Beranda » Konsultasi » Mencabut Gigi Anak yang Berjejal

Mencabut Gigi Anak yang Berjejal

April 12, 2014

Pertanyaan : Salam kenal dok. Saya mempunyai anak laki laki pada Oktober nanti berumur 8 tahun. Gigi anak yang berjejal saya memiliki beberapa masalah dengan pertumbuhan giginya yaitu:

  1. Gigi geraham tumbuh tidak pada tempat seharusnya
  2. Gigi depan berukuran lebih panjang
  3. Pada Gigi anak Tumbuh gigi depan belakang sehingga terlihat menumpuk
  4. Gigi belum copot sudah tumbuh lagi di belakang gigi yang lain.

Saya pernah berkonsultasi ke dokter gigi biasa dan rencananya ingin dicabut. Tetapi beliau bilang belom bisa karena akar belum menutup sempurna. Lalu dokter menyarankan setelah umur 13 tahun baru bisa cabut dan memasang behel. Apakah apa ada cara lain untuk mencabut gigi anak saya yang berantakan tanpa berisiko dan tanpa menunggu usia 13 tahun.
Terimakasih atas jawabannya
Agus, Yogyakarta

Jawaban:

Bapak Agus, terima kasih telah mengirimkan konsultasi kepada kami.
Kasus gigi berjejal pada kasus anak anda, salah satunya disebabkan karena adanya gigi susu yang belum lepas padahal sudah lewat dari waktunya untuk lepas (gigi persistensi), serta kurangnya panjang lengkung gigi.

Contoh masalah pada gigi anak

Perawatan yang diperlukan untuk kasus seperti ini adalah dengan melakukan pencabutan bertahap untuk beberapa gigi. Dilanjutkan dengan pemasangan kawat gigi cekat.

Menurut saya, pencabutan gigi persistensi bisa dilakukan dari sekarang tanpa harus menunggu akar gigi tetapnya menutup sempurna, begitupun perawatan kawat gigi cekat dapat dimulai pada periode gigi campuran (gigi-geliginya terdiri dari gigi susu dan permanen).

Anda tidak perlu khawatir, pencabutan gigi pada anak anda akan beresiko minimal asalkan kondisi sistemik anak anda baik-baik saja dan tidak ada faktor penyulit lainnya.

Tentu saja saat ini anda harus tetap mendatangi Dokter Gigi Spesialis Gigi Anak (Drg., Sp. KGA.) atau Dokter Gigi Spesialis Ortodonti (Drg., Sp. Ort.) untuk konsultasi lebih lanjut. Beliau akan melakukan pemeriksaan klinis dan radiografis, menganalisa model gigi anak anda, dilanjutkan dengan penentuan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat. Jangan tunda lagi untuk segera mengunjungi mereka. Jika perkembangan rahang anak anda sudah sempurna, menurut saya semua perawatan gigi berjejal pada anak anda dapat dimulai dari sekarang.

Info lebih lanjut dapat mengubungi Joy Dental melalui

Telp/sms/WA : 0877 3669 7888 / 0877 3938 5888
Pin BB : 2B4A3E37 / 29E9334E
Line ID : joydentalyogya
Instagram : @joydentalyogya
Path : Joy Dental
Email : joydental.yogya@yahoo.com
FB : www.facebook.com/dental.joy
Twitter   : @joydentalyogya
Website  : http://klinikjoydental.com
Atau datang langsung ke Joy Dental

  1. JOY DENTAL KALIURANG, Jl Kaliurang Km. 5 No. 34 (sebelah BNI Syariah) Telp/sms 0851 06556688
  2. JOY DENTAL SETURAN, Ruko Seturan Square Kav 9, Jl Seturan Raya No 1 (timur RM Bungong Jeumpa – Ruko Orange) Telp/sms 0851 07556699
  3. JOY DENTAL BANTUL, RingRoad Barat, Selatan UMY (setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu) Telp. 087739385888 (Pin: 29E9334E)

 

Disadur dari: http://health.kompas.com/read/2013/07/29/1133508/Mencabut.Gigi.Anak.yang.Berjejal

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram