khawatir… ini masih dalam masa pertumbuhan atau bagaimana ya dok?
    Trus kalo memang rahang bawahnya lbih maju cara menyikapinya gimana ya dok…

    • admin

      Selamat Pagi bu Lilyana, maaf untuk memastikan perawatan yang paling sesuai sebaiknya diperiksa ke klinik dulu bu. Sudah tau lokasi Joy Dental? Terima kasih

  17. fadila annura

    Minta pricelistnya yak kak.. buat pemasangan behel gigi..

    • admin

      Selamat Pagi Fadila Annura, untuk biaya yang ditanyakan sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima kasih

  18. Rianti

    Saya mau tanya apa untuk masing masing ukuran gigi apakah untuk ukuran behel itu bisa berbeda beda ?? rika_kas@ymail.com

    • admin

      Selamat Pagi Rianti, biasanya ukuran behel sudah standar, tetapi ada yang kecil dan sedikit lebih besar tergantung jenisnya. Konsultasi dulu saja ke klinik. Terima kasih

  19. kumala ratih

    minta pricelist pasang behel sama gigi palsu

    • admin

      Selamat Pagi Kumala Ratih, untuk biaya yang ditanyakan sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima kasih

  20. Sam

    Minta pricelistnya ya minn:)

    • admin

      Selamat Pagi Sam, untuk biaya yang ditanyakan sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima kasih

  21. Sari

    Minta price list untuk pemasangan behel gigi?

    • admin

      Selamat Pagi Sari, untuk biaya yang ditanyakan sudah dikirimkan via email joydental.yogya@yahoo.com. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima kasih

  22. indah

    Minta pricelist dok

    • admin

      Selamat siang Indah, untuk biaya pemasangan kawat gigi sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  23. bianca

    selamat siang, aku mau tanya, untuk pemasangan behel gigi brpa ya ??? untuk behel merapikan gigi.

    • admin

      Selamat Pagi Bianca, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  24. Brenda

    Hello, ak mau nanya kenapa ya setelah ak pasang behel perawatan di ahli gigi,sering terjadi pertumbuhan gusi di sela2behel? (:

    • admin

      Selamat siang Brenda, untuk biaya pemasangan kawat gigi sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  25. vioneta

    Ka mau tnya, ini kan udah d pasang behel 2 hari nah terus ada bagian gigi yg sakit tp gk dibehel itu kenapa? Krna ada penarikan ato gmna.

    • admin

      Selamat siang Vioneta, untuk biaya scaling sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  26. William

    Tolong kirimkan harga pasang behel damon,tq

    • admin

      Selamat Siang Wliam, untuk biaya pasang behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  27. Novi

    Hallo joy dental tlg krm pricelist pemasangan behel & biaya kontrol. Umur 38 thn gigi depan agak renggang. Mksh

    • admin

      Selamat Siang Novi, untuk biaya pasang behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  28. Ina

    Hay joy dental minta kirim pricelist untuk pemasangan behel dan biaya kontrolnya

    • admin

      Selamat siang Ina, untuk biaya pemasangan kawat gigi sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  29. nadila

    tolong kirimkan price list untuk pemasangan behel

    • admin

      Selamat siang Nadila, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  30. Agus

    Malem dok, sy 1blan yg lalu mengalami kecelakaan rahang bawah retak gigi depan bg. bawah lepas 1, rubber buat pengunci gigi udah di lepas tadi, nah gigi bagian depan bawah skrg ga rapi, dan yg gigi atas ada yg kepanjangan, itu perawatannya harus bagaimana ya?

    • admin

      Selamat Pagi Agus, untuk penjelasan tentang perawatannya sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  31. Elisia marshella

    Saya memakai behel sudah 6 tahun lalu saya lepas karena merasa sudah rapi dan dokternya juga mengatakan sudah boleh d lepas dan saya d berikan retainer supaya gigi saya tidak bergerak. Tetapi gigi saya kembali berjarang dan semakin lama semakin besar. Menurut dokter apa yg sebaiknya saya lakukan kembali. Kalau misalnya saya kembali memakai behel berapa perkiraan price nya

    • admin

      Selamat siang Elisia, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  32. budi

    dok.. apakah behel gigi dapat memundurkan rahang juga dan berapa biaya pemasangannya

    • admin

      Selamat siang Budi, untuk biaya pemasangan kawat gigi sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  33. Fajria

    Pagi Kak, saya juga mau pricelistnya ya kak. Terimakasih banyak ?

    • admin

      Selamat Pagi Fajra, rencana mau perawatan apa ya? Nanti kami kirimkan. Terima kasih

  34. Fera

    Joy Dental, boleh minta price listnya ? apakah dengan kawat gigi system damon masih harus menggunakan karet elastis yang menarik bracket depan dan bracke belakang ? terima kasih

    • admin

      Selamat Siang Fera, untuk biaya pemasangan kawat Gigi sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  35. YFH

    Boleh minta price listnya ? rencana dalam waktu dekat ini mau pasang behel

    • admin

      Selamat Pagi Fahrudin, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  36. Hay joy dental. Minta pricelist harga pasang behel dan kontrolnya ya. Makasih

    • admin

      Selamat siang Rinaldy, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  37. Sofia

    Min tolong kirimkan price list dan kontrolnya min

    • admin

      Selamat siang Sofia, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  38. Dini

    Dokter apakah diumur 31 th masih bisa berefek bila qt memakai kawat gigi??
    Dan utk biaya perawatan gigi yg memakai damon system iti berapa dok??
    Dg biaya konsul perbulan nya.
    Terima kasih

    • admin

      Selamat Pagi Dini, iya umur 31 tahun masih bisa menggunakan behel. Kapan rencana mau ke klinik? Terima kasih

  39. Septia Dwi Cahyani

    Tolong kirimkan price list pemasangan behel dan biaya kontrolnya ya admin. Terima kasih…

    • admin

      Selamat Pagi Septia Dwi Cahyani, untuk biaya perawatan yang ditanyakan sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima kasih

  40. Eri Anggraini

    Selamat siang joy dental, bisa tolong kirim price list pemasangan behel dan biaya kontrolnya? Terimakasih.

    • admin

      Selamat Pagi Eri, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  41. Anggita Septya Melati

    min, gigi atas saya maju..trus gigi yang bawah renggang, antara gigi geraham sama taring. itu yg cocok pake behel apa ya? dan tolong biayanya berapa aja ya? Sekalian minta pricelistnya min. terimakasih

    • admin

      Selamat Siang Anggita, untuk biaya pemasangan behel sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

  42. lia

    Bisa tolong di email price list harga lengkap untuk pemasangan behel dan veneer gigi yg ada jarak . Terima kasih

    • admin

      Selamat Siang Lia, untuk biaya pemasangan behel dan veener sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *